Tuba non paten bilateral, indikasi utama program IVF

Tuba non patent / buntu / blocked tube merupakan indikasi utama IVF. Keberhasilan program bayi tabung yang pertama kali di dunia (dilakukan oleh ilmuwan Inggris Robert Edward sekitar tahun 1978) adalah kasus seperti ini.
Penyebab dari tuba non patent diantaranya adalah : infeksi, perlengketan endometriosis, dan penekanan oleh tumor.

Tuba non patent menjadi penyebab infertilitas wanita yang paling sering, selain masalah ovarium dan endometriosis. Diagnosis tuba non patent ditegakkan dengan pemeriksaan rontgen (Histerosalphingografi/HSG), atau histeroskopi laparoskopi.

blueridgeobg.com

blueridgeobg.com

Pada kasus-kasus tuba non patent bilateral (kedua tuba) maka IVF menjadi terapi yang paling bisa diharapkan untuk membuahkan kehamilan. Tindakan lain yang mungkin dilakukan adalah dengan melakukan repair tuba dengan pembedahan, namun hasilnya masih belum memuaskan.

Dua pasien terakhir yang mengalami kehamilan di Gladiool IVF adalah pasien-pasien dengan masalah tuba non paten. Berikut ringkasan yang dapat kami berikan:

  • Kasus 1. Tn.S (38 th) dan Ny.S(35  th)
  • Infertil 12 th, problem : tuba non paten (KET 2x), asthenozoospermia
  • Program : IVF mini stimulasi (CC)
  • Folikel 2 (terbesar 2,4cm), Oocyte 2(matur), Embryo 2 (8 sel, 8 sel sel grade A)
  • Hasil : Hamil (14/2/2014)
  • Kasus 2. Tn.TD(33th) dan Ny. MP(30 th)
  • Infertil 7 th, problem : tuba non paten bilateral
  • Program : IVF mini stimulasi (CC)
  • Folikel 5 (terbesar 1,8cm) ; Oocyte 4(matur; Embryo 3 (morula, 16 sel, 16 sel)
  • Hasil : Hamil (8/3/2014)

Kesimpulan: Wanita dengan diagnosis tuba non patent (bilateral) masih mempunyai harapan untuk dapat merasakan kehamilan, berkat adanya teknik  Invitro Vertilization.

Advertisements

About dr.D

dr. DS, SpOG, Gladiool IVF RSIA Gladiool
Image | This entry was posted in Bayi tabung mudah dan terjangkau, Keberhasilan bayi tabung GIVF, Uncategorized. Bookmark the permalink.

87 Responses to Tuba non paten bilateral, indikasi utama program IVF

  1. Agustina Rahma says:

    Dokter yang Terhormat…
    Saya wanita (34th), hasil HSG menyatakan Hidrosalpinx bilateral, anjuran dari dokter sebelum melakukan beiby tabung untuk melakukan laparoskopi, hasilnya kedua tuba saya dipotong. Dapatkah saya melakukan IVF Beiby Tabung dengan siklus Alamiah? Trimakasih. (Agustina Rahma- Surabaya)

    • dr D says:

      Kepada Agustina Rahma yang baik.
      Anda dapat mengikuti bayi tabung natural. apalagi anda sudah dilakukan laparoskopi.
      Silakan hubungi staff kami untuk melakukan perjanjian.
      Tolong informasikan bagaimana riwayat penyakit anda, siklus menstruasi, dan analisis sperma.
      Salam.
      Dr.D

  2. mega says:

    Alhamdulilah… sy salah satu pasien tersebut diatas… sekrg sdh mau 7 minggu kehamilan… terimakasih tim dokter dan staff ivf gladiool yang sangat kooperatif… prosesnya sangat nyaman… tdk byk disuntik..hanya 5 kali visit dalam waktu 2 minggu..biaya yang sangat terjankau untk kami..dan dr doddy yang selalu reply pertanyaan sy trs.. krn sy skr stay di bdg dan masih sering tanya ini itu…
    Trimakasih.. smg Allah SWT melindungi n menjaga janin ini dan kita semua..aamiin

    • dr D says:

      Dear Bu Mega & Suami….
      Kami semua turut berbahagia atas kehamilan ibu
      Amin, semoga kehamilan dapat berlangsung lancar sampai persalinan.

      Team GIVF

  3. Vanny says:

    Yth Dokter D & team GIVF..
    Senang banget rasanya bisa ketemu web ini & dpt info yg sangat bermanfaat.. selamat utk ibu mega & ibu2 lain yg udh berhasil… ^_^
    Salam kenal dok.. Umur saya 37 thn, sedang berusaha utk mndapat tmbahan momongan…
    -/+ thn 2012 saya sdh prnh HSG & hasilnya kedua tuba non patent. Kt dokter hanya BT saja satu2nya jln. Saya jg sdh pernah LO (disarankan dokter), & tyta msh tetap non patent (sebab bagian pangkalnya lengket jd sulit). Coba siklus alami tanpa obat dokter, tdk brhasil jg. Tes sperma suami thn 2012 tapinya, hasilnya agak keruh, tapi 80%nya ok ktnya. Oya, siklus saya 27-29 hari, dok..
    Pd 2013 kira2 bln agustus saya tb2 tlat dtg bln & positif hamil, namun stlh dicek dokter katanya blm trlihat & tunda 2 minggu. Stlh 2 mnggu, cek lagi, tyta sya hamilnya KET. Sedih rasanya, pdhl udh diharap2.. Akhrnya LO lgi utk angkat itu. (Fyi, kedua tuba msh lngkap, namun tdk tahu apakah msh lengket dipangkal atau tdk).
    Dari awal tahu kalo non patent, pengen bnget BT, tapi mahalnya utk saya. Untung ada GIVF, jdi tmbah semngat utk cb BT krn terjangkau harganya.
    Yg mau saya tanya dok, kondisi saya spt itu bs ikut programnya kah? Kira2 brp lama ya? Krn posisi saya di kalimantan niy dok.. (utk biaya, apakah msh sama atau ada perubahan ka dok?). Saya mohon pencerahannya ya dok..terimakasih..

