Our programs

Gladiool IVF mempunyai program yang menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia khususnya Magelang dan sekitarnya.

Menurut pendapat kami, program pelayanan bayi tabung seharusnya tidak menyulitkan, rumit, mengandung risiko atau mahal.

Seperti kita ketahui, program pelayanan bayi tabung pada umumnya,  didahului dengan penentuan protokol yang membebani pasien dengan obat yang bermacam-macam dan program suntikan setiap hari, monitoring yang berulang, serta dapat menempatkan pasien dalam risiko efek samping yang kita kenal dengan OHSS (Ovarian Hyperstimulation Syndrome).  Akibat dari protokol semacam ini akan menempatkan pasien pada tingkat stress yang tinggi, bahkan frustrasi bila terjadi kegagalan, serta tentu saja melibatkan biaya yang besar.

Dengan semangat untuk memberikan ‘kesempatan’ bagi para pasangan infertil untuk mendapatkan pelayanan bayi tabung, maka dengan berbagai pertimbangan kami menyusun beberapa program dasar IVF kami, yaitu :  :

  1.  Natural cycle / Siklus Alami.  Dengan siklus alami, maka telur didapatkan melalui pengambilan dari folikel (kantung sel telur) yang secara alamiah dimiliki setiap masa subur dari seorang wanita yang masih subur.  Dengan metode ini maka tidak diperlukan pemberian hormon yang banyak,  yang biasanya bertujuan mendapatkan sebanyak 10-15 telur untuk dilakukan fertilisasi.  Jumlah suntikan dan monitoring (pemeriksaan dengan dokter) ke rumah sakit secara drastis berkurang, efek samping berkurang, dan tentu saja biaya juga berkurang. Semakin banyak pasangan infertil memilih metode ini, meskipun keberhasilan pada program ini lebih rendah dari ‘protokol panjang’ tapi pada jangka panjang dan dengan pengulangan siklus  menjadi tidak bermakna.
  2. Intra cytoplasmic sperm injection (ICSI), yaitu menyuntikkan 1 sperma ke dalam sel telur agar terjadi pembuahan.  Dengan ICSI maka hanya dibutuhkan 1 sperma untuk membuahi sel telur.  Suami infertil dengan faktor sperma yang berat mendapat manfaat yang tinggi dengan cara ini.
  3. Single embryo transfer (SET).  Salah satu keprihatinan dalam dunia bayi tabung adalah kehamilan ganda atau lebih.  Kehamilan kembar adalah suatu efek samping yang harus dihindari, karena memberikan efek yang lebih buruk terhadap ibu, janin dan keluarga, dibandingkan dengan kehamilan tunggal. Dengan transfer embryo tunggal maka risiko ini dapat diminimalisir hingga mendekati nol. Di banyak negara Eropa, dan Jepang, SET adalah suatu keharusan, dan di sebagian besar negara, memasukkan jumlah embryo dibatasi tidak lebih dari 3.
  4. Invitro Maturation (IVM).  Program IVM kami tujukan bagi para wanita yang mengalami PCO/PCOS (polycycstic ovary syndrome). PCOS diderita sebagian wanita dengan gejala infertilitas, obesitas, haid yang tidak teratur, serta banyak rambut yang tumbuh termasuk kumis, dan kebotakan. Dalam indung telurnya terjadi kesulitan pematangan telur sehingga banyak timbul folikel, namun membutuhkan waktu yang panjang untuk terbentuk folikel dominan.  Dalam kata lain terlalu banyak kantung telur yang ‘setengah matang’ dan tidak ada yang berhasil matang, sehingga ovulasi tidak terjadi.  Dengan IVM maka telur-telur setengah matang diambil dari folikel-folikel tadi, dan dimatangkan selama beberapa waktu di dalam laboratorium. Setelah cukup matang maka telur dibuahi, dan setelah terbentuk embryo dimasukkan ke dalam rahim seperti IVF yang lain.

Pada dasaranya hampir semua protokol yang ada, baik itu Long protocol, Antagonist protocol, IVM, Natural Cycle, mempunyai keuntungan dan kerugian masing-masing, dan tidak ada satupun protokol yang cocok untuk semua orang. Oleh karena itu kami tetap membuka diri untuk berdiskusi bila anda mempunyai pendapat yang lain.

Advertisements

149 Responses to Our programs

  1. karnita says:

    saya sangan berminat sekali melakukan proses bayi tabung tapi kendala untuk saya pada saat ini saya tinggal di bandung dan bekerja..butuh waktu proses berapa lama untuk melakukan program tersebut idealnya? kemudian berapa kah biaya yg harus saya persiapkan untuk proses bayi tabung itu?

    • dr D says:

      Dear Karnita,
      Untuk program yang paling sederhana, hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 minggu.
      Mulai dari DO (hari ke 10), OPU sampai dengan ET bila semua berjalan dengan lancar.
      Biaya total untuk proses bayi tabung ini sekitar 12 juta rupiah
      Silakan hubungi staf kami di 0293 367800 untuk keterangan lebih lanjut.
      Terima kasih.

  2. semara says:

    yth dr D.
    apakah dengan satu indung telur dan hidrosalpingitis pada saluran telor boleh ikut ivf dg prosudur ini? thanks dari semara dps.bali

    • dr D says:

      Dear Semara,
      Untuk satu indung telur, itu sudah cukup untuk mengikuti program ini. Namun bila anda mengalami hidrosalphingitis, maka sebaiknya hal ini diselesaikan dahulu dengan pengobatan yang memadai seperti antibiotik atau melakukan laparoskopik salphingektomi (pemotongan saluran tuba dengan metode laparoskopi)
      Dr.D

      • semata says:

        Dear Dr D klo boleh dok saya minta nama resep antibiotiknya sebab kami sudah bokek utk oprasi setelah oprasi pengangkatan kista .biar bisa biayanya untk ivf digladiool ,terimakasih banyak dok atas jawabanya.

      • dr D says:

        Dear Semata,
        Anda bisa meminum ciprofloxacyn 2 x 100 mg selama lima hari, untuk persiapan sebelum bayi tabung.
        Silakan meminta resep dari dokter pribadi anda.
        Terima kasih.

  3. elisa says:

    Untuk mengikuti IVF ini, sebaiknya pada hari keberapa dalam siklus menstruasi saya mulai periksa?
    Saya pernah di usg, tyt sel telur saya banyak tapi kecil-kecil (±1,4 cm), apakah masih memungkinkan untuk mengikuti program ini?

    • dr D says:

      Elisa yang baik,
      Bila anda memiliki siklus menstruasi yang teratur sekitar 28 hari maka silakan anda datang pada hari ke 10 menstruasi.
      Namun bila menstruasi anda tidak teratur sebaiknya anda datang pada menstruasi hari ke 2 untuk persiapan program.
      Terima kasih.

    • Karnita says:

      Selamat pagi…saya dengan umi..sebelum melakukan proses bayi tabung disana..tes apa saja yang harus saya jalani di bandung untuk mengetahui segala sesuatu nya bagus

  4. karnita says:

    Dokter satu lagi pertanyaan saya saluran tuba saya yg sebelah kiri sudah dipotong karna 2 thn lalu saya program inseminasi tapi mengalami KET apakah saya harus cek lab lagi kalo iya apa saja yg harus diperiksa sebelum program bayi tabung

  5. rahma says:

    Dear dr D, usia saya saat ini 32th dan blm pernah hamil. Semua hasil pemeriksaan normal, oleh karenanya kasus saya ini dikategorikan sbg unexplained infrtlty. oleh dktr saya disarankan untuk inseminasi, yang ingin saya tanyakan apakah dg program ini kita bisa menentukan jenis kelamin bayi serta kemungkinan bayi kembar seperti layaknya dlm program bayi tabung? Mengingat dlm proses inseminasi, ada banyak sel telur yang diusahakan untuk matang dalam waktu yang bersamaan. Mohon pencerahannya dok, saya sangat berharap mendapatkan bayi perempuan, sedangkan suami ingin kami punya anak kembar.

