Persiapan Bayi Tabung di GIVF Magelang

Gladiool IVF, Safe & Affordable IVF

 

Kepada pasangan yang sudah siap mengikuti program IVF, kami ingin mengingatkan bahwa persiapan yang baik adalah sangat penting agar program IVF dapat efisien dalam hal waktu, tenaga dan tentu saja biaya.  Persiapan yang baik juga meningkatkan kemungkinan keberhasilan program.

Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar IVF siklus alamiah dapat berjalan sesuai target.

PERSIAPAN ISTRI :

1. Siklus menstruasi.
Siklus menstruasi yang baik untuk mengikuti IVF siklus alami adalah yang teratur (27-30 hari).  Bila siklus anda kurang teratur, dapatkan pengobatan dengan klomifen sitrat (clomiphene citrate – Diphten, Blesifen, Profertil, Pinfetil dll) 1 x 2 tablet selama 5 hari, hari ke 3 sampai ke 7.
Sebaiknya bila anda sudah sering menggunakan obat ini, hentikan dahulu 1 siklus (tanpa obat) dan anda bisa memulai program pada siklus berikutnya.  Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa juga disebabkan penyakit lain seperti penyakit sindroma ovarium polikistik, gangguan hormon prolaktin, tiroid, atau kekurangan hormon FSH.  Pastikan anda tidak mengalami hal ini dengan berkonsultasi dan melakukan pengobatan terlebih dahulu dengan  dokter anda.

2. Keputihan.
Pastikan tidak ada keputihan (leukorea/vaginitis).  Bila anda sedang mengalami keputihan atau anda tidak yakin, pastikan untuk memeriksakan diri dan berobat ke dokter anda terlebih dahulu.

3. Penyakit 
Bila anda sedang tidak fit maka sebaiknya anda jangan memulai program, persiapkan diri anda dengan meminum multivitamin (termasuk asam folat) . Bila anda sedang menderita penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus, atau penyakit kronis lainnya, sebaiknya anda melakukan pengobatan terlebih dahulu sampai penyakit ini terkontrol.

4. Kegemukan
Bila anda menderita kegemukan (BMI > 29) , dan ketidak teraturan menstruasi, jangan memulai program.  Pada kasus seperti ini maka angka keberhasilan akan menurun dan sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan berusaha menurunkan berat badan.

5. Histerosalfingografi (HSG)
Pemeriksaan kualitas tuba dan kontur uterus sangat penting untuk keberhasilan kehamilan.  Bila pada uterus dan tuba didapatkan gangguan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda apa yang harus dilakukan agar IVF dapat berjalan dengan lancar.  Khusus untuk masalah hidrosalphing dengan tuba non paten, SANGAT direkomendasikan agar anda melakukan tubektomi (pemotongan tuba) atau ligasi tuba  dengan  laparoskopi atau laparatomi sebelum melakukan IVF.

 

PERSIAPAN SUAMI

1. Analisis sperma
Mengetahui kualitas sperma adalah mutlak. Bila pada analisis sperma, terdapat lekosit yang berlebihan maka sebaiknya anda minum obat antibiotika (misalnya levofloxacin 1 tablet perhari minimal 10 hari, atau doksisiklin 2 x sehari selama 10 hari)

2. Abstinensia
Sebaiknya abstinensia sejak 1 hari sebelum hari pemeriksaan (hari ke 10) agar kualitas sperma optimal pada saat dibutuhkan.

PERSIAPAN ISTRI DAN SUAMI

1. Jadwal Pemeriksaan
Bila beberapa hal yang telah saya sebut diatas telah dilewati maka selanjutnya adalah melakukan perjanjian.
Deteksi ovulasi (pemeriksaan folikel) dilakukan pada hari ke 10 bila siklus anda 28 hari bila tidak, maka anda harus datang sekitar 3-4 hari sebelum ovulasi. Dan untuk itu sebaiknya anda melakukan perjanjian (mendaftar) untuk mendapatkan waktu pemeriksaan.