    • dr D says:

      Dear Vanny,
      Bila anda sudah pernah hamil maka kemungkinan untuk hamil dengan IVF siklus alami juga akan lebih besar dibandingkan dengan yang belum pernah hamil.
      Biaya IVF Natural Cycle di GIVF masih sekitar 15 juta rupiah (Tahap I/OPU 5 juta, II/Lab 2 juta, III/ET 5 juta dan pemeriksaan+obat tambahan sekitar 3 juta)
      Bila siklus anda benar benar normal dan teratur, maka silakan datang pada hari ke 10 untuk deteksi ovulasi, bila semua lancar maka jadwal OPU 2 hari berikutnya dan ET 4 hari setelah OPU.
      Bila ada pertanyaan lebih lanjut silakan hubungi 0293 367800.
      Terima kasih kembali.
      Dr.D

      • Vanny says:

        Yth Dr. D,
        Trimakasih dok atas infonya… Maaf krn msh ada yg ingin saya tanyakan dok…
        Jadi, nanti saya hanya dtg pd hr ke 10 saja dok? Kalo saya tdk salah baca, sptnya ada jg yg diminta dtg pd hri ke 2 menstruasi. Klo itu utk apa ya dok?
        Ttg suami, apakah hrs tes analisis sperma (dll) kembali, mengingat hasil tes wktu itu thn 2012.. Jika ya, kira2 apa saja yg hrs di tes ya dok? Bagaimana dgn saya? Ada tes yg hrs dilaksanakan dlu sblm kami kesana kah dok?
        Oya dok, stlh ET apakah saya hrs stay/rest di RS trlbh dulu atau gimana kah?
        Maaf dok kbnykan pertanyaannya.. ^_^
        Mdh2an msh berkenan utk dijawab ya dok.. =) . Terimakasih dok..

  4. Linda says:

    Trimksh dok, atas info yang sangat berharga ini

  5. anto says:

    Dokter.sy Anto (29th) mau tanya.dari hasil HSG bulan september 2013,istri saya (29th) ada gangguan tuba falopi non paten bilateral.katanya krna hidrosalphing.trus dsaranin utk laparaskopi.yg mau sy tanyakan :
    1.klo hidrosalphing tdk segera diatasi apakah mmbahayakan kesehatan scara kseluruhan?
    2.utk ikut program bayi tabung siklus alami,apakah hrs laparaskopi dulu ya dok.ato boleh langsung ikut bayi tabung?.
    2.siklus haid istri sy 39hari.apakah bisa lgsg utk proses bayi tabung?.
    sekian dulu dok.terima ksh sblmnya.

    • dr D says:

      Dear Anto
      1. Hydrosalphing pada keadaan yang sudah non infeksius tidak membahayakan, namun pada program IVF dapat mengganggu implantasi setelah embryo transfer (risiko gagal)
      Namun pada satu kasus kami yang terakhir dengan mild hydrosalphin, pasien berhasil hamil.
      2. Bila memang hydrosalphingnya nyata dan diduga ada infeksi (lekositosis, ada keputihan) maka disarankan laparoskopi dulu untuk melakukan ligasi/pemotongan tuba yang hydrosalphinx
      3.Untuk siklus haid 39 hari sangat panjang, sebaiknya pengobatan dengan induksi ovulasi (mintalah resep untuk dokter anda) bila telah teratur 27-30 hari maka bisa dilakukan IVF natural.
      Terima kasih
      dr.D

  6. Anto says:

    Yth. Dr. D. trmksh atas infonya dok. Maaf ada lg yg mau ditanyakan.. kita jg blm tau separah apa hidrosalphingnya.apakah sebaiknya sy dan istri datang saja dulu ke gladiol utk cek awal ya dok.utk deteksi hidrosalphingnya?.atau dokter punya saran lain.sebaiknya bagaimana..
    terimakasih lagi sblmnya dok.

  7. vina eka putri says:

    siang,saya dan suami sudah menikah selama hampir 3th.selama ini saya belum pernah hamil sekalipun,dan saya tidak menggunakan alat kontrasepsi sama sekali..pada bulan mei 2014 saya beranikan memeriksakan diri berdua dengan suami ke salah satu dr spog,di klinik yasmin rscm.setelah melakukan berbagai test darah dan hsg untuk saya& untuk suami melakukan uji kualitas sperma &hallo sperm,di ketahui kalau tuba saya keduanya non paten & menurut penjelasan dr juga hormon saya agak bermasalah,oh iya semenjak menikah siklus haid saya tidak teratur.
    dan untuk suami saya hasilnya normozospermia..menurut dr yang saya datangi ada dua cara untuk saya bisa hamil,yaitu dengan operasi laparoskopi atau dengan BT,tapi dr lebih menyarankan untuk BT saja,katanya agar lebih hemat dan tidak buang bayak biaya.
    tetapi saat ini adalah kendalanya di biaya bagi kami,karena suami hanya karywan perusahan swasta biasa yang menurut dr kami harus menyiapkan dana sekitar 70jt..setelah saya baca link bayi tabung.com,saya tertarik untuk mencoba di klinik Givf magelang karena biayanya tidak terlalu mahal & kebetulan orang tua saya juga stay di wonosobo,jadi kami tidak perlu mencari penginapan..saya mau tanya kira2 untuk kasus kami biaya yang di butuhkan kira2 berapa & persiapan apa saja yang harus kami lakukan sebelum memulai program BT..terimakasih

    • dr D says:

      Dear Vina,
      Saya minta anda membaca sebanyak mungkin keterangan di dalam blog ini supaya anda dapat mengerti dan menyesuaikan program dengan masalah anda.
      Perhatikan terutama halaman pertama mengenai perisapan yang harus dilakukan untuk bayi tabung ini.
      Untuk keterangan lain yang anda butuhkan silakan hubungi kami via telp di 0298 367800.
      Terima kasih kembali,

  8. Sri Irniawati says:

    Yth dr D. Saya Sri Irniawati (29 thn) dr Subang Jawa Barat,salah satu pasien yg ingin ikut program ivf natural.dr pemeriksaan bln kmrn sy dikasih obat dipthen utk diminum di hari ke 2 haid.skrg udah hr pertama haid.besok udah mulai minum.. Tp skrg siklus sy jd 40 hari dok.apakah msh boleh sy utk tetap ikut ivf natural ato hrs gmn dok?soalnya bln kmrn anjuran dokter sy hrs kontrol lg di hari ke 10 haid.?
    Mohon pencerahannya dok.terima kasih..

