Usia Wanita : faktor utama keberhasilan IVF

Pembaca yang budiman,

Sering kali kami mendapat calon pasien dengan usia sang istri yang telah melebihi usia reproduktif.   Beberapa di atas 40 tahun, dan tidak sedikit yang di atas 45 tahun.  Mereka  datang terkadang menempuh jarak yang cukup jauh dan berharap kita dapat melakukan sesuatu agar keinginan memiliki sang buah hati dapat terwujud.  Dengan sepenuh hati kita ingin membantu, namun kemampuan kita terbatas pada lingkup dunia medis dan tidak lebih dari itu. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas saya ingin memberikan beberapa fakta dari faktor ‘jam biologis’ yang tidak dapat berhenti ini.

Aging-Reproduction

 

Kemampuan seorang wanita untuk hamil sangat dipengaruhi oleh usia nya, dan ini berhubungan langsung dengan kualitas sel telur yang dimilikinya.  Jadi meskipun seorang wanita di usia di atas 45 tahun masih menstruasi dan mendapat ovulasi secara teratur, namun kemampuan untuk hamil sudah sangat menurun.  Data statistik  di atas menunjukkan bahwa kemampuan untuk hamil menurun sejak usia 25 tahun, dan hanya tinggal 50% pada usia 30-35 tahun, dan 25% pada usia 35-40 tahun (dibandingkan usia saat 20 tahun).  Hal ini dipersulit dengan angka keguguran yang meningkat drastis sejak usia 35 tahun. Dengan kata lain, semakin berumur  seorang wanita semakin sulit hamil dan semakin mudah keguguran. Dan penurunan kemampuan untuk hamil ini dimulai di usia yang sangat dini dibandingkan pendapat masyarakat umum, yaitu dimulai sekitar usia 30 tahun.

 

ivf-success-after-ivf-fails

Data di atas saya ambil dari laporan CDC pemerintah USA tahun 2012, yang menunjukkan bahwa keberhasilan IVF juga sangat terpengaruh dengan bertambahnya usia dan dimulai sejak 35 tahun, dan menjadi sangat rendah di atas 42 tahun.  Data ini juga menunjukkan pengulangan IVF sampai 4 kali untuk dapat mencapai keberhasilan relatif tidak menurun pada kesempatan pertama sampai ke empat, namun jelas menurun dengan bertambahnya usia.  Dari data kami sendiri (GIVF), pasien wanita paling tua yang berhasil hamil melaui program IVF (natural cycle) di Gladiool IVF sejauh ini adalah 37 tahun dan sebagian besar di usia di bawah 35 tahun.

Saran singkat saya adalah bila anda benar-benar memerlukan bayi tabung (setelah berbagai pertimbangan dari semua faktor infertilitas yang ada) maka lakukan seawal mungkin, saat kualitas telur sang istri masih baik.  Jadi ingatlah bahwa waktu terus berjalan maju dan demikian pula usia anda, jadi jangan sia-siakan waktu yang ada.

Dengan sepenuh hati,

Dr. D

 

 

 

About Dr. D

dr. Doddy Sutanto, M.Kes, SpOG(K) Konsultan Fertilitas, Endokrinologi dan Reproduksi Gladiool IVF - RSIA Gladiool
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Usia Wanita : faktor utama keberhasilan IVF

  1. melly suastika says:

    dok kalau ivf dengan obat oral atau obat minum. kalau saya hsg normal semua tetapi kalau dilihat usg ada kista endo. 1.5 cm. ? dan kalau kondisi sperma itu oligozoospermia apakah bisa dilakukan program ivf. usia saya 28 suami 32 . dengan konsentrasi : volume 2 ml. gerak maju lurus cepat 30%. maju lambat 35%. gerak ditempat maju 20% tdk bergerak 15%. konsentrasi 19 juta /ml. puasa 4 hari. mhn dibantu jawab ya dok . apakah bisa dibantu dgn ivf obat minum ?

    Like

    • dr D says:

      Dear Melly,
      Konsentrasi 19 juta sangat cukup untuk IVF dan bahkan hal ini cenderung normal, sehingga hal ini sangat mungkin untuk syarat IVF natural dengan induksi ovarium menggunakan obat oral.
      salam
      Dr.D

      Like

  2. Shinta says:

    Selamat siang Dok,

    Nama saya Shinta,usia sudah 38 tahun dan 1,5 tahun yang lalu operasi laparotomy dengan masalah kista coklat di indung kiri dan kanan,miom dan ademiosis.Dengan kondisi tuba non paten (terjadi pelengketan yang disebabkan karena kista coklat).Sperma suami normal
    Dengan kondisi saya saat ini apakah masih bisa di rekomendasinya proses bayi tabung dengan siklus natural,mohon bantuanya Dok,terima kasih

    Like

  3. Pingback: Success Rate, GIVF 2018 | GIVF Magelang

  4. Pingback: Success Rate, GIVF 2018 – GLADIOOL IVF

  5. Pingback: Kejutan yang membahagiakan dari IVF siklus natural – GLADIOOL IVF

Tulis pertanyaan / komentar anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.