    • dr D says:

      Dear Rahma.
      Bila diagnosisnya sudah unexplained infertility (sudah melakukan pemeriksaan ginekologi,USG,HSG,analisis sperma,dan hormon),
      maka memang pilihan yang ada adalah : pemeriksaan laparoskopi histeroskopi, Inseminasi atau IVF (bayi tabung).
      Untuk pemilihan jenis kelamin adalah tidak di anjurkan oleh karena perlakuan preparasi sperma diarahkan untuk dapat mencapai kemungkinan kehamilan tertinggi.
      Kemungkinan untuk mendapatkan kembar memang lebih tinggi, namun tidak setinggi dengan bayi tabung.
      Dr.D

  6. Miniee says:

    Dear dr d..sy minie dari bali. Sy sudah menikah 6 th dan sampai saat ini sy belum dikaruniai momongan.2 th yang lalu sy sempat LO krn endometriosis.setelah LO sy diminta normal dulu sampai 6 bln setelah 6 bln berlalu belum jg ada tanda2.samapi sekarang dan dr yg menangani y tetap tdk mau lakukan ivf.padahal dulu sebelum LO dilakukan dr menyampaikan ini awal untuk proses ivf.bulan lalu sy sempat konsul ke jkt dan isarankan hsg.kebetulan minggu kemaren sy sempat cek up ke sunway lagoon hospital.ternyata hasil cek up dsna dokter menyampaikan enometriosis berulang dan ada hidrosalpinx ,saran beliau untul LO kembali setelah itu baru 6 minggu kemudian ifv.yang ingin sy tanyakan dng kasus yg sy miliki apakah di glaiool bisa LO dan bisa sy ikut program ifv,krn sy diluar kota apa sebaiknya langkah apa yg harus y lakukan.dan brp biaya ifv di rs gladiool.terimakasi

    • dr D says:

      Dear Miniee,
      Sayang sekali kami belum dapat melakukan LO.
      Rekomendasi saya anda bisa melakukan LO di Klinik Permata hati RS Permata Hati Yogyakarta (sekitar 15-20 juta)
      Untuk biaya IVF Natural Cycle di GIVF sekitar 15 juta rupiah (Tahap I/OPU 5 juta, II/Lab 2 juta, III/ET 5 juta dan pemeriksaan+obat tambahan 3 juta)
      Terima kasih.
      Admin GIVF

  7. auracandra says:

    Maaf dokter,, kalo inseminasi buatan, apa syaratnya dan berapa biayanya? Saya sudah 2x program hamil tp belum berhasil, pemeriksaan hsg kedua tuba paten, rahim normal, retrofleksi, siklus saya teratur 29 hari…suami asthenoteratospermi..

    • dr D says:

      Dear Auracandra,
      bila anda pernah hamil dalam waktu tidak terlalu lama, berarti anda memenuhi syarat untuk melakukan inseminasi intrauterin.
      Dengan inseminasi maka kualitas sperma akan ditingkatkan dalam prosesing sperma.
      Jangan patah semangat, fokus pada meningkatkan kualitas sperma, lakukan semua pemeriksaan dan pengobatan yang diperlukan
      semoga berhasil
      Dr.D

  8. rasmawati says:

    dokter saya dari semarang.. saya ingin mencoba bayi tabung di sini.. Usia saya 22 th. tapi indung kanan saya kena kista 13 cm. dan sebelah kiri KET . tgl 11 mei kemarin saya laparoskopi kista dan KET.
    Tgl 17 juni saya HSG dg kesimpulan : tuba uterina kanan non patent dan amputated tuba uterina kiri (pars cornua)
    keterangan dokter bahwa rahim dan indung kiri saya masih baik dan normal.

    Yang ingin saya tanyakan berapa lama proses bayi tabung di GIVF Magelang mengingat saya tinggal di semarang. dan berapa biaya nya??

    trimakasih…

    • dr D says:

      Dear Rasmawati,
      menilik usia anda yang baru 22 tahun, dan sudah perna hamil,
      maka saya menganjurkan bayi tabung dengan siklus natural, anda bisa menanyakan lebih jauh biayanya dengan menelpon staf kami di 0293367800
      Untuk proses keseluruhan anda bisa rawat jalan sekitar 4-5x mulai dari hari 2/3 mensturasi
      Dr.D

  9. ditya says:

    Dear dr d usia saya 27th sudah menikah 5th suami azoospermia krn kelainan pd saluran cek hormon suami.normal, dan sya sudah pernah program ivf sby tp gagal apakah saya bisa ikut ivf dg natural cycle dan brp biayany?

    • dr D says:

      Dear Ditya.
      Untuk masalah azoospermia memang bukan merupakan hal yang mudah diatasi. Bila kita melakukan biopsi dan berhasil mendapatkan sperma, kualitas yang didapatkan biasanya juga kurang baik. Oleh karena itu untuk meningkatkan keberhasilan fertilisasi maka kita harus menyiapkan banyak telur.
      IVF natural memang bisa dilakukan, tapi akan lebih baik bila menggunakan lebih banyak telur seperti pada program hormon untuk lebih meningkatkan keberhasilan fertilisasi.
      Untuk IVF natural sendiri, tidak ada batasan kriteria pasien yang bisa mengikuti, hampir semua pasien dapat mengikuti program ini. Untuk masalah biaya, silakan menghubungi staf kami di 0293 367800.
      Terima kasih.

  10. Salma says:

    saya juga sangat berminat sekali melakukan proses bayi tabung, saya tinggal di Banjarmasin. Kami sdh hampir 4 tahun menikah dan belum pernah hamil dengan kasus suami OAT, siklus haid saya 28 hari dan tidak ada masalah.yang menjadi pertanyaan saya berapakah biaya yang harus kami siapkan dengan kasus seperti kami ini dok?dan apakah ada biaya tambahan lagi seperti obat dan kontrol Rs? Maklum dok kami harus nabung dulu.trimakasih

    • dr D says:

      Dear Salma,
      Untuk kasus OAT adalah keadaan yang tidak mudah, meskipun dengan bayi tabung sekalipun.
      Derajat keparahan sangat menentukan apakah kita dapat memperoleh embryo yang baik atau tidak.
      Untuk meningkatkan keberhasilan kita dapat melakukan IVF dengan program hormon (short/antagonis)
      Untuk itu ada tambahan biaya sekitar 15-20 juta untuk hanya penggunaan hormon nya saja.
      Sedangkan biaya IVF naturalnya sekitar 15 juta.
      Untuk penjelasan lebih lanjut silakan hubungi staf kami.
      Salam.

  11. Savi says:

    Dear Dokter D, usia saya 39 thn dan suami 42th. 5 bulan yang lalu saya menjalani operasi Myomectomy dikarenakan ada 28 myom. Akhir Juni saya melakukan IVF tetapi gagal. Apakah dengan kondisi saya ini memungkin menjalani IVF alami? bila ya, kapan tepatnya saya menemui dokter (setelah masa ovulasi) untuk memulai program ini?

    • dr D says:

      Dear Savi,
      IVF natural dapat menjadi alternatif untuk anda. untuk itu silakan simak di halaman depan situs ini mengenai persiapan yang diperlukan.
      Salam.

    • dr D says:

      Dear Savi,
      Silakan datang di hari ke 10, dengan sebelumnya minum obat clomiphene citrat 1×2 tablet mulai hari ke 3 sampai ke 7.
      Salam.