    • dr D says:

      Dear Sri Irniawati.
      Masalah siklus yang 40 hari… bila ini hanya terjadi sekali (dan biasanya normal) maka anda tidak perlu cemas. Dengan obat yang anda minum maka kesuburan akan kembali normal. Namun bila memang siklus biasanya memanjang, anda harus amati dahulu setelah minum obat tersebut siklus anda menjadi normal atau tidak. Bila normal maka bulan berikutnya anda bisa kontrol pada haid ke 10 (setelah minum obat pada hari ke 2)
      Terima kasih

  9. ninini says:

    usia 38 amh 7 masih bisa natural cycle ga?

    saya pernah hamil pas 34 (1st month of marriage) tapi KET. tuba kiri diangkat, tuba kanan berdasar hsg 2x dan hidrotubasi 2x tersumbat.

    satu lagi dok: harus LO apa bisa langsung ivf ya? makasi banyak ya

  10. Musri Fatikha says:

    Yth. dr. D Saya ibu Musri usia 37 tahun. Mau tanya, berdasarkan hasil HSG. Kontras dimasukkan melalui OUE dengan tekanan sedang tampak mengisi cavum uteri. Uterus bentuk bicornu, dinding baik, tidak tampak filling defek.
    Kontras tampak mengisi tuba kanan hanya bagian Proximalnya saja, spill negatif.
    Kontras tampak mengisi tuba kiri sampai ke distal, spaill negatif dan tampak tuba Fallopi distal melebar.
    Kesan: Non patent kedua tuba.
    Hidrosalpings sinistra.
    Anjuran dokter untuk dilakukan bayi tabung. Yang mau saya tanyakan, apakah ada solusi lain agar bisa hamil secara alami?

    • dr D says:

      Dear Musri,
      Sayang sekali bahwa kedua tuba anda non patent atau buntu. Pada umumnya kebuntuan akan permanen. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal ini agar anda dapat hamil alami adalah melakukan tindakan histeroskopi laparoskopi (dengan keberhasilan kecil, namun layak di coba)
      Oleh karena itu bayi tabung adalah solusi yang paling rasional untuk masalah ini.
      Terima kasih.

      • Musri Fatikha says:

        Terimaksh dr.D atas balasannya. Kemungkinan dengan BT yang saya lakukan, maaf persiapan apa saja dan mengenai biayanya brp yah dok? Apa msh ada promo yah dok. Saya domisilinya di Jakarta.
        Terimakasih sebelum dan sesudahnya yah dok. Maaf bnyk pertanyaan.

  11. panca says:

    Saya wanita umur 39 th suami 42 th. Sudah nikah 8 th. Pernah tes hsg tuba kanan paten dan yg kiri non paten (kontras terhenti diarea fimbriae, kesan phymosis tuba kiri). 2 th lalu saya hamil dan keguguran diusia 8 minggu, kemudian hamil lagi tapi KET di tuba kanan dan akhirnya tuba kanan dipotong. Haid saya teratur tiap bulan dg siklus 25-27 hari. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah dg kondisi dan umur saya ini bisa langsung ikut IVF dg natural cycle?
    2. Apakah saya perlu hsg lagi untuk melihat kondisi tuba kiri saya mengingat 2 th lalu waktu hsg ada phymosis? (phymosis itu sama dg hydrosalping nggak sih Dok?)
    3. Kalau boleh tahu untuk pasien IVF Gladiool dg natural cycle dan berhasil hamil, yg paling tua umurnya berapa ya Dok? sekian dulu Dok, terimakasih

    • dr D says:

      Dear Panca,
      1. Anda bisa langsung mengikuti IVF Natural cycle.
      2. Tidak perlu, karena dari cerita anda anda masih dapat hamil.
      3. Usia tertua 37 tahun.
      Terima kasih kembali.
      Dr.D

  12. ayu says:

    mlm dok,,ni sya ayu,umur 26thn.kmren sya da melakukan USG lalu sya d rujuk ke rmh skit buat HSG ,trnya sya hidrosalping kanan,dan tuba non paten bilateral,sran dokter ada 2,mau operasi atau terapi penghangatan rahim(diathermi) .terapi ini dlakukan 10kali dlm 1 bulan stelah haid slse(dlm msa subur)itu sya lakukan dlm 3bln kedepan,yg sya tnyakan,,apa ada efek ny dok klo sya lalukan diathermi sbnyak itu,,kmungkinan brhasilny brpa persenkah,dan sya masih bisa hamil tdk dok ,,apa yg sya lakukan dok,,

    • dr D says:

      Dear Ayu
      masalah tuba non paten dan hidrosalphing adalah masalah serius.
      Tidak ada efek buruk untuk diatermi ini.
      Bila pada akhir terapi masih belum berhasil,maka saya mengusulkan HSG ulang (di tempat yang berbeda) atau hislap untuk memastikan hal ini.
      Sebagian besar kasus non paten dan hidrosalphing akan sulit kembali normal, dan harus diakhiri dengan bayi tabung.
      Dr.D

  13. panca says:

    Saya wanita umur 39 th suami 42 th. Sudah nikah 8 th. Pernah tes hsg tuba kanan paten dan yg kiri non paten (kontras terhenti diarea fimbriae, kesan phymosis tuba kiri). 2 th lalu saya hamil dan keguguran diusia 8 minggu, kemudian hamil lagi tapi KET di tuba kanan dan akhirnya tuba kanan dipotong. Haid saya teratur tiap bulan dg siklus 25-27 hari. Yang ingin saya tanyakan:
    1. Apakah dg kondisi dan umur saya ini bisa langsung ikut IVF dg natural cycle?
    2. Apakah sebelum ikut IVF saya perlu hsg lagi untuk melihat kondisi tuba kiri saya mengingat 2 th lalu waktu hsg ada phymosis? (phymosis itu sama dg hydrosalping nggak sih Dok?)
    3. Kalau boleh tahu untuk pasien IVF di Gladiool dg natural cycle dan berhasil hamil, yg paling tua umurnya berapa ya Dok?