2. Mengenali Program
Untuk mempersingkat waktu dan agar konsultasi dapat berjalan efisien, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu mengenai bayi tabung (IVF), khususnya siklus natural (IVF natural Cycle) termasuk pemeriksaan-pemeriksaan dan obat-obat pendukung yang mungkin akan anda dapatkan. Bila anda ingin mengetahui lebih dalam termasuk syarat administratif dan skema finansial maka anda dapat berkonsultasi kepada staf kami di 0293-367800 atau facebook@gladioolivf

 

Advertisements

About dr.D

dr. DS, SpOG, Gladiool IVF RSIA Gladiool
Image | This entry was posted in Bayi tabung mudah dan terjangkau, Persiapan Batab, Persiapan IVF and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

40 Responses to Persiapan Bayi Tabung di GIVF Magelang

  1. Melin says:

    Hallo dokter,,
    Sy tertarik untuk ikut program GIVF Natural cycle setelah dokter sy sebelumnya menyarankan sy utk program BT.
    Usia sy 29thn. Suami 30thn. Menikah 1thn.
    Riwayat kesehatan sy:
    Des 2011: sy pernah LO krn kista endometriosis kiri dan kanan 7cm. Krn blm menikah saat itu blm menikah sy tdk cek saluran dan usg transvaginal.
    Dilanjutkan suntik endrolin 3x.
    Des 2012: mengalami keluhan nyeri sepanjang haid dan darah haid menggumpal seperti ati.
    Jan 2014 : periksa dan ada indikasi miom. Dirujuk ke dokter spc obgyn.
    Juli 2014 : periksa ke dr apc obgyn trans v . Ada miom submucosa 3cm. Dan hidrosalphinx tuba kiri non patent. Saran LO.
    Agt 2014: LO utk pengambilan miom dan pengangkatan tuba kiri.orasi Lo + laparotomi miom submucosa 3,3cm dan 3 lainnya ukuran 1cm.

    Setelah oprasi dokter menyarankan utk suntik tapros 3x dilanjutkan program BT.
    sy menstruasi teratur dgn siklus 28hr, apakah sy bs Ivf dgn program natural cycle? Krn utk normal dokter sebelumnya bilang sulit krn tuba kanan walaupun tdk diangkat tp kondisinya sudah mengkerut dan sedikit membengkak juga .
    Sy sangat mengharapkan segera bs ikut program mengingat usia dan tingkat kehamilan yg katanya baik setelah oprasi, dan sangat mengarapkan bs melalui program natural cycle mengingat by utk opr kemaren sudh sangat besar.
    Sy dilema, disatu sisi sy ingin segera hamil dan harus segera agar tdk tumbuh kembali miomnya, tp disisi lain by utk ivf sangat mahal.

    • dr D says:

      Dear Melin,
      untuk keadaan seperti anda, maka anda bisa langsung mengikuti bayi tabung natural cycle. Silakan datang hari ke 10 siklus untuk melakukan deteksi ovulasi. Silakan hubungi 0293 367200 untuk melakukan perjanjian konsultasi.

  2. Haryati says:

    Dokter yang terhormat. Saya wanita usia 41 th. suami umur 38 th. sudah menikah selama 5 th dan belum dikaruniai momongan. Kami baru saja mendapat informasi tentang program GIVF Natural Cycle dan BT ini dari teman. Apakah kami bisa mencoba ikut Dok? Riwayat kesehatan saya pernah operasi laparatomi kiste ovarium th. 2006 dan th 2011 diulang lagi karena tumbuh kista serta operasi patensi tuba. Saya pernah mendapat pengobatan dgn profertil selama 5 bln. Bln Juni-September th 2014 ini saya mulai mendapat suntikan endrolin sebanyak 4x karena gangguan nyeri saat haid. Suntikan terakhir tgl 25 sept. Suami pernah periksa analisa sperma th 2010 hasilnya Normozoospermia. Kami mohon bantuan Dokter apakah kami masih bisa mendapat momongan dan apa saja yang harus kami siapkan untuk mendaftar periksa di klinik Dokter. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    • dr D says:

      Dear Haryati,
      Anda berdua dapat langsung mengikuti IVF ini. Silakan hubungi Staf kami untuk mendaftar dan melakukan konsultasi awal.
      Untuk persiapan awal silakan menyimak di blog ini pada halaman “Persiapan mengikuti IVF Natural”
      Terima kasih.
      Dr.D