  12. Nunung says:

    Saya 34 thn, ada d pernikahan kedua, pd pernikahan pertama ada anak 1 walo waktu itu d diagnosa cyste d saluran telur sebelah kiri, stlah anak berusia 5,5 thn thn 2009 sy operasi cyste karna tidak luntur saat sy melahirkan normal dan membesar ,dan bulan lalu sy cek kandungan tdk ada masalah dan tdk ada cyste lg.
    Usia pernikahan kedua 1,5th tp suami dulu di vonis sperma lemah, shg 13th pernikahan pertamanya tdk ada keturunan. Apa kemungkinan kami msh bisa punya kturunan dgn kondisi suami seperti ini, apa yg bisa kami lakukan sebagai langkah awal untuk mewujudkannya?

    • dr D says:

      Dear Nunung.
      Usia 34 tahun masih termasuk muda dan tidak ada masalah dalam kualitas telur anda.
      Sebaiknya anda fokus juga pada masalah sperma suami anda.
      Silakan anda mengikuti program infertilitas pada dokter spesialis anda terlebih dahulu, atau mengikuti pola pemeriksaan yang ada pada http://www.bloginfertilitas.wordpress.com
      Bila ada masalah yang berat dan terpaksa harus menggunakan program bayi tabung, maka anda bisa menghubungi kami.

  13. Rasmawati says:

    Selamat Pagi dokter..
    Saya ibu Rasma dari Semarang ingin kembali bertanya…
    sebenarnya habis lebaran saya niat mau bayi tabung. namun pd tgl 2 agustus saya stus saya mengalami flek. saya fikir saya hamil soalnya waktu saya tespec hasil positif. padahal saya belum telat haid.
    jadwal haid saya setelah operasi tanggal 9 juni dan 14 juli. Kemudian saya bedrest di RS dan dokter memberi saya dupaston dan obat2 yang lain sebagai penguat kandungan. Namun dokter belum menemukan kantong janin saya dan hasil hcg sangat tinggi (5000) di usia kehamilan yang belum ada 3 minggu dan saya di diagnosa chorio chorcinoma. dan terus melakukan tes torax (hasil negatif) terus tes hcg namun hasil nya selalu turun.
    diaognosa selanjutnya yaitu kehamilan yang tidak diketahui. Dan slama proses itu saya masih mengalami flek dan minum dupaston.

    Akhirnya saya priksa ke dokter lain dan bliau bilang saya tidak hamil namun yang menimbulkan flek itu adalah sisa kehamilan ektopik saya yang belum bersih. Terus saya di beri obat kalnek,Lutenyl dan Adona. setelah saya minum flex jadi berhenti namun saya masih tes hcg dan hasil selalu menurun.
    Yang ingin saya tanyakan,apakah setelah saya haid nanti saya bisa langsung program bayi tabung ya dok??mengingat siklus haid saya setelah operasi belum stabil di tambah dengan kejadian hcg tinggi itu??

    namun sebelum saya hamil. siklus saya normal setiap bulan dapat haid. Saya sudah tidak sabar lagi ingin punya anak. apa obat2an yang telah saya konsumsi itu mempengaruhi kesuburan saya untuk bisa program BT??
    mohon jawaban dan pencerahan nya ya dok.. Terimakasih..

  14. dr.Fitri says:

    Selamat siang,
    Perkenalkan saya fitri sudah menikah 6 tahun lebih dan punya masalah endometriosis.Saya sudah pernah bayi tabung tapi tidak berhasil dengan natural cycle di kota saya sekitar bulan juni 2014 dan tidak ada embrio yang tersisa lagi.Saya butuh informasi untuk bayi tabung di gladiol.Kalau boleh saya ingin bertanya lewat email.Terima kasih.

  15. Lissa says:

    Selamat siang Dokter..
    Saya sangat tertarik dg program bayi tabung yg alami..saya usia 35th suami 49th dan sudah menikah 14th..apakah masih dpt mengikuti program tersebut..bagaimana caranya..saya pernah mengikuti inseminasi 2 kali tapi gagal..atas info dan sarannya saya ucapkan terimakasih.

    • dr D says:

      Dear Lissa,
      IVF Alami ditujukan untuk pasangan infertil dengan kesulitan rendah.
      Kandidat terbaik dari IVF Alami adalah pasangan dibawah 35 tahun, tanpa PCOS, dan hasil analisis sperma baik.
      Sebelum anda mengikuti IVF alami sebaiknya kita periksa dulu hal-hal ini.
      terima kasih
      Dr.D

  16. merry says:

    Dok, mau sharing donk.
    Sy usia 30, suami 35. 5 thn menikah dan blum pny anak, blom pernah hamil jg. Suami varikokel,sudah operasi akhir maret 2014 dan skrg msh konsul ke androlog. Hasil pemeriksaan sperm bln lalu belum menunjukkan perbaikan. Hasilnya msh oligoterato, sama spt blum operasi. 2 thn lalu kami pernah insem dan tidak berhasil krn kendala sperma.
    Siklus mens sy teratur setiap bulannya.
    Mohon sharingnya dok.

    • dr D says:

      Dear Merry,
      Silakan konsultasi dengan dokter Androlog anda, apakah hasil pemeriksaan analisis sperma suami anda masih memenuhi syarat untuk inseminasi intra uterin, atau harus bayi tabung. Dengan tindakan ICSI (penyuntikan sperma kedalam oocyte) maka program bayi tabung lebih dapat menolong dibandingkan inseminasi intra uterin.
      Silakan berkonsultasi dengan staf kami di 0293 367800.
      Salam.

  17. sri says:

    Bisa kah sy ikut program bayi tabung dngn kondisi sy pernah op cesar bulan maret 2013 lalu dngn kondisi janin meninggal diagnosa dr solusio placenta,pernah program hamil 2 siklus tpi blm berhasil… apa langkah awal yg hrus sy lakukan tuk ikut program ini??? Usia sy skr 29 th.. dan kisaran biaya yg hrus sy siapkan krna sy berdomisili di makassar.

    • dr D says:

      Dear Sri,
      tentu saja anda dapat mengikuti program ini.
      Namun perlu dipertimbangkan lagi apakah perlu, karena kemungkinan tidak ada masalah berat sehingga harus mengikuti IVF.
      Untuk biaya silakan hubungi 0293 37800.
      Terima kasih.

  18. natali says:

    Yth dr.D
    Salam kenal dok, sy lia umur 32thn, menikah sdh 6thn tp blm prnah hamil, di vonis pco sm dokter, terakhir sel telurnya 1,8cm..
    Klo suami spermanya bagus..
    Kira2 berapa biaya yg hrs sy persiapkan utk bayi tabung??? Sy domisilu di palu sulawesi tengah…

    Terima kasih infonya..

    • dr D says:

      Dear Natali,
      nampaknya tidak ada masalah besar dengan anda.
      PCO, bila dengan persiapan obat yang baik akan dapat ovulasi dengan normal dan kita dapat menggunakannya untuk IVF.
      Untuk masalah biaya, silakan telpon ke 0293 367800. terima kasih.