    • dr D says:

      Dear Panca,
      demikian jawaban saya,
      1. Anda bisa langsung mengikuti IVF natural cycle
      2. Phymosis bukan hydrosalphing. Anda tidak perlu HSG dahulu.
      3. 35 tahun. Anjuran saya memang untuk pasien dengan usia mendekati 40 maka sebaiknya menggunakan short protocol.
      Terima kasih.
      Dr.D

      • ernie says:

        Dear dr. D
        dok sy mau nanya nih..
        kasus sy:
        #Hidroasalping Bilateral Tuba Kanan Kiri Non Paten.
        #Pada bln Juni 2014 sy melaksanakan LO untuk perbaikan tuba
        result: tuba sudah paten kanan kiri.
        #Pada bln Agustus 2014 HSG ulang
        result: Hidroasalping Bilateral Tuba Kanan Kiri Non Paten.
        #Usia sy 27 th usia suami 35 th
        #Sperma suami normal
        #siklus haid teratur 25 hr dn periode haidnya 6 hr.
        Question:
        1. Apa sy bs lsg ikut program IVF natural cycle?
        2. Atau sy melakukan diatermi dl dok? Sblm ikut program IVF natural cycle?
        mohon dbls ya dok. Bs jg lsg sms blsnya jg gpp ke no ini: 085868349xxx

      • dr D says:

        Dear Erny.
        Hidrosalphing merupakan salah satu gangguan untuk bayi tabung, pada umumnya bila diagnosis sudah pasti, maka sebaiknya dilakukan pemotongan tuba (hidrosalphing tadi). Diagnosis dapat dipastikan dengan USG TVS
        1.Anda bisa melakukan program IVF natural dengan kemungkinan penempelan embryo terganggu
        2.Diatermi ditujukan untuk memberikan kondisi yang ideal untuk penyembuhan, meskipun hasil dari tindakan ini belum memuaskan.
        Terimakasih.
        DS

  14. prapti says:

    Malam dok,saya umur 38th suami 44th sudah menikah 10th ,terakhir hsg 5th lalu dengan hasil tampak kontras mengisi cavum uteri,bentuk dan ukuran uterus normal.
    Tak tampak filling/additional deffect.
    Tuba kanan melebar mengantong menetap,tak tampak pre peritoneal spill
    Tuba kiri terisi kontras,a caliber normal tampak pre peritoneal spill (+) tuba kiri
    Kesan:
    Cavum uteri normal
    Susp.para fembrial adhesi dextra
    Tuba sinestra normal paten
    Hasil sperma suami :oligoastenozoosperma,viabilitas menurun,uji host rendah
    Siklus mentruasi diatas 30hari.
    Kalau dirsia gladiool sy sebaiknya program yg apa ya dok?
    Dan kira2 biaya sampai berapa?
    Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Prapti.
      Gladiool IVF adalah klinik dengan mengutamakan program bayi tabung siklus natural atau minimal.
      Pada kasus anda dengan usia 38 th dan sperma oligoasteno, maka pilihan utama adalah dengan menggunakan metoda hormonal (misalanya antagonis) untuk memperbanyak telur sehingga meningkatkan kemungkinan kehamilan.
      Untuk biaya silakan hubungi staf kami di 0293367800
      Dr.D

  15. tutiek says:

    Selamat sore dok…hasil hsg kedua non patent…dan dari hasil SIS tidak ada kista atau miom….tp saran dokter sy harus Repair tuba dok….siklus haid tiap bulan…lancar dok..analisa sperma suami normal….apa kalau kasus kaya saya bisa ikut program bayi tabung tampa harus laparaskopy. Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Tutiek.
      dengan HSG non paten, memang ada 2 pilihan bagi anda.
      1. Lapasorskopi dengan melakukan repair (bila ternyata hidrosalphing maka sebaiknya tuba dipotong karena telah rusak dan akan mempengaruhi keberhasilan bayi tabung)
      2. Melakukan IVF dengan risiko gagal bila ternyata terdapat hidrosalphing
      Untuk memastikan adanya hidrosalphing atau tidak maka bisa dilakukan pemeriksaan USG yang teliti.
      terima kasih.
      Dr.D

  16. Endri says:

    Pagi dok, saya wanita 33th dgn hasil hsg kedua tuba non paten dan hsg trakir ada hidrosalping di kiri walo kata dokter saya sdh tenang,artinya tdk ada infeksi lgi. Bln ini saya BT di sby dan kmrin dinyatakan gagal, skrg h2 mens. Hasil AMH saya kmrin cm 0.78 dok dan sperma suami normal. Melihat postingan ini sya sgt trtarik utk ngikuti natural BT scepatnya kr2 bln ini bs gak dok mengingat kt dktr d sby dlm 2bln ini sy sdg subur2ny krn msh ada sisa obat BT kmrin? Mksih dok atas jwbnnya.

    • dr D says:

      Dear Endri, maafkan saya baru sempat menjawab.
      Silakan anda mempersiapkan diri dengan membaca blog ini, terutama di bagian ‘persiapan bayi tabung’
      terima kasih, dan kami menunggu anda.
      GIVF

  17. Suci nugraha says:

    Selamat sore dok, salam kenal saya suci usia 29th, sudah 2 th saya menikah. Kemaren saya melakukan hsg d lab pramita dan hasilnya :
    * kedua tuba nonpatent kemungkinan ec. Susp. Occluiso tuba pars ampularis bilateral
    * uterus infantile, posisi retrofleksi
    Saya belum bisa konsul dgn dok nya karena sedang umroh sampe 12 jan mendatang.
    Saya browsing ternyata hasil hsg saya itu mengecewakan. Mohon solusi untuk saya dan suami.
    Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Suci
      Sungguh sedih membaca pertanyaan anda.
      Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter SpOG, atau melakukan HSG ulang atau laparoskopi untuk memperkuat diagnosis.
      Terima kasih

  18. cahyati says:

    Dokter yg terhormat…
    Saya berumur 35 thn , hasil hsg menyatakan tuba non patent hidrosalping bilateral, di anjurkan bayi tabung. Kasus saya pernah di operasi sekitar 5 thn lebih yg lalu, & indung telur saya diangkat sebelah kiri, skrg tgl yg kanan tp keadaan msh aktif dan telurnya bagus hasil usg dari vagina. Saya juga sdh pny anak berumur 10 thn 8 bln laki2. Dpt kah saya hamil lg ? Melakukan IVF dgn diklus alamiah? Thanks ya dok. ( ketty cahyati – jakarta)

    • dr D says:

      Dear Cahyati,
      Dear Cahyati, sebaiknya keadaan hidrosalping bilateral dihilangkan dahulu dengan operasi pemotongan tuba, karena hal ini akan mengganggu penempelan embryo ke dalam uterus.
      Bila hal ini sudah dilakukan maka harapan untuk hamil lagi dengan siklus alamiah cukup tinggi.
      Dr.D

  19. yuyun says:

    Selamat Sore Dokter,
    Saya usianya 30tahun saya sudah memasuki tahun ke 6 menikah, saya tahun lalu HSG dan hasilnya Nonpaten Bilateral, dan saya juga sudah di oprasi buat menghilangkan sumbatan itu,, tetapi sampai sekarang saya blom hamil juga dokter, Haid saya siklusnya mundur dok kadang sampai 34 hari, dan selesai haid yang bener2 bersih 7 hari namun dari hari ke 7-14 itu terus keluar flak coklat, ga banyak si dok sm setetes, di pagi hari, mohon solusi dokter apa kah saya masi bisa hamil secara normal, kalau IVF biayanya berapa dokter
    Terima kasij

    • dr D says:

      Yuyun yang baik.
      Tuba non paten bilateral adalah suatu keadaan yang sulit diperbaiki. Pada umumnya sumbatan dapat hilang namun fungsi transport dari tuba tetap tidak kembali. Ditambah dengan keadaan anda yang mengalami metroragia (bercak darah sampai hari ke 14) hal ini dapat disebabkan beberapa sebab yang pasti juga menyulitkan untuk hamil.
      saran saya, silakan konsultasi dan melakukan semua pemeriksaan ulang untuk menyimpulkan keadaan anda sekarang.
      Terima kasih.
      Dr.D

  20. marni says:

    salam kenal dokter.. sy HSG hasilnya tuba non paten kanan kiri, uterus normal. jan’14 sy laparoskopi krn ada kista n tyt saat operasi ada miom n sdh dibersihkan, n katanya ada pelengketan yg sdh dicoba utk diperbaiki. HSG stlh operasi hasilnya tuba msh nonpatenkanankiri. uterus bicornis. sy disarankan bayi tabung. des’14 sy coba pindah dokter n menceritakan riwayat sy. siklus teratur 28 hari, haid hy keluar sedikit warna merah tua. biasanya 4 hari sudah bersih. saat di usg trans katanya sel telur sy ada yg besar dg kata lain bs tumbuh baik, bentuk rahim sy tdk ada mslh. kesimpulan dokter terakhir, mslh sy hanya penyumbatan tuba. dg haid sy yg sedikit, apa sy bisa dg siklus alamiah? mengingat umur sy yg 38th dan suami 36th, apa di gladiol bisa prog utk dpt bayi kembar?

    • dr D says:

      Dear Marni. Salam kenal.
      Tentu saja anda dapat mengikuti IVF siklus alamiah.
      Mengingat usia anda telah lebih dari 35 tahun, dan anda menginginkan kehamilan kembar, maka anda sebaiknya mengikuti program IVF dengan stimulasi hormon.
      Dr.D

  21. marni says:

    dear dokter…
    trimaksih dokter atas jwbnnya, dokter tp lima bulan terakhir siklus saya 25 hari, bulan januari dg hitungan siklus yg 25 hari sy mundur haid 7 hari n hphtnya tg 16 januari. sebaiknya sy mulai program n ketemu dokter kapan? krn sy bingung siklus sy dianggap 25hari atau 28 sekarang seperti dulu? sejak dg dokter terakhir sy disuruh minum folavit tiap hari. maaf klo sy ketemu dokternya dijadwal siang bisa tdk? krn sy tinggal di kota Yogya, n gak tega klo suami nyetir mlm hari. maturnuwn.

  22. Ida says:

    doc saya ida 43 th kedua tuba non paten apakah saya bisa mengikuti program ivf terus gimana caranya?

    • dr D says:

      Dear Ida,
      Dengan usia 43 memang anda masih dapat mengikuti IVF namun sebaiknya bila memungkinkan menggunakan stimulasi hormon karena jumlah telur yang didapat bisa lebih dari 1 untuk mengimbangi kualitas telur yang telah menurun.
      DrD

  23. peni says:

    Salam kenal dokter.saya sudah menikah 5tahun usia istri 32 suami 44,dan sudah pernah operasi LO sama bayi tabung ditahun 2012,dari penjelasan dokter kasus saya kedua tuba buntu/lengket dan kena hidrosapling..menyedihkan .tp untuk masalah rahim dan sel telur bagus .siklus haid 28~29 hari..yg ingin saya tanyakan apakah jln satu2nya hanya bayi tabung atau kah bisa hamil alami karna dokter bil kedua tuba saya diikat tidak dipotong..apa bisa diobati ya dok.Terimakasih

  24. lusye says:

    Slamat Pagi Dok, Sya lusye umur 28th, Sya Menikah Sudah 2thn,, hbs Hsg kemarin, dan hasilnya.. uterus tak tampak lesi patologis, tuba kiri patent, tuba kanan non patent dengan hydrosalphing kanan…
    Apa kah sya harus segera laparoscopy, apa Truz apa setelah laparoscopy sya msh bisa hamil Normal Dok,

    Terimakasih

    • dr D says:

      Dear Lusye.
      Kondisi tuba non paten dan hydrosalphing adalah suatu penyebab utama infertilitas dan ini termasuk fatal karena menghalangi bertemunya sperma dan sel telur. Bila anda mengalami infeksi kandungan (dengan gejala keputihan, perdarahan, atau nyeri perut yang tidak jelas disertai demam misalnya) maka pengobatan infeksi ini dengan antibiotika yang tepat adalah langkah awal. Anda dapat mengulang pemeriksaan HSG beberapa waktu kemudian untuk menyingkirkan bias pemeriksaan (sebaiknya di tempat pemeriksaan yang lain). BIla keadaan tidak berubah dan memang didapatkan demikian, maka laparoskopi menjadi jalan terakhir. Kemungkinan yang terjadi adalah tuba non paten dan hidrosalphing anda dapat diperbaiki, dan anda dapat mencoba kehamilan alami. Kemungkinan yang lain adalah hal ini tidak dapat diperbaiki, hidrosalphing harus dipotong dan anda hanya dapat mengalami kehamilan dengan bayi tabung atau IVF. Semoga jawaban saya ini dapat membantu anda.
      Terima kasih.
      Dr.D