  3. Ernie says:

    Selamat siang dokter,
    Perkenalkan sy Erni,
    Dok sy mulai tertarik untuk ikut program GIVF Natural cycle,
    Usia sy 27 tahun, Suami 35 tahun
    Siklus haid 25 hari, periode haid 7 hari
    hasil cek sperma suami: normozoospermia
    hasil HSG sy bln April 2014: uterus normal, tuba kanan kiri non paten bagian distal obstruksi total dan tampak hidrosalping saran dokter: perlu dilakukan LO
    sy sudah melakukan LO bulan Juni 2014 dok, dan hasil LO yg menyebabkan penyumbatan pada kedua tuba sy adalah polip. Dan polip tsb sdh diambil dok….kemudian kedua tuba sy jg sdh paten akibat tindakan LO.
    kemudian pada bulan Agustus 2014 sy melakukan HSG ulang sesuai saran dokter kandungan sy.
    Dan hasil hsg ulang tersebut adalah terus normal, tuba kanan kiri non paten bagian distal obstruksi total dan tampak hidrosalping. sy balik lg ke dokter kandungan sy untuk memberikan hasil HSG ulang tsb. Kemudian dokter kandungan sy menyarankan untuk hidroturbasi tp krna berhubung waktu dan jarak dokter sy blm bs melakukan hidroturbasi ( sy priksa di Yogya tp kerja dan tinggal di Kalimantan ). Oleh karena alasan jarak dan waktu, sy diberi obat antibiotik sama dokter kandungan sy tsb. Dan sampai skrg blm hamil dok. Dan sy mulai tertarik untuk ikut program GIVF Natural cycle.
    Dengan kasus infertil yg sy alami ini apakah sy bs langsung ikut program GIVF Natural Cycle dok?
    Jk bs apakah waktu 1 minggu cukup untuk menjalani rangkaian proses GIVF Natural Cycle, soalnya sy jauh dok terlilit dgn jarak, waktu, dan cuti. Makasih dok. mohon dibales ya.
    berikut no. hp 081254078170 sy dokter jk sy bs langsung mengikuti GIVF Natural Cycle ini mohon sy dikabari ya dok.
    Terimakasih ^_^

  4. Nina says:

    Halo dokter,

    Saya dengan nina 29 th dan suami 32 th, kami sudah menikah 4,5 th dan blm pernah hamil. Saya tertarik untuk mengikuti program ivf natural cycle di klinik gladiola. Berikut saya infokan hasil test kesehatan saya dan suami selama saya mengikuti program hamil.

    2012

    1. Pemeriksaan usg transv dan hormon didapat hasil normal, tdk terlihat adamya kista ataupun myom.
    Hasil HSG
    *uterus normal
    *kedua tuba patent
    *hydrosalpinx tuba kanan
    Pengobatan: dilakukan diatermi sebanyak 10x dan hydrotubasi 1x

    2. Sperma suami:
    Mortilitas
    Cepat: 0
    Lambat: 51
    Ditempat: 3
    Tdk bergerak: 46
    Morfologi
    Normal: 7
    Abnormal: 93
    Aglutinasi: +/pos
    Konsentrasi: 26 jt/ml
    Total: 96,20jt/ejkt

    Setelah semua pemeriksaan saya diminta untuk mencoba alami, selama 2 th kami mencoba alami dengan mengganti gaya hidup dll namun belum juga didapat kehamilan.

    Medio 2014 kami melakukan pemeriksaan kembali didapat hasil:

    1. USG dan test hormon dilakukan didapat hasil kembali semua normal tidak terdapat myom, kista, dll

    Hasil HSG:
    Uterus bentuk cavum normal tidak tampak abnormal identasi, dinding cavum cukup licin, intacaviet tdk tmpk abnormal filling defect. Kedua tuba terisi baik, tdk tampak paratubal filling. Tampak tuba kanan melebar, tdk tampak spill di ujung tuba kanan. Tuba kiri tdk melebar, spill dri tuba kiri lancar dan bebas mengalir. Post evacuasi kontras tampak menyebar bebas di dlm rongga peritoneum dan masih ada retensi kontras didalam tuba kanan