  19. Fransine says:

    Yth Dokter D,
    Nama saya Fransine, usia saya 44 tahun, apakah saya masih bisa ikut program BT, saya pernah inseminasi 3x tetapi gagal, waktu itu dokter Androlog suami saya bilang baiknya kalau mau insem, sperma suami harus di bereskan dulu walau sperma banyak tetapi semprotan nya kurang bagus, saya sendiri sejak menikah haid tidak teratur, dokter saya sempet bilang saya endro, saat ini saya minum obat cyclo dan eturol dari dokter karena haid nya tidak keluar selama 6 bulan, jika saya bisa ikut program BT, sebaiknya apakah yang harus kami lakukan terlebih dahulu? Tolong infonya dok. Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Fransine,
      Keberhasilan program hamil termasuk bayi tabung sudah sangat rendah pada usia 44 tahun (karena cadangan telur sudah sedikit dan kualitas telur sudah sangat menurun) oleh karena itu bayi tabung sudah tidak dianjurkan pada usia di atas 42 tahun.
      di beberapa negara (tapi tidak di Indonesia) kasus seperti ini akan diselesaikan dengan program IVF tapi menggunakan donor telur, untuk mencapai keberhasilan yang lebih tinggi. Namun bila anda tetap inging mencoba, maka anda dapat melakukan konsultasi dan pemeriksaan hormonal awal.
      Dr.D

  20. Fransine says:

    Yth Dr. D
    Terima kasih untuk informasinya, jika saya tetap akan mencobanya menurut Dokter baiknya saya ke RS Gladiool nya saat haid hari yang ke berapa ya? kebetulan kami tinggal di Jakarta atau saya tidak perlu untuk menunggu haid? Bagaimana dengan suami saya dok? Karena sudah beberapa kali cek sperma apakah perlu di cek lagi untuk sperma nya sebelum kami mengikuti program Bayi Tabung? karena sempat sperma suami saya ada bakterinya dok, tolong informasinya ya dok supaya saya dapat mempersiapkan segala sesuatu nya sebelum saya berangkat ke Magelang, saya tunggu jawaban dari Dokter.
    Untuk perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

  21. Ernawati says:

    Yth.Dokter D…………saya(36) dan Suami(36) sdah 10 thn blum diberi momongan,terakhir bln jun 13 laparoscofy hasil endometriosis tuba paten bilateral..cek sperma azoospermia dgn hasil cek hormonnormal,bisakah dgn kondisi kami diats lngsng ikut BT diGladiool?

    • dr D says:

      Dear Ernawati.
      Oleh karena suami anda mengalami azoospermia dan profil hormon normal, maka anda bisa langsung mengikuti program ini. Namun anjuran saya adalah dengan protokol antagonis oleh karena pada kasus azoospermia maka kualitas sperma biasanya kurang baik.
      Dr.D

  22. salam kenal dokter,…..
    saya menikah udah 10 tahun kemarin saya HSG dan hasilnya sbb:
    Kavum uteri:posisi retrofleksi,besar dan bentuk normal tidak tampak filling defect
    tuba falopi besar dan bentuk normal tampak spill pada kedua tuba
    post pengecatan tampak sisa kontras dirongga peritoneum
    kesan patent tuba uterina bilateral uterus retrofleksi
    setau saya itu hasilnya saluran tuba normal ya dok tdk ada sumbatan tetapi setelah saya bawa ke dokter hasil hsg tersebut katanya saluran tuba saya tersumbat 22nya katanya dia tdk setuju dgn catatan yg diberikan dokter yg melakukan hsg,dia hanya melihat foto2 hasil hsgnya saja dan saya disarankan untuk bayi tabung
    mengapa bisa berbeda begitu ya dok?? itu membuat saya bingung,… apakah satu2nya jalan untuk bisa hamil dengan bayi tabung??

    • dr D says:

      Dear Rizkia.
      Oleh karena ada ketidak sepakatan seperti itu, menurut saya anda sebaiknya melakukan HSG ulang atau melakukan laparoskopi histeroskopi untuk memastikan hal ini.
      Terima kasih.
      Dr.D

  23. bekti says:

    kalau uterus bicornu dengan tuba keduanya non paten mengikuti program ivf apakah efektif program ini karena sesuai literatur yang saya baca wanita dengan uterus bicornu embrio susah berkembang dalam rahim efeknya bisa prematur atau lahir cacat.
    yang ingin saya tanyakan untuk mengikuti program ini butuh rekonstruksi uterus dulu atau bisa langsung ikut program ivf?
    bagaimana menghitung siklus haid yang benar saya datang bulan tiap bulan tp tidakernah tepat tanggalnya bisa maju 4-5 har?dan haid cuma 3 hari dengan darah sedikit normal apa tidak?
    atas perhatianya saya ucapkan terimakasih

    • dr D says:

      Dear Bekti.
      Sebaiknya hal ini diperiksa dahulu karena kita tahu bahwa derajat uterus bicornu juga bermacam-macam. Semoga saja tidak diperlukan rekonstruksi dahulu dan batab dapat segera dilakukan.
      Tanggal menstruasi memang tidak selalu tetap, namun bervariasi, dan biasanya variasinya tidak lebar kurang lebih 3 hari.
      Yang anda ceritakan mengenai siklus anda termasuk cukup normal.
      Terima kasih kembali.
      Dr.D

  24. lia says:

    Salam kenal dokter…saya org ygy tp skrg tinggal di luar pulau. Tertarik mengikuti IVF natural besok bln feb ini krn memang ada rencana mau ke ygy juga.
    Saya udah 3.5thn menikah tp sampai skrg blm pernah hamil. Haid teratur siklus 30hari, sudah pernah hsg hasil paten,bentuk rahim hyper retro. Suami dulu awal2 ada mslh dgn spermanya tp dilihat hasilnya ama dokter dicky, sperma suami dibilang masih sangat mencukupi utk membuahi dgn cara insem or ivf. Tp kondisi sperma suami skrg udah baik.
    November kmrn inseminasi pertama tp gagal krn sel telur pecah duluan. Kalau dgn kondisi kita skrg ini, antara peluang inseminasi atau ivf natural besar mana y dok? Atau sama saja? Krn y kita masih bingung mau inseminasi lg ato cara lain yaitu ivf natural. Kalau kita mau ikut prog ivf natural, kita datang pas mens ke 2 y dok? Atau langsung h-10? Makasih

    • dr D says:

      Dear Lia, terima kasih atas kepercayaanya.
      melihat usia pernikahan anda saya anggap anda masih muda.
      Bila benar anda masih dibawah 35 tahun dan kualitas sperma tidak terlalu buruk, anda bisa mencoba IVF natural.
      silakan datang hari ke10 dengan tentu saja mengikuti langkah-langkah persiapan IVF di GIVF
      Terima kasih

  25. Lidia Pribadi says:

    Yth. Dokter D…
    Usia saya saat ini 35 th dan suami 37th, kami sudah menikah hampir 7th dan belum pernah hamil
    Saya pernah operasi Thyroid Juni 2008 setahun kemudian saya tes hormon Thyroid hasilnya hormon Thyroid saya normal dok…
    November 2013 saya pernah laparoskopi dg hasil endometriosis dan kedua tuba paten kemudian saya suntik endrolin 3 kali dan berakhir di bulan februari 2014… Mens sy kembali datang di bulan april 2014 dengan siklus saat ini 24-32 hari..
    Obat yg selalu sy konsumsi Dyphten 10 tablet dpt menghasilkan 2-3 sel telur walopun terkadang ada satu sel telur yg kurang bagus apabila sy mengkonsumsi dyphten hanya 5 tablet maka tidak ada sel telur yg berkembang…
    Analisa sperma suami teratozoospermia dg antibodi sperma negatif

    Yang ingin sy tanyakan…bisakah saya melakukan program bayi tabung dengan Natural Cycle dok..? Dihari ke berapa saya datang ke Gladiol..?

    Terimakasih sebelumnya dok

    • dr D says:

      Dear Lidia,
      Bila memungkinkan, keadaan teratozoospermia sebaiknya ditingkatkan untuk mendekati normal dengan berkonsultasi dan berobat ke dokter Andrologi.
      Namun bila itu sudah maksimal, maka anda dapat mengikuti program bayi tabung natural, dengan sebelumnya mengkonsumsi dipthen dan datang hari ke 10 menstruasi. terima kasih.
      Dr.D

  26. ira says:

    Dear dr.D…
    saya ira, saya pco, dl haid saya tidak teratur, tetapi setelah promil haid saya mulai teratur, tetapi sel telur tetap belum maksimal besarnya. saya pernah insem 1x sebulan yang lalu tapi saya gagal. saat ini saya tidak promil lagi.
    apakah saya bisa langsung program bayi tabung? sebaiknya saya konsul pada hari ke berapa? karena saya dari luar kota magelang. thx.