  25. Ida says:

    hallo dokter
    saya rosidah umur 43th suami 41th ingin mengikuti program ivf natural saya pernah hsg dengan hasil sbb;
    HSG di lakukan dg kontras telebrix di masukan melalui kanalis cervikalis kontras berjalan lancar
    masuk dari canalis cervikalis ke dalam vacum uteri dan kedua tuba
    -bentuk dan kaliber canalis cervikalis normal tidak terlihat adanya penyempitan
    uterus ; retrofleksi dinding licin tidak terdeteksi adanya filling defek ataupun additional shadow
    tuba ; kedua tuba terisi dengan kontras kaliber tampak melebar terutama bangian distal
    tidak tampak tanda- tanda peradangan sepanjang tuba
    spill peritional tidak pada kedua ujung
    kesan ; non paten kedua tuba
    uterus retrofleksi
    canalis cervikalis normal

  26. kimi says:

    salam pak dokter…
    …perkenalkan nm sya ranti.usia mau 29 th suami 31 menikah 3 thn hasil Lab. sya kedua tuba nonpatent..suami Asthenozoospermia…sy d srankn operasi laparoscopy tp sy tkut..suami d sruh minum obat merk Torrex ..bisa lngsung ikut progam IVF langsung tdk dok mengingat operasi laparoscopy hrs di bedah ngeri sya dok…terimakasih

    • dr D says:

      Salam juga Kimi,
      Anda bisa langsung mengikuti IVF natural. Namun sebelum itu dilakukan silakan coba pemeriksaan HSG ulang di tempat yang berbeda, semoga hasilnya lain.
      Bila anda menginginkan persiapan yang cukup silakan datang hari ke 3 menstruasi.
      Terima kasih
      Dr.D

  27. nirwana says:

    Salam Dok, saya barusan tes HSG dan dinyatakan bahwan 2 tube non Paten, tapi tidak diketahui penyebabnya, suami tes sperma 2tahun lalu ashtenoteratozoospermia , saya mengalami keputihan tapi tidak begitu banyak tapi cukup mengganggu, apa yang harus saya lakukan sebagai persiapan untuk melakukan IVF untuk keputihan saya dok, dan berapa kisaran harga untuk melakukan IVF, karena jarak yang cukup jauh jadi saya mau persiapan yang matang?

    • dr D says:

      Dear Nirwana,
      untuk persiapan, keputihan anda harus sembuh untuk itu silakan berobat terlebih dahulu kepada dokter anda atau melakukan kultur dan sensitifitas swab vagina, sehingga antibiotika dapat sesuai.
      Untuk persiapan secara teknis sebaiknya menanyakan pada staff kami 0293 367800 atau di facebook gladioolivf.
      terima kasih.

  28. nita says:

    Dokter yang terhormat….
    Saya wanita 31 th,suami 36 th…Dua kali mengalami KET (April 2014& Mei2015) kedua tuba diangkat laparatomi. Kapan saya bisa program IVF natural cycle? Berapa estimasi biaya? Apa saja yg harus dipersiapkan mengingat saya di lampung. Trims (nita – Lampung)

    • dr D says:

      Dear Nita,
      sebaiknya segera. mengingat waktu berjalan terus dan kondisi kesehatan seseorang dapat berubah.
      Silakan menyimak persiapan bayi tabung dan hubungi staf kami bila ada pertanyaan lain terutama masalah biaya.
      Terima kasih.

  29. Asti says:

    Dokter yang baik, salam kenal.saya Asti usia 25 tahun. Sudah melakukan HSG dengan hasil:
    Tampak kontras mengisi cavum uteri, tuba kanan-kiri sampai fibrie tuba
    Kaliber tuba kanan-kiri normal, fibrie normal
    Tidak tampak spillage kontras ke peritoneum
    Sebagian kontras back flow ke vagina
    Kesan: suggest non patent tuba bilateral di level fibrie tuba.
    Mohon dokter bisa menjelaskan maksud dari hasil HSG saya. terima kasih

    • dr D says:

      Dear Asti,
      Sayang sekali hasil itu menunjukkan bahwa kedua tuba anda buntu.
      Untuk memastikan hal ini anda dapat melakukan HSG ulang (di tempat yang berbeda), atau melakukan Histeroskopi Laparoskopi.
      BIla ternyata memang kedua tuba buntu, maka kehamilan hanya dapat terjadi bila dengan program bayi tabung.
      terima kasih kembali, tetap bersemangat.
      Dr.D

  30. Saiful ghozi says:

    Salam
    saya Ghozi ( 34 thn) istri saya dwitha (31 thn)
    1. kami 1 tahun menikah dan belum hamil istri saya. Setiap kali USG ukuran sel telur selalu kecil, kisaran 8-13 mm. Diberi tindakan HSG oleh dokter hasilnya non paten tuba kanan dan paten tuba kiri, bagaimana peluang istri saya agar bisa hamil dok?
    T2. terkait hasil HSG, tertulis paten tuba kiri, tapi gambarnya tidak terlihat saluran kecilnya, gambarnya cenderung sperti figure 2 pada posting diatas. Apakah ada kesalahan analisa atau ada kriteria yang lain dok?
    terimakasih dokter sala, dari Balikpapan.

    • dr D says:

      Dear Saiful Ghozi…
      anjuran saya.. pastikan keadaan tuba istri anda yang buntu dengan melakukan HSG ulang, lebih baik di tempat yang berbeda.
      Bila memang ternyata buntu, maka jalan satu-satunya menujuk kehamilan adalah dengan bayi tabung.
      Terima kasih.

  31. Erni says:

    Selamat malam dok .. Salam kenal
    Saya Erni (35 th) dan suami (39 th)
    Awal tahun 2013 saya di vonis tuba non paten bilateral diakibatkan hidrosalping dari bekas 3x operasi kista (1999, 2007 Dan 2009), Dan disarankan untuk melakukan laparaskopi. Akan tetapi sampai sekarang saya masih tidak berani untuk melakukan operasi tsb.
    Agustus 2014, saya periksa kembali ke ke salah satu klinik dan dilakukan hidrotubasi dengan hasil tidak ada sumbatan.
    Dari tahun 2013 sampai sekarang siklus menstruasi saya sering tidak teratur, dari hasil Chek darah amh rendah see.
    Apakah dengan kondisi saya masih bisa untuk mengikuti program IVF Dan bagaimana caranya??

    Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Erni
      Dengan AMH yang rendah dan berdasarkan riwayat 3x operasi kista maka anda tidak memiliki banyak waktu lagi… karena AMH yang rendah berarti persediaan telur anda sangat sedikit. Oleh karena itu segera saja untuk menjalani program IVF.
      Untuk prosesnya, karena anda merupakan special case maka sebaiknya datang pada hari ke 1-3 menstruasi
      Terima kasih

      • Erni says:

        Dear dr D,

        Menstruasi saya yg terakhir tgl 24 agustus 2015 sampai sekarang masih flek, kira2 persiapan apa saja yg saya dan suami harus lakukan???? Dan adakah suplemen khusus untuk saya dan suami sebagai persiapan?

        Terima kasih

  32. Yoyok says:

    Selamat malam dokter,
    Saya sudah menikah dari th 2008, dan sampai sekarang belum memperoleh keturunan. Setelah dilakukan pengecekan di salah satu rumah sakit, istri saya di vonis Adenomiosis interna Dan hidrosalping sehingga saluran tuba falopi nya tertutup (tuba non paten bilateral). Apakah dengan kondisi tersebut kami dapat melakukan program IVF? Terima kasih

    • dr.D says:

      Dear Yoyok,
      untuk melakukan IVF, syarat utamanya adalah tidak boleh hidrosalfing.
      oleh karena itu syarat utamanya adalah memotong hidrosalfing terlebih dahulu dengan operasi LO.

      Salam.

  33. anisa says:

    Selamat siang dokter
    nama saya anisa, 39 tahun riwayat laparotomi endometriosis 2x dan terakhir LO untuk ligasi hidrosalping dan adenomyosis.

    Saya pernah IVF namun gagal krn pada waktu itu masih ada hsalping dan adenomyosis walaupun pada waktu itu sy berhasil mempunyai embrio 1 dgn kualitas moderate.

    Satu bulan yang lalu sy mencoba mengulangi IVF dgn kondisi pasca op tuba n adeno..rahim saya terlihat baik ukuran normal 7cm. namun sayang nya setelah 2 x siklus.program tidak bisa dilanjutkan.

    Siklus pertama ada 3 telur–> mini stim dgn dhipten 5hari x3 tablet–> program dicancel karena telur ga respon di H7 msih 3.9mm

    siklus ke 2 ada 2 telur–> mini stim dgn femara 5 hari x 3talet lanjut suntik menopur 3hari x 150iu–> sayangnya tidak bisa dilanjut juga krn tenyata telurnya benjol bentuknya.estradiolnya 58 dan progesteron nya 0.6.

    dgn kondisi spt itu masih adakah kesempatan untuk saya mengiktuti ivf siklus natural? AMH saya rendah..terakhir 0.17 sblm LO ke 3? atau apakah saya sudah harus move on untuk tidak udah lagi mengharapkan kehamilan.

    Tambahan ingormasi haid sudah lama terganggu…jd harus minum cyclo jika ingin haid…

    mohon jawaban dokter…sy sngt terbantu sekali.

    salam
    Anisa

    • dr D says:

      Dear Anisa,
      sungguh sedih mendengar keadaan ibu, memang AMH yang rendah menunjukkan bahwa persediaan telur sudah menipis.
      Bagaimana dengan kadar FSH anda pada hari ke 3 menstruasi? bagaimana dengan siklus menstruasi anda?
      BIla FSH anda tinggi dan siklus menstruasi sudah tidak teratur (mundur> 1 minggu) maka ini tandanya persediaan telur sudah habis.
      Bila hal ini terjadi memang hampir tidak ada kemungkinan untuk IVF dapat berhasil menolong anda.
      Semoga jawaban ini dapat membuat keadaan menjadi jelas
      Terima kasih.
      Dr.D

  34. anisa says:

    terimakasih dokter D atas jawaban Dokter

    di program yang ke 2 kemarin…saya tidak melakukan pemeriksaan FSH lagi, yang saya lihat di USG tran v hanya ada telur berukuran 7mm.

    Untuk menstruasinya sendiri..sebelum operasi yang ke-3 pun sudah 3 bulan sekali tanpa obat dok..

    Baiklah Dok,mudah2an saya bisa menerima keadaan ini.

    Pertanyaan saya dok, apakah kondisi saya ini sudah menopose..adakah cara untuk memperlambat penuaan dini ini? setidaknya saya masih ingin membahagiakan suami saya walaupun tanpa keturunan?

  35. kurwati says:

    Dok.saya mau tanya.agustus kemarin saya melakukan HSG.dan hasilnya ..ukuran,bentuk,lumen dan mukosa cervix dan uterus dalam batas normal,posisiantefleksi/normal,tubae/fimbriae kanan kiri intact, tak tampak adanya para tubalfilling ataupuntanda tanda hydrosalphyng.spill (+/+).
    Kesan: HSG saat ini dlm batas normal, kedua tubae/fimbriae patent

    Mohon penjelasannya dok.terimakasih

  36. Shofie Putriningtyas says:

    Dokter saya mau tanya program IVF untuk Hydrosalphing bilateral nonpaten tahapannya apa saja?
    Trus untuk biaya sekitar berapa ya?
    Alamat lengkap RS nya dimana Dok?
    Terimakasih Dok atas bantuannya…

    • dr.D says:

      Kepada Shofie,
      BIla terdapat hydrosalphing bilateral, sebaiknya dilakukan laparoskopi tubektomi terlebih dahulu untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung.
      untuk alamat lengkap silakan buka halaman ini :

  37. Kadek Widarini says:

    Dokter yg terhormat….
    saya adalah wanita yang berumur 37th, saya sudah menikah 13th, sy prnh hamil dan melahirkn bayi prematur ttp sayang bayi kami meninggal, dan setelah beberpa bulan lg saya hamil ttp sy mengalami keguguran, stelh bbrp buln sy tdk hmil lg, sy memerikskn dr ke dokkter, hsilnya saya menglmi penyempitan kndungan tuba, berbgai cra sy tempuh hingga smp operasi sy lakukn tp semua gagal…
    yg ingin sy tanyakn , apakah sy msih bs melakukn ivf…??
    Terimakasih dokter saya mohon jawabanya…

    • dr.D says:

      Dear Kadek,
      tentu saja bisa. Silakan datang membawa semua hasil pemeriksaan.
      Sebelumnya silakan baca dan ikuti
      terima kasih
      dr.D

  38. Vidianty says:

    Dokter yg terhormat
    Hasil hsg saya kedua tuba non paten ec. Susp. Occlusio tuba bilateral pars ampularis
    Apakah tindakannya hrs laparoskopi dahulu atau langsung ivf ya dok?