    Kesan
    *Bentuk dan kedudukan cavum uteri baik
    *Hydrosalpinx kanan tuba kanan kesan non patent
    *Tuba kiri patent

    2. Sperma suami:
    Mortilitas
    Progresive: 46%
    Non progresive: 8%
    Immotile: 46%

    Morfologi
    Normal: 3%
    Abnormal: 97
    Aglutinasi: +/pos
    Konsentrasi: 263.00 jt/ml
    Total: 789.00 jt/ejkt

    Dengan hasil kesehatan terbaru kami diatas apakah memungkinkan dok untuk melakukan ivf natural cycle? Untuk keadaan sel telur saya dokter mengatakan sangat bagus, ukuran di H+10 saja sdh 21mm

    • dr D says:

      Dear Nina.
      Anda berdua adalah pasangan yang cocok dengan IVF natural.
      Satu-satunya masalah adalah kemungkinan gangguan dari hydrosalphing (setelah ET)
      Silakan datang hari ke 10 (sebelumnya pada hari ke 3 minum klomifen sitrat terlebih dahulu)
      Terima kasih.
      Dr.D

  5. Ida says:

    Hallo dokter
    saya rosidah umur 43 th suami umur 41th saya ingin mengikuti program ivf natural saya menika uda 15 th tapi blm pernah hamil saya pernah hsg dengan hasil
    hsg dilakukan dengan kontras telebrix, dimasukkan melalui kanalis cervikalis,kontras berjalan lancar masuk dari kanalis cervikalis ke dalam cavum uteri dan kedua tuba
    -bentuk dan kaliber kanalis cervikalis normal tidak terlihat adanya peyempitan
    uterus ; retrofleksi.dinding licin.tidak terdeteksi adanya fillingdetek ataupun additional shadow
    tuba ; kedua tuba terisi dengan kontras.kaliber tampak melebar terutama bagian distal tidak tampak tanda-tanda peradangan sepanjang tuba. spill peritional tidak terlihat pada kedua ujung
    kesan ; NON PATEN KEDUA TUBA
    UTERUS RETROFLEKSI
    CANALIS CERVIKALIS NORMAL

  6. Rosida Widyastuti says:

    Halo tim GIVF
    Saya Rosida, 38 th. Sy pernah menanyakan kasus saya yg sdh 7th menikah tp belum dikaruniai momongan. Pd tahun pertama sempat hamil tapi keguguran di usia kehamilan hampir 12 minggu.
    Saya baru periksa rahim dan tes HSG dg hasil kedua tuba non paten, ada hidrosalphing kiri. Dokter menjawab bahwa saya harus menjalani laparoskopi atau sejenisnya utk memotong tuba yg bermasalah itu. Apakah di Gladiool bisa dilakukan operasi tsb? Berapa kira” biayanya?
    Sebelum program IVF, haruskah saya dan suami menjalani tes ulang menyeluruh supaya tahu kondisi kami masing”?
    Terima kasih

  7. Ina says:

    Hallo dokter
    Baru saja sy pengecekan kista saya, semula ukuran 4 cm menjadi 6 cm.
    Dokter menyarankan untuk kisektomi/LO, menurut dokter sy lbh baik langsung program batab/operasi kista, mengingat sy sdh prnh mempunyai anak sebelumnya dan kista hanya pada ovarium sebelah kiri.
    Terima kasih dokter

  8. fittria nitasari says:

    Malem dok, saya nita umur 32 thn dan suami umur 40 thn. Saya sdh menikah selama 12 tahun. Akhir desember 2014 saya melakukan laparoskopi dan akhirnya kedua saluran tuba saya di potong krn infeksi,,saya di anjurkan untuk bayi tabung..apakah saya bisa ikut program bayi tabung di rs gladiol,,

  9. Aldietha says:

    Permisi dok
    Saya pgn skli ikut bayi tabung alami apa bisa
    keadaan suami teratozoospermia normal 3% abnormal 97% uda bermacam obat diminum hasil msh nihil
    Untuk hasil saya(istri)bagus semuanya
    Siklus haid saya 30hari
    Mohon infonya obat apa bagusnya dikonsumsi suami agar sembuh dulu dari teratozoospermia nya terimakasih

    • dr.D says:

      Dear Aldietha
      mohon info untuk usia anda berapa.
      Untuk natural cycle, sangat cocok untuk wanita di bawah usia 35 tahun.
      Terima kasih.
      Dr.D

  10. Elly Mira says:

    Siang dokter. .
    saya usia 37th..thn lalu saya ikut ifv natural tp krn hidosalping saya gagal dokter. .dan dokter menyarankn utk LO ..bulan oktober kmrn saya sudah di LO kedua saluran tuba sudah di potong..test amh saya 10.3ng/ml. yang saya mau tanyakn apakah saya bisa megikuti IfV natural lg dokter..kalo bisa apa saja persiapannya dokter..thx

    • dr.D says:

      Dear Elly,
      tentu saja bisa, silakan lihat pada situs ini mengenai persiapan ivf natural.
      Untuk kasus anda tidak ada persiapan spesifik.
      Kami tunggu kedatangannya

      • Rambu says:

        Pagi pak dokter, sy BT dgn siklus alami dgn 1 embrio grade 1 belah 8 sel..kemarin tes bhcg 37,1..tes pack negatif. Kmrn mlm lwt telp kata dokter melalui suster lanjutin cygest dan tes ulang bhcg 3 hari lg. Apa gak perlu tambah suntik ovidrel lagi? Untuk 3 hari lagi minimal nilai bhcg berapa baru dikatakan aman? Peluang berhasilnya gmna? Trims GBU…

      • dr.D says:

        Dear Rambu Hasil bHCG sebesar 37 memang harus dilakukan evaluasi ulang. Ikuti petunjuk yang sudah diterima, dan semoga berhasil.

  11. Mira says:

    Selamat siang dokter. Saya sudah menikah 4,5 tahun blm dikaruniai anak.tertarik untuk ivf dengan kondisi suami teratozoospermia.6 bln lalu operasi varicocle tapi kualitas sperma justru menurun dan hanya 4% yang bergerak akrif.oleh dr androlog diresepkan zeman dan dirujuk untuk cek FSH dan testosteron.kondisi saya pernah HSG th 2012 tuba paten,rahim retrofleksi dan ada endometritis sudah terapi diatermi dan antibiotik.bulan januari sempat promil dan diresepkan vit e sama metformin.hasil cek telur hr ke10 sebesar 18mm dan 13mm.dengan kondisi seperti kami apa sajakah yang perlu dipersiapkan sebelum mengikuti program ivf?

    • dr.D says:

      Dear Mira,
      Untuk persiapan IVF,
      1. Sperma harus sebaik mungkin (dalam terapi) dan tidak terdapat nilai leukosit di atas normal
      2. Untuk anda sebaiknya dalam keadaan berat badan ideal atau mendekati ideal, tanpa keputihan dan menstruasi teratur.
      3. bacalah link :

      terima kasih

  12. Eugenia says:

    Selamat sore
    Dok. Saya bulan ini insem tetapi gagal. Kalau saya mau mengikuti bayi tabung di rsia gladiol kapan sebaiknya saya kesana? Trimakasih

    • dr.D says:

      Dear Eugenia, sebaiknya anda datang pada hari 2 menstruasi untuk dapat melakukan pemeriksaan dan persiapan bayi tabung. Namun bila waktu anda terbatas silakan melakukan konsultasi via tilp melalui 0293 367800 terlebih dahulu. Terima kasih.

  13. Febri says:

    Selamat siang dokter,
    Setelah baca2, saya tertarik untuk ikut program GIVF Natural cycle. tapi sebelumnya mau Tanya, apakah program tersebut bisa dilakukan dengan cara PESA/TESA (saya kurang paham, tapi maksudnya adalah pengambilan sperma secara langsung oleh dokter, bukan dengan cara dikeluarkan sendiri)? Atau bisa insem dengan PESA/TESA? (mengingat kecukupan dana yang kami miliki saat ini). Jika bisa dilakukan insem namun dengan metode ini maka saya dan suami ingin segera berkonsultasi langsung sesegera mungkin. terima kasih

    • dr.D says:

      Dear Febri,
      TESA hanya ditujukan kepada kasus azoospermia (pria)
      bila anda normal, dan sperma normal, maka anda menyediakan sperma dengan pengeluaran sendiri.