    • dr D says:

      Dear Ira,
      Selama menstruasi dapat teratur maka anda dapat memulai program bayi tabung.
      Untuk memastikan hal ini silakan datang di hari ke 2 menstruasi.
      Termin kasih.
      Dr.D

  27. Retno says:

    Yth. dr. D.. Perkenalkan saya retno, 27 tahun, suami 29 Thn.
    tgl 11 april 2015 kemarin hasil hsg kedua tuba non patent. hasil pemeriksaan transvaginal bulan bulan sebelumnya bagus. hasil analisa sperma suami juga normal.

    yang ingin saya tanyakan, kira2 solusi untuk kasus saya yg paling efektif apa ya Dok? trimakasih bnyak..

    • dr D says:

      Dear Retno,
      Pertama-tama lakukan pemeriksaan ulang HSG mungkin di tempat berbeda, semoga hasilnya menunjukkan hal yang baik (tuba patent). Bila memang terbukti non patent, dua hal yang menjadi pilihan, yang pertama adalah laparoskopi operatif untuk mengetahui lebih jauh keadaan didaerah ginekologi sekaligus melakukan tindakan bila diperlukan. Yang kedua adalah menjalani program bayi tabung (IVF).
      Terima kasih.

  28. elisa says:

    Dear dr.D
    Saya berusia 32th dan suami 30th. Pada pernikahan pertama saya memiliki 2 putra lewat kehamilan alami th2001 dan th2007. Thn 2011 sy mencoba ivf dan gagal. Setelah itu disarankan laparoskopi krn adanya hidrosalfing dan kista untuk mengangkat kista dan pada proses itu kedua tuba saya dipotong. Sehingga dokter menyarankan untuk ivf kembali. Katanya kali ini akan berhasil krn semua sudah dibersihkan. Kista sdh tidak ada dan hasil lab cairan di tuba biakan negatif. Hari ini sy konsul ke dokter saya dan katanya semua ok by usg. Informasi lainnya suami sy sekarang memiliki sperma kategori teratospermia hasil pemeriksaan 2011 yg lalu. Pertanyaan sy apakah natural cycle bisa diterapkan dlm case sy? Mengingat keterbatasan biaya dan sy sangat mengharapkan buah hati di pernikahan kedua sy ini. Tks atas perhatiannya.

    • dr D says:

      Dear Elizabeth,
      seberapa berat teratospermia yang diderita suami? bila memungkinkan sebaiknya diperbaiki dahulu. Bagaimanapun juga kualitas sperma bertanggung jawab terhadap 50% keberhasilan kehamilan.
      Dr.D

  29. Fathony Muenif says:

    Saya berminat ikut bayi tabung.salah satu tuba saya buntu.Dan sel telur saya tidak matang bila tidak diberi obat penyubur.suami kondisi sperma bagus.says sudah 2 Kali insem tapi gagal.apakah saya bisa ikut program bay I tabung Dan langkah pertama yang harus saya lakukan apa.trimakasih

  30. saya sudah punya anak satu kelas 2 smp, istri usia 45th tp masih haid teratur, kami ingin ikhtiar bayi tabung, kami paham dg usia istri seperti itu akan sangat beresiko, mohon saran dari tim dokter. Terima kasih.

    • dr D says:

      Bpk Agung dan istri,
      Risiko yang terpenting adalah usaha progam ini akan gagal. Berdasarkan statistik, kemungkinan keberhasilan sangat kecil sehingga dinyatakan hampir tidak mungkin berhasil pada wanita usia tersebut. Untuk kami, kita pada umumnya sudah tidak mencoba untuk wanita diatas 42 tahun.
      Mohon maaf atas jawaban ini
      Terima kasih kembali.

  31. Chirlie says:

    Dear Dr. D Yth,
    Begini dok saya sudah pernah LO tahun lalu krn endometriosis dan adenomiosis dan hasilnya kedua tuba mjd bagus kembali namun krn adenomiosisnya masih ada jd kl dtgbulan tetap menyiksa . Terakhir saya konsultasi dg dokter diterapi endrolin selama 6 bulan hingga april dan sampai skrg blm datang bulan juga. Dengan kondisi seperti ini apa saya bisa lsng ikut program BT di gladiool ivf ? Kira2 prosedur apa yg terlebih dahulu harus saya jalankan mengingat jauhnya jarak dari bengkulu . Terimakasih

    • Pipih says:

      Dear Dr D. Yth
      Sy pasien dktr yg kmrn kena polip endometrium . Kmrn sy sdh menjalani hysteroscopy office dg Dr. Widad di Sardjito dan disaranin kontrol pd h+1/ h+2 haid yg akn dtng. Sblmny sy di usg tv lg utk menentukan hysteroscopy atw laparoscopy. Alhmdllh kata beliau tdk ada kecurigaan
      hidrospalnx. Yg ingin sy tanyakn klo nanti saat DO rahim sy udah dinyatakan bersih dr polip apa sy bisa lngsng mulai program ivfn ny? Atw akan ada pemeriksaan lain lg? Protokol mana yg baik utk kami mengingat sperma suami sy OAT berat? Jika teknikny menggunakan ICSI apa ada biaya tmbhn lg dok? Brp kira2?
      Sblmny kami ucapkn trm ksh utk jawaban nya.

  32. lita says:

    Dear Dr.D,

    Sy baru saja HSG. Hasilnya Uterus bentuk bicornu. Dinding baik tidak tampak filling defek. Kontras tampak mengisi kedua tuba sampai ke distal, spill positif. Ujung distal kedua tuba fallopi sedikit melebar. Kedua tuba patent. Hidrosalpings bilateral ringan. Saat ini saya sedang dirsepkan ciprofloxacin 2x @500mg sehari. Tidak ada mion maupun kista.

    Yang mau saya tanyakan :
    Apakah kondisi rahim saya sulit untuk punya anak Dok? Dan apakah memungkinkan untuk IVF Dok? Trimakasih banyak atas bantuannya Dok.

    • dr D says:

      Dear Lita,
      Uterus bicornu bukan penghambat untuk hamil, dan bukan kontra indikasi untuk IVF
      Bagaimana dengan pemeriksaan yang lain ? apakah memang harus bayi tabung ?

      • reynita says:

        Terinakasih sekali dok untuk waktunya menjawab pertanyaan2 kami.. untuk pemeriksaan selanjutnya hanya disarankan untuk histeroskopi office dan hidrotubasi. Syukurlah klo bentuk uterus tsb tidak berpengaruh. Karena jika saya lihat di wacana2 internet seperti tampak menghawatirkan dengan bentuk rahim seperti itu. Katanya akan bisa menyebabkan keguguran pula jika hamil. Sekali terimakasih dok atas waktunya.. semoga amal baik dokter berlimpah2..amin

  33. Selamat sore dr D,
    Saya tertarik utk program inseminasi/BT di rs gladiol. Usia saya dan suami 28 th.km sdh menikah 4,5 th namun blm dikaruniai keturunan dan blm prnah hamil,siklus saya sekitar 26-28 hari.kedua tuba paten/ tdk ada sumbatan namun retrofleksi,rahim bersih,sdh prnah cek sel telur hr ke 13 ada 4 ukuran diatas 20mm.sperma suami normo namun positif aglutinasi. Apakah sy hrs mencoba inseminasi dahulu ato bs lgsg BT dgn natural cycle mengingat usia pernikahan kami yg sdh tdk saatnya lg coba2? Hari kbrpa sy bs dtg krna saya tdk tinggal di magelang? Brpa biaya yg hrs saya persiapkan utk inseminasi/BT tsb? Dan apakah saya bisa sekaligus program bayi kembar dokter? Terima kasih

    • dr D says:

      Dear Griyaputriayu.
      Untuk usia anda masih muda, jadi tetaplah bersemangat.
      Anda bisa melakukan inseminasi terlebih dahulu (menurut WHO, inseminasi 4x tidak berhasil maka dinyatakan gagal dan bisa IVF)
      mengingat tidak nampak masalah yang berarti.
      Untuk program dan biaya, silakan hubungi kami di 0293 367800

