Uang Bisa Dicari tapi Usia Tidak Akan Kembali

Saya dan suami sangat mendambakan keturunan selama kurang lebih 7 tahun pernikahan, melalui penantian yang panjang dan berbagai usaha.  Kami sudah pernah berusaha mengikuti beberapa kali program ingin anak yaitu inseminasi pertama pada tahun 2015 di salah satu klinik di Yogyakarta dan pada tahun 2018 kami  mengikuti lagi 4x tindakan inseminasi di klinik X, namun semuanya itu belum berhasil.

Hingga pada akhirnya saya dan suami mengikuti kelas infertilitas di RSIA Gladiool pada bulan November 2018. Setelah mengikuti kelas infertilitas itu, kami memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung di RSIA Gladiool, tentu saja dengan berbagai macam pertimbangan, yaitu selain biaya yang terjangkau, tempatnya pun nyaman, juga pelayanan yang kami rasakan sangat ramah dan memuaskan.

Kami datang berkonsultasi pertama kali pada bulan Januari 2019. Pada saat itu, kami tidak dianjurkan untuk langsung mengikuti program bayi tabung karena ditemukan permasalahan pada hasil pemeriksaan DFI sperma sehingga harus menjalani serangkaian pengobatan dengan dr. Seso Sulijaya Sp.And. Pada bulan Maret 2019, setelah dinyatakan siap untuk program bayi tabung  saya dan suami pun mulai mengikuti prosesnya.  Mulai dari konsultasi awal saat menstruasi hari ke-3, dilanjutkan dengan dilakukan USG awal dan didapatkan 4 folikel antral (kantong telur), kemudian oleh dr. Doddy Sutanto, SpOG diberikan stimulasi berupa obat minum dan suntikkan hormon.

Pada pemeriksaan selanjutnya  saat siklus menstruasi hari ke-10, dilakukan deteksi ovulasi dan didapatkan sebanyak 6 folikel matang. Maka, dokter pun menjadwalkan untuk dilakukan tindakan OPU (pengambilan sel telur) pada menstruasi hari ke-12.

Saat dilakukan tindakan OPU didapatkan 2 sel telur dan pada keduanya dilakukan fertilisasi secara konvensional (sperma dipertemukan langsung dengan sel telur). Setelah fertilisasi, ternyata dari 2 sel telur tersebut hanya ada 1 embrio yang berkembang , oleh karena itu saya dijadwalkan untuk tindakan embrio transfer 3 hari setelah OPU.

Pada proses embrio transfer, Alhamdulillah, tidak ditemukan kendala. Pada hari ke-12 pasca embrio transfer, saya dinyatakan positif hamil dengan hasil pemeriksaan βhcg 160,5.

Saat ini usia kehamilan saya sudah 8 minggu dan dinyatakan sehat. Di usia kehamilan   saat ini, dari pemeriksaan USG sudah terlihat detak jantung janin kami,  hal ini membuat saya merasa bahagia dan semakin bersemangat.

Dalam menjalani setiap tahapan proses bayi tabung,tentu saja saya selalu merasa cemas dan kuatir, namun saya tetap optimis bahwa usaha saya pasti akan berhasil.

Pesan saya untuk pasangan yang belum dikaruniai keturunan “Semakin bertambah usia wanita maka kesempatan untuk memiliki keturunan akan semakin sedikit, jangan mengkhawatirkan soal biaya, karena uang bisa dicari tapi usia tidak akan kembali”.

 

Kesan-kesan saya selama menjalani program di Gladiool IVF adalah saya merasa sangat nyaman, tempatnya tenang dan bersih, semua petugas RS ramah, apalagi suster-susternya ramah yang tiada tara. Bahkan meskipun saya kirim WA malam-malam atau pagi buta tetap dijawab dengan baik untuk semua keluhan saya.

Terima kasih tak terhingga saya sampaikan kepada dr. Doddy, dr. Seso dan para embriolog (dr Dicky, dr Yuda dan dr Ayu) serta para suster di Gladiool IVF atas bantuannya selama ini.

GIVF Baby,  USG kehamilan 8 minggu. 

Kami yang berbahagia, Ratih P dan Bambang E

Advertisements

About dr.D

dr. DS, SpOG, Gladiool IVF RSIA Gladiool
This entry was posted in Bayi tabung mudah dan terjangkau, bayi tabung murah, ivf murah, Keberhasilan bayi tabung GIVF, Persiapan Batab, Persiapan IVF and tagged . Bookmark the permalink.

1 Response to Uang Bisa Dicari tapi Usia Tidak Akan Kembali

  1. ulynuha says:

    assalamu’alaikum mba salam kenal, saya juga divonis bayi tabung oleh dokter, kalau boleh tau habis biaya berapa mba untuk program bayi di RS Magelang ? dan harus menginap di Magelang berapa hari ? saya masih bekerja jadi buat ngatur cuti, terima kasih sebelumnya mba

    Like

Tulis pertanyaan / komentar anda di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.