      Terima kasih

      • Febri says:

        dear Dokter yang baik,
        untuk kasus saya karena jumlah sperma suami kurang dari yang seharusnya. dan suami hamper selalu tidak bisa mengeluarkan sendiri. beberapa kali tes sperma gagal (tidak jadi tes) karena tidak bisa dikeluarkan.
        mohon pencerahannya dok

      • Febri says:

        Mohon pencerahannya apakah bisa insem saja atau harus bayi tabung dok di glaadiol ini bila dengan kondisi seperti kami ini.

  14. veny says:

    Selamat siang dok,
    Kami sgt tertarik dengan progran ivf ini dan InsyaAllah dlm wkt dekat berniat u mencoba program ini, latar blakang usia sy 39 suami 40,usia pernikahan 10th bbrp programkehamilan sudah pernah kami ikuti, kecuali inseminasi dn bayi tabung,
    Hasil pemeriksaan 5-6 thn yg lalu
    Hsg -lintas balik kontras jodium,
    Mengisi cavum uteri dn kedua tuba.
    Uterus dgn mukosa licin,kdua tuba licin dfn spell
    Intra ubdominal.kesan uterus baik kdua tuba patent.
    Prolaktin- 18.00
    Progesteron- 6-19
    Siklus menstruasi dibawah 30 hari dn selalu maju 3-4 hari

    Analisis sperma suami
    Teratozoosperma
    11 normal,89 abnormal
    Volume 2.1
    Ph 8.3
    Lekosit 0.2
    Pertanyaanya masihkah ada harapan untuk ikut program ivf dan perlukah pemeriksaan kembali hasl lab tsb?dan adakah obat apa yg perlu dikonsumsi sblmnya
    Mengingat lokasi agak jauh di purwokerto ,persiapan apa yg diperlukan sblm ke sana,mengingat wkt dan biaya.mohon dibantu untuk informasinya
    Terima kasih sebelumnya.

    • dr.D says:

      Silakan mencoba bu, sepertinya tidak ada masalah.

      • reni tiyas ningrum says:

        Dok saya mau tanya,saya dan suami usia 28 tahun,sdh menikah 3thn blm pernah hamil..permasalahan saya adalah saya ada mium subserosum 8cm dan kista 3cm disebelah kanan,siklus haid saya 25 hari..dan suami saya azoospermia..saya dsrh dktr kandungan saya operasi tp saya tkt klo stlh operasi ada mslh lainya..yg saya mau menanyakan..dengan kondisi saya dan suami seperti itu untuk mengikuti proses bayi tabung,saya harus melakukan langkah pertama apa ya dok yg terbaik?apakah operasi untuk menghilangkan mium dan kista dulu atau langsung proses bayi tabung bisa ya?melihat kondisi slama 3 tahun ini mium saya begitu saja dan tidak ada masalah cukup serius yg saya rasakan..

      • dr.D says:

        Kepada Reni Tiyas,
        menurut kami anda bisa langsung melakukan IVF, dengan pertimbangan bahwa myoma subserosum tidak akan mengganggu implantasi embryo, dan kista dapat di atasi dengan pungsi saat OPU.
        Namun demikian harus dilakukan pemeriksaan sebelumnya untuk memastikan hal ini.
        silakan simak juga link-link ini :

        terima kasih
        GIVF Team

  15. Galih says:

    Salam kenal dok, saya galih tahun 2015 bulan november lalu saya pernah mencoba IVF di Penang Malaysia dengn dr. Ng dan berhasil dok..
    kemudian bulan juli saya melahirkan dengan cara SC, tapi Qadarullah usia 23 hr bayi saya meninggal setelah 18 hari dirawat di NICU (kata dokter ada infeksi paru2 dan jantung bocor sktr 5-7mm)…
    Bila skr sy ingin memulai program lagi saya harus datang berapa hari setelah mens ya dok?
    masalah kami suami saya Oligozoospermia

  16. novi says:

    Selamat sore dok, saya ada rencana untuk ikut BT di gladiool bulan maret.