  34. dilla says:

    Dokter sy dila 25 thn
    Dok saya sdh menikah 2.5 thun
    Dan smpe skrg sya blm jg hamil
    Sekarang saya sdg promil dgn dr.rizani amran spog(k)
    Sy sdh cek hormn trnyata sya pco
    Dan suami sdh cek sperma fan ternyta suami kualitas sperma ny kurang baik
    Sya sdh promil selama 3 bln
    Dan obat yg dineri dokter untuk sya inlacin100 mg 2×1 dan glisodin 1×1
    Dan untuk suami torrex 450 mg 3×1
    Ini sdh hampir 3 bulan sy program blm ad tnda2 kehamilan
    Sy berniat utnk prgram bayi tabung
    Untuk kasus saya it biasanya butuh waktu berapa lama dab biayanya brp y dr kira2
    Terima kasih dokter sebelumnya

    • dr D says:

      Dear Dilla,
      permasalahan anda berdua adalah PCOS dan masalah sperma.
      Pengobatan PCOS bertujuan membuat ovulasi yang baik, ditandai dengan menstruasi teratur.
      Biasanya memerlukan beberapa bulan menstruasi teratur sampai telur yang dihasilkan menjadi baik dan siap dibuahi.
      Untuk masalah sperma, setelah mendapat terapi harus dimonitor apakah sperma sudah membaik atau belum. bila belum, evaluasi lebih lanjut penyebab dan terapi yang sesuai. Bila terapi sesuai maka diperlukan waktu minimal 3 bulan untuk peningkatan kualitas sperma.
      Jadi anjuran saya… silakan evaluasi lagi… bila memang dengan semua terapi masih belum membaik.. anda bisa mencoba bayi tabung.
      Untuk bayi tabung alami, silakan mencoba setelah menstruasi anda teratur minimal 3 bulan dengan pengobatan seperti di atas.
      Untuk masalah biaya silakan hubungi staff kami di 0293 367800
      Terima kasih kembali

      • dessy says:

        Dok.. Saya dessy.. Saya punya masalah PCO dan sudah berbulan bulan tidak haid. Dulu saya pernah insem Dok.. Cara supaya mens dulu dikasih promolut plus femara dan pas dimonitor dulu sempat ada telur yg bagus dgn cara seperti itu walau belum berhasil hamil. Pertanyaan saya apakah saya dapat mengikuti BT dengan metode pancingan haid dan telur seperti waktu insem dulu lagi? Suami saya spermanya baik Dok. Demikian mohon jawabannya Dok. Terima kasih..

      • dr D says:

        Dear Dessy, tentu saja bisa.
        Syarat yang diperlukan adalah anda bisa menstruasi dengan teratur dengan menggunakan femara/CC dan metformin, paling tidak 2 bulan. Bila itu sudah terjadi maka bulan ke 3 silakan datang ke GIVF.
        Terima kasih.
        Dr.D

  35. dr. Kartika says:

    Selamat malam dokter D.
    Saya mau konsul dok, saya sudah menikah selama 6 bulan, dr awal saya memang sudah di vonis PCOS. Suami sudah periksa sperma dan ada kelainan dlam bentuk sperma nya dgn jumlah normal morfologi nya 3%.
    Hasil AMH saya 17 dok, resistensi insulin dan GDP dalam batas normal.
    Saya sudah konsumsi obat Clomiphen 2×1 tetapi telur tidak merespon, lalu saya minum obat Femara 1×2,5 mg juga tidak ada respon telur tdk matang. Ukuran terbesar hanya 11-13 mm.
    Bagaimana solusi untuk kasus saya dok?mohon balasan dan jawaban nya. Terimakasih banyak

    • dr D says:

      dear dr.Kartika.
      Perlu diingat bahwa pengobatan PCOS adalah dengan CC dan Metformin, dan dilakukan penyesuaian dosis sampai terbukti berhasil atau gagal.
      Bagaimana pemeriksaan ulang setelah ukuran terbesar mencapai 11-13 ? apakah dilakukan atau tidak ?
      Bila anda masih bisa menstruasi tanpa dipacu (hanya dengan CC dan metformin) maka berarti ada telur yang dapat matang dan ovulasi.
      Dr.D

  36. krist says:

    Dear Dr Dr..
    Saya krist usia 29 suami 34.. sudah 3 tahun mnikah.jan 2012 dikuret krn janin tdk berkembang..sept2014 keguguran spontan. Saya didiagnosa pco. Haid tdk teratur. Hasil test hcg kedua tuba paten. Analisa sperma suami normal. Jika sy ingin promil kembali..apakah saya bisa mengikuti Ivf Atau program apa yg Dr sarankan utk saya. Terimakasih

    • dr D says:

      Dear Krist, masalah PCO adalah masalah kelainan hormon dan kualitas telur yang dihasilkan sehingga janin sulit berkembang.
      Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hal ini namun saran saya sederhana :
      1. Turunkan berat badan bila berlebih
      2. Olah raga aerobik teratur
      3. Rutin menjalani terapi dengan klomifen sitrat dan metformin (tentu saja dengan pengawasan dokter OBGYN)
      4. Jangan ragu untuk mencoba hamil.
      Good luck
      Dr.D

      • dessy says:

        Dear dr.D

        Saya punya masalah PCO berat dimana mens saya sangat jarang dan hanya dapat dipacu dgn primolut baru bisa mens. Apakah saya masih bisa BT di tempat dokter? Usia saya saat ini 35 thn. 5 thn lalu sempat insem dan telur sempat membesar dgn femara. Sperma suami normal Dok. Gmn menurut dokter ? Terimakasih atas jawabannya.

      • dr D says:

        Dear Dessy,
        Silakan menyimak posting saya yang terbaru berikut :
        Menurut saya, silakan mencoba melakukan induksi ovulasi dengan klomifen sitrat dan metformin, bila berhasil (menstruasi datang tepat waktu), datanglah pada hari ke 2 mens berikutnya.
        terima kasih.
        Dr.D

  37. Lisma dari dewi says:

    Saya usia 35 tahun,pada tahun 2007 saya hamil dan keguguran,tahun 2010 saya hamil kembali tp KET dan tuba kanan saya dipotong,tahun 2011 saya hamil lg dan KET lagi tuba kiri saya di potong jg,akhir tahun 2014 saya program BT di klinik ivf morulla jakarta dgn dr ivan tp belom berhasil.siklus haid saya tidak teratur.apa bisa saya mengikuti program natural cycle dok,mengingat kami belom ada cukup dana lagi utk program bayi tabung seperti sebelumnya.makasih utk jawabannyo dok.

    • dr D says:

      Dear Lisma,
      Seperti yang telah tertulis pada halaman saya yang lain :
      maka silakan mencoba IVF natural, namun dengan catatan bahwa menstruasi harus teratur. Bila belum teratur sebaiknya di periksa lebih lanjut (status hormon) untuk mengetahui penyebabnya, sehingga terapi dapat sesuai.
      Terima kasih.
      Dr.D

      • Marlin pangaribuan says:

        Dear dr.D
        Saya Marlin usia 35thn suami 37thn, 5thn yg lalu saya sudah pernah melahirkan secara normal tp umur 3 bln anak saya meninggal dan setelah itu saya blm hasil lg dan kami sudah pernah insem 2X gagal, pengecekan semua kata dr bagus hasil HSG jg dan sperma suami jg bagus dan skrg sedang program di RSCM mereka menganjurkan bayi tabung mengingat biayanya yg cukup mahal kami msh menunggu, menurut dokter apakah kami bisa mengikuti bayi tabung natural cyrcle ini dok?mohon sarannya
        Terimakasih

      • dr.D says:

        dear Marlin,
        bila semua tidak ada masalah, saya kira tidak ada salahnya untuk mengikuti NC IVF,
        silakan menyimak di link :
        terima kasih
        Dr.D

  38. Novita Magdalena says:

    Yth. Dr. Doddy,
    Dok, saya nikah thn 2007, saya sudah konsul ke bbrp dokter, dokter menyatakan saya PCO, haid tidak teratur, meski saya konsul ke bbrp dokter, saya tidak kunjung hamil. Di awal thn 2014, secara alami saya hamil, saya melahirkan secara normal jg pd nov’2014. Namun di akhir april 2015, Tuhan panggil anak sy kembali, dikarenakan PJB. Saya terpukul sekali dok, tp saya tahu, saya harus bangkit lg. Saya ingin sekali melakukan program bayi tabung. Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

    • dr.D says:

      Dear Novita, sungguh sedih saya mendengar hal tersebut.
      Apakah anda kegemukan/ada keturunan DM?
      karena kedua hal tersebut menjadi risiko anak PJB.
      BIla iya, turunkan berat badan. PCO akan membaik dan kehamilan berikutnya akan sehat.

      Dr.D

  39. Bunda nur says:

    Met malam dok, saya ingin sekali hamil dok,, usia saya 35 thn, dokter memvonis sy terkena miom msh kecil di rahim.. Setiap mens rutin, deras skali shingga 2 hari awal mens sakit sekali. Sy haid 4-5 hari bersih. Apakah sy bisa hamil lg dok,, dgn bantuan proses bayi tabung alami, apa yg harus sy lakukan dok? Sy sangat ingin hamil dok.. Trimakasih team dokter..

    • dr.D says:

      Myoma yang perlu dioperasi/dilakukan tindakan adalah myoma sub mukosa.
      silakan memeriksakan diri dan menilik ke 4 hal : sperma, tuba, vagina dan uterus, serta ovarium dan hormon.
      semua harus dalam keadaan sehat agar kehamilan dapat terjadi.

  40. Vieka says:

    Dear dokter D,

    Usia sy 31 thn dan suami 34 thn, telah menikah hampir 7 tahun dan belum pernah hamil. berdasarkan pemeriksaan yg telah sy lakukan selama ini, akhirnya ditemukan kalau ASA (anti sperm antibody) dan ANA+.
    Berdasarkan keterangan beberapa dokter itu berpengaruh terhadap belom pernah terjadi kehamilan pada sy. Namun ada beberapa dokter yg tdk mempermasalahkan hal itu. Sy sangat tertarik dengan program BT di RS Gladiol. Apakah dengan kondisi sy ini bisa ikut program natural cycle tsb dok?
    Terima kasih atas penjelasannya.

  41. haryanto says:

    Halo saya saya ingin tanya. Istri saya ada sumbatan pada kedua tuba falopi nya. Padahal dalam hal rahim bagus.telur bagus.sperma saya bagus. Haid kadang telat kadang tidak. Pertanyaan nya apakah yang nama nya ada sumbatan pd salutan tuba falopi di haruskan operasi laparoskopi dulu dan tidak bisa langsung program IVF? Brapa biaya laparoskopi dan IVF? Apa yang terjadi jika tidak melakukan laparoskopi dan malah langsung program iVF.terima kasih banyak di tunggu info nya

    • dr.D says:

      Kepada bpk Haryanto,
      Untuk sumbatan, maka perlu dipastikan ada tidaknya hidrosalfing, yang hal ini menjadi faktor penyebab kegagalan bayi tabung.
      Jadi bila ditemukan hidrosalfing, maka perlu dilakukan tindakan terlabih dahulu dengan pemotongan tuba.
      Dr.D

  42. Ayu aprina says:

    Saya 22tahun sudah 1thun menikah tp blum hamil dan sudah kedokter kandungan berulang ternyata suami saya yg bermasalah karna spermanya tidak berkualitas. Apakah bisa saya ingin mendapatkan keturunan dgn program bayi tabung dengan umur 22tahun Dok?

    • dr.D says:

      Dear Ayu,
      bukan tidak bisa atau tidak diperkenankan untuk mengikuti program BT,namun menurut saya sebaiknya kita perlu evaluasi dasar menyeluruh dan melakukan terapinya dan mengusahakan kehamilan spontan dahulu. Bila memang ada penghalang yang nyata maka BT bisa menjadi jawabannya.
      Terima kasih.

  43. Ratih says:

    Dr D Yth. Saya dari jogja usia 32th tb/bb 163/44kg dan suami 36th. Kami menikah sudaj 4th, pernah dinyatakan hamil sebulan stl nikah tp abortus spontan tnp kuret usia 7w. Stlh itu belum hamil juga, tahun ke-2 program di spog dg CC 3x siklus belum berhasil, istirahat bbrp bulan dan coba lg dg blesifen sampai 3x belum berhasil juga. Tahun ke-3 niat mau inseminasi tp saya terkena hipertoroid subklinis shg diminta tunda program sama dokter penyakit dalam yg merawat saya, setahun terapi ptu alhamdulillah terkendali dan tes t4, TSHS selalu normal. Ini tahun ke-4 diijinkan dokter sp.pd promil, okt ’15 kemarin saya inseminasi (dengan diphten, suntik puregon 2x didapat 9 sel telur serta sperma after wash 24jt) tapi gagal..sedih..krn usia sudah kepala 3. Diminta coba lg insem tapi sy berpikir BT natural cycle ini peluangnya lebih besar dari IB. Apakah sy bisa mengikuti BT natural cycle ini dok? Atau dg BT antagonis? Mana yg terbaik unt kami?
    NB. Hasil usg transv saya normal, hsg tuba paten+retrofleksi, tes torch normal, mens teratur tiap bulan siklus 27/28 hari sblm IB sdgkan bulan IB jadi 30 hari…suami normosperma. (Apakah saya perlu LO atau cek hormon dulu dok?) trims..

    • dr.D says:

      kepada Ratih,
      membaca riwayat ibu,
      Sebaiknya kita fokus pada hasil pemeriksaan sperma.
      hasil tersebut dapat untuk menjadi dasar pertimbangan apakah kita akan melakukan inseminasi atau bayi tabung.
      Dr.D

  44. Siwi_Jayati says:

    Sy usia 33, suami 34, sudah 9 th menikah tp blum dikaruniai momongan, setahun lalu inseminasi tp gagal, sebulan setelah insem malah telat 17 hari tp krn kecapean gagal lg, dlu pernah periksa hsg sy gak ada masalah, sbelum insem jg suami sy normozospermia, jd klo ingin bayintabung di gladiol apa memenuhi syarat, dan apa yg harus dipersiapkan, apa yg perlu di periksa lg sy dan suami. Trimakasih

    • dr.D says:

      Dear Siwi,
      Anda berumur 33 tahun dan suami normozoospermia,
      anda memenuhi syarat untuk bayi tabung natural
      Terima kasih kembali.

  45. sari says:

    Kalau riwyt mens tidak teratur tp tidk ada pco bgm??? Bs pakai yg natural kah??
    Sama.. Kl sesudah BT apa bnr2 hrs bedrest?

    • dr.D says:

      Harus ditemukan penyebab lain selain PCO, seperti misalnya gangguan hormon Hipogonadotropin, hiperprolaktin, atau masalah tiroid.

  46. Marda Pratomo says:

    Dear dr D,
    Usia saya dan suami 27 tahun.
    Usia pernikahan 2 tahun.
    September 2015, saya abortus spontan krn BO usia 9w.
    Oktober – januari menstruasi hanya 3x, siklus 40-50 harian, tiap mens promil dgn spog minum profertil dan terakhir dgn genoclom.
    Sampai saat ini blm berhasil.
    Ada saran program apa yg bisa sy ambil di gladiola?
    Dan kira2 berapa biaya dan berapa lama ya ? krna sy dari luar magelang
    Thanks

    • dr.D says:

      Kepada Marda Pratomo,
      Untuk masalah anda sebaiknya melakukan pemeriksaan hormon untuk menentukan apakah penyebab utama dari menstruasi yang jarang tersebut. Hal ini berkaitan dengan beberapa penyebab gangguan yang masing-masing memerlukan penanganan khusus.
      Untuk itu periksalah FSH, LH , Prolaktin, Testosteron dan TSHs dan bawa hasilnya ke dokter OBGYN anda untuk evaluasi dan pengobatan.
      Setelah menstruasi anda lancar dan ovulasi terjadi setiap bulan maka anda dapat memulai program di gladiool.
      Terima kasih. Salam.

  47. amita says:

    salam kenal Dok.D
    saya melakukan insem jan 16 lalu,tp blm berhasil. sekarang sy merasakan perut begah sangat,susah BAB dan mengganggu. apakah ini normal unt pasien insem gagal? dan apa solusinya unt mengurangi ketidaknyamanan di perut.
    untuk selanjutnya,lbh baik sy cb lagi insem atau lgsg cb BT? riwayat sy pernah BO thn 2014 lalu.
    trm ksh Dok.D

  48. jenny says:

    dear dr D,
    saya umur 43 tahun, suami 45 tahun, menikah 5,5 tahun, belum punya anak.
    2 kali ikut inseminasi tapi gagal, suami terato.
    saya ada kista coklat di kiri 3,8 cm.
    apakah bisa mengikuti BT di gladiol? terimakasih dokter

    • dr.D says:

      Dear Jenny,
      sebenarnya kita sudah tidak menganjurkan untuk BT pada usia wanita di atas 42 tahun karena keberhasilan yang rendah.
      Namun bila anda ingin mencoba silakan datang pada hari ke 2 menstruasi dengan membawa semua data yang ada.
      Dr.D

  49. Haniez says:

    Dear dr D
    Saya positif antibodysperma,,dan tuba saya yang satu non paten,apa tindakan yang harus dilakukan

    • dr.D says:

      Dear Haniez,
      beberapa yang bisa dilakukan :
      1. INseminasi saat ovulasi terjadi di sebelah tuba yang paten
      2. IVF
      3. Melakukan konsultasi ke dr Androlog untuk pengobatan antibodysperma

  50. A.P. Paramita says:

    Dear dr. D….

    saya usia 35th, suami 37th, usia perkawinan 6 th.
    Saya mengalami: End Tubal Blocked, harus dilakukan laparascopy neosalpingostomy/ fimbrioplasty untuk membuka saluran telur yang tertutup.
    Bisakah saya lakukan di Gladiol & bisakah saya mendapat perkiraan biaya?

    Terima kasih

  51. wulan says:

    Dear tim dokter,

    Saya mau tanya untuk proses bayi tabung kurang lebih butuh biaya sekitar berapa ya? kondisi suami saya azoo dengan fsh rendah. katanya harus operasi pesa tesa, tidak ada volikel.
    sedangkan saya sendiri belum ada cek, cuma dulu usg biasa ada endometrium. tapi kata dokternya tidak ada masalah untuk kehamilan.
    siklus menstruasi saya teratur dan tidak ada keluhan sakit pada saat mens.
    Mohon informasi untuk biaya bayi tabung,tes yg harus dilakukan dan operasi pesa tesa.
    terima kasih

    • dr.D says:

      Dear Wulan, bila suami anda Azoospermia dengan FSH rendah, dia bisa melakukan terapi dengan FSH terlebih dahulu.
      Pada beberapa kasus kekeurangan hormon FSH, bila mendapat terapi dapat memunculkan sperma dan tidak perlu PESA TESA
      terima kasih

      • wulan says:

        terapi hormon itu bagaimana ya dok, dan bisakah sekali konsul langsung terapi. untuk biaya sekitar berapa?
        karena suami sekarang baru kerja diluar jawa..
        mohon informasinya, terima kasih

  52. tika says:

    Dear dr
    Usia saya 28 dan suami sy 29
    Sy sdh prnah operasi laparoskopi krn hidrosalping.dan sudah dipotong satu.dan suami saya azoospermia karena sumbatan hasil cek hormon LH 4.57 ,FSH 7.09, Testosteron total 4.64 ,apakah bs mengikuti progam ivf digladiol?sebaiknya untuk kasus azoospermia sprti suami sayasaya bagaimana?

  53. Dinda Ramadhan says:

    Salam kenal Dr. D,
    Saya Dinda, domisili di jakarta, umur 35 tahun, sudah 6 tahun menikah, dan belum dikarunia anak, saya sudah mengikuti promil alami sebanyak 2 kali, karena saya penderita PCOS jadi harus di boost dengan obat penyubur dan suntikan pregnyl, namun promil gagal, dan saya disarankan untuk inseminasi, sebelum insem saya ingin berganti dokter kandungan, who knows ada penanganan yg lebih tepat untuk saya, saya penderita PCOS tapi haid lancar dan teratur, tuba paten dan tidak ada penyakit dalam apapun seperti kista, miom dsb, hanya keputihan yang tidak berbau dan sdh berobat namun hilang dan keputihan datang lagi, sperma suami baik. Saya dan suami berkeinginan untuk mengikuti program IVF-SA di Klinik Gladiool, semoga Dr. D dan tim dapat membantu nantinya, terimaksih.

    • dr.D says:

      Dear Dinda,
      bila anda menstruasi teratur maka dipastikan anda tidak mengalami PCOS
      silakan datang pada hari ke 2 menstruasi dengan membawa hasil analisis sperma dan HSG.
      Pastikan tidak ada keputihan/infeksi/cervicitis

      Terima kasih

  54. Jeffrey says:

    Selamat sianh dokter…..
    Apakah pcos yg bayi tabung sebaiknya short/long protocol? Apa lebih baik pakai teknik ICSI?
    Apakah penderita pcos butuh penanganan lebih setelah positif hamil?
    Lab apa sajakah yg harus dilakukan setelah dinyatan positif hamil bagi penderita pcos n prolactin tinggi?
    Maaf kami menanyakan beberapa hal sekaligus… kami butuh banyak informasi karena harus menyiapkan dana nya
    Trimakasih atas bantuannya

    • dr.D says:

      Untuk kasus PCOS dan Prolactin tinggi, sebaiknya melakukan terapi hormon/perbaikan gaya hidup sampai siklus normal 2-3 siklus sebelum melakukan bayi tabung.
      Hal ini karena PCOS dan prolaktin menyebabkan kualitas telur tidak baik sehingga bila dipaksakan pada siklus pertama akan mendapatkan telur dengan kualitas tidak baik.
      Salam.
      Dr.D

  55. Vina says:

    salam sejahtera untuk tim GIVF Magelang, sy sangat tertarik dengan program unggulan RSIA Gladiool. kami tinggal di Sulawesi Tengah, kami sda menikah 8 Tahun dan belum dikaruniai keturunan, Sy 37 Tahun & suami 38 Tahun. sy memiliki siklus haid yg tidak teratur ykni 60 hari. sy sngt sdih dgn keadaan ini. Dokter, apakah keadaan sy sperti ini msih ada harapan untuk hamil. jika memungkinkan kami mngikuti prog di gladiool, brp biaya yg harus kami siapkan &brp lama waktu yg harus kami jalani. kmi sngt memohon jawaban dari dokter, Trima kasih.

    • dr.D says:

      Dear Vina
      Untuk mengetahui pasti apa penyebab dari siklus yang tidak teratur ini, anda memerlukan pemeriksaan hormonal dan terapi sehingga menstruasi dapat sekitar 30 hari.
      bila ini sudah tercapai maka kita dapat melakukan bayi tabung.
      Untuk hal hal lainnya silakan tanyakan pada staf kami di 0293 367800

      Terima kasih.

  56. Tyo says:