  39. ika says:

    selamat siang dr. D saya Ika usia 26 th dan suami 27 th. saya menikah sudah 2th 7 bulan, dengan riwayat:
    – sudah pernah hamil dan keguguran di usia kehamilan 6w (3x)
    – sudah pernah coba insem 1 x dan gagal
    -hasil sperma suami normospermae
    -hasil tyroid saya (-)
    -AMH saya dikatakan dokter normal
    – setelah saya menikah dan setelah keguguran yg #1 mengalami keputihan sampai saat ini sudah berobat ke dokter juga sembuh. Dan kembali lagi sampai pada saat ini dokter melihat ada bakteri diplokokus gram dan di nyatakan pos g.o (saya tidak mengerti mengapa saya terkena g.o padahal saya tidak sex bebas dari sebelum dan sesudah menikah, yg sangat aneh suami saya neg g.o hanya ada bakteri cocus gram negatif )
    -saat ini dalam penyembuhan g.o saya di infus antibiotik 2gr (saya lupa namanya apa) dan saya blm boleh hub sama suami.

    dok, apakah g.o saya dapat sembuh? dan apakah saya masih ada harapan untuk hamil?
    mohon saran dokter, langkah apa yg dapat saya buat agar saya dapat hamil dan memiliki keturunan.

    terima kasih dokter yang baik….

  40. Lia says:

    Selamat siang Dok..saya mau tanya Dok..saya Lia usia saya 29 Th, saya sudah 3thn menikah tapi belum kunjung hamil, setelah menikah saya tidak haid sama sekali sekitar 2 thn baru kemarin bulan oktober saya haid dan siklus haid saya 27 hari, saran dokter untuk HSG dan hasil yg didapat seperti ini dok
    Dilakukan pemeriksaan HSG :
    1. Foto polos,AP view,kondisi cukup ,hasil :Tak tampak perselubungan semiopak homogen di proyeksi cavum pelvis.sistema tullang yang tervisualisasi intak.
    2 HSG
    Dilakukan dengan memasukan bahan kontras watersoluble melalui OUE dengan menggunakan canul dan cunam,pada pemeriksaan isdpekulo tampak lendir(+),leukorae(+) tak tampak erosi portio,OUE jauh.Hasil : Dimasukkan kontras sebanyak lebih kurang 5 cc diambil foto AP view:tampak kontras mengisi cavum uteri, 1/3 proximal tuba dectra,spill ( -).
    Diambil foto obliq dectra et sinistra dengan menambahkan masing-masing 2cc,hasil:
    -Cavum uteri:ukuran dan bentuk normal,dinding licin,dengan pososo fundus menjauhi sacrum
    -Tuba dextra:kontras mengisi tuba dextra 1/3 proximal,spill(-)
    -Tuba sinistra : Kontras mengisi tuba 1/3 proximal,spill(-)

    Kesan
    -Cavum uteri normal,posisi hiperanteflexi
    -Tuba Non paten bilateral
    lalu pengobatan apa yg harus saya jalani dan mohon penjeasannya tentang hasil HSG tersebut.
    Dok apa uba Non paten bilateral itu tidak bisa hamil alami?
    Terimakasih banyak Dok….

    • dr.D says:

      Dear Lia,
      secara umum tuba non paten bilateral berarti saluran tertutup sehingga telur dan sperma tidak akan dapat bertemu.
      Beberapa keadaan bisa mengembalikan terbuka lagi secara alami meskipun hal ini jarang,
      operasi mikro untuk memperbaiki hal ini juga ada kemungkinan keberhasilan.
      Namun yang terbaik mengusahakan kehamilan dari semua diatas adalah dengan melakukan proses bayi tabung (IVF)
      Proses bayi tabung tidak membutuhkan saluran tuba untuk keberhasilan kehamilan.

      Salam
      Dr.D

  41. desi says:

    dokter, saya didiagnosa adenomyosis, ada yang mengatakan kalau dilakukan bayi tabungpun kemungkinan tidak berhasil juga besar.. apakah demikian dokter?

    • dr.D says:

      Dear Desi,
      memang demikian, namun masih tergantung beberapa faktor misalnya lokasi dan besar adenomyosisnya.
      Sebaiknya jangan putus asa dahulu dan kita pikirkan apa yang terbaik.

      Salam
      Dr.D

      • Desi says:

        Terima kasih banyak dokter atas jawabannya, inshaAlloh kalau saya belum hamil juga saya mau ke rsia gladiool untuk program ivf..

  42. meimei says:

    Dear Dokter D,

    saya meimei ( 37 th )dari semarang, hasil HSG saya tgl 14/8/18 dinyatakan tuba kanan hidrosalphing , bulan mei pernah dilakukan KET, mohon di bantu jawab dokter :
    1. Apakah jika saya melakukan LO, saya harus menunggu berapa bulan lagi dokter? mengingat saya 4 bulan lalu melakukan KET dengan operasi ( bukan LO ).
    2. dan setelah LO ini di lakukan, berapa lama waktu dari LO jika ingin melakukan IVF?

    mohon di bantu atas pertanyaan saya, yang rencananya akan melakukan LO dan IVF di gladiol, semoga tidak ada halangan, kami akan konsultasi dengan dokter tgl 1/9/18.

    Terimakasih

    BR
    Meimei

    • dr.D says:

      Dear Mei-mei, maaf bila terlambat membalas (mungkin saat ini malah kita sudah bertemu)
      Baiklah saya coba menjawab.
      1. Anda bisa melakukan LO kapanpun karena operasi yang lalu sudah berlangsung Mei, namun sebaiknya dipastikan dahulu apakah hidrosalphingnya masih ada atau tidak dengan USG transvaginal yang dilakukan pada menjelang haid.
      2. Setelah LO bisa langsung dilakukan IVF pada bulan berikutnya.

      Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s