    Terlampir hasil medis saya : mensturasi lancar,saluran tuba paten,HSG bulan januari, LH: 22,72, FSH : 5,99, Prolaktin :19,26,rahim retrofleksi, BMI hampir 29., keputihan ada tapi sejak minum fertilaid sudah jauh berkurang keputihannya.
    Suami Noormzoospemia >50 %, asteno zoospermia <50, dengan gerak cepat 10 % dari konsentrasi 118 juta sperm.

    Bisakah saya ikut IVFdi gladiool, karrena lokasi jauh dijakarta persiapan apa yang harus dilakukan?T
    Saya minum fertilaid dan ovaboost (suplemen dari fairheaven us) , bolehkan diteruskan dok? karena keputihan saya berkurang sejak minum suplemn tsb.

    Terimakasih banyak sebelumnya

    • dr.D says:

      Dengan data FSH<LH dan BMI 29, ada kemungkinan anda mengalami PCOS,
      pastikan masalah ini sudah selesai dan siklus menstruasi normal.
      bila belum normal (26-32 hari) sebaiknya anda berobat dulu ke OBGYN setempat
      terima kasih.

      Dr.D

  17. wida says:

    Selamat siang Dok,

    saya wida 36 tahun, suami saya 34 tahun, kami sudah menikah 7 tahun dan belum dikaruniai keturunan. hasil test HSG tahun 2012 cukup baik, ukuran dan posisi rahim juga baik, hasil sperma suami juga baik, hanya saja ukuran diameter sel telur saya dibawah 2 cm, ukuran terbesar berkisar 1.5 s/d 1.9 cm.

    bisakah saya mengikuti IVF di Gladiool?

    terima kasih,
    wida

    • dr.D says:

      Dear Wida,
      Anda dapat mengikuti program kita.
      ukuran folikel (berisi sel telur) adala dinamis dan akan membesar sampai ovulasi.
      silakan melakukan persiapan dengan memeriksakan diri pendahuluan pada hari ke 2 menstruasi dengan membawa semua hasil pemeriksaan.
      Terima kasih.

      Dr.D

  18. Erya says:

    Selamat malam dok
    Saya Erya..saya pernah tes HSG dan hasil HSG: tampak sekret putih minimal,erosi servix (-),sondasi uterus 5cm.
    X foto polos
    Tidak tampak klasifikasi/opasitas abnormal pada kavum pelvis,dimasukkan kontras melalui catheter pada OUI,tampak kontras mengisi struktur uterus dan tuba kanan kiri,uterus:ukuran kesan normal,dinding reguler,tak tampak filing defek,tuba kanan-kiri:terisi kontras tipis,tdk tampak spill
    Kesan: tuba kanan kiri non patent dan kavum uteri normal.
    Apakah dengan hasil HSG ini,saya bisa melakukan program GIVF Natural Cycle dok..???mohon jawabannya..makasih..

  19. Widya says:

    Salam kenal dok,
    Saya Widya dari Bandung
    Saya berharap sekali bisa melakukan BT di RS Gladiol
    Suami saya suspek Azoo, FSH 291,1 Testoteron 412,2
    Hasil USG Testis small testicular bilateral, Volume testis kanan 1,99 ml, Volume testis kiri 2,09ml , tidak ada tanda-tanda varikokel, refluks kanan kiri negative
    Apakah dengan operasi Tesa, pesa, mesa apakah dengan kondisi tersebut masih ada kemungkinan ditemukan sperma dipabriknya dok
    Mohon dapat dibalas dok Terima kasih banyak

  20. Hera says:

    Selamat siang, saya hera umur 31 suami juga sama 31. Setelah menikah hampir 4th blm dikaruniai momongan. Saya pernah hamil setahun lalu tp BO. Suami kena astheno dan saat ini suami konsumsi infelon&glisodin. Kalo saya pengen ikut inseminasi apa saya harus hsg dulu mengingat saya pernah hamil apa perlu melakukan test itu dok? Bila perlu apa di gladiool bisa untuk melakukan hsg & analisis sp? Terimakasih sebelumnya

    • dr.D says:

      Dear Hera
      Terima kasih atas pertanyaannya.
      HSG bisa dilakukan bila ada kecurigaan adanya perubahan yang mungkin terjadi (menjadi non paten) seperti keputihan hebat atau pada USG nampak kelainan pada adnex/tuba.
      Salam.
      Dr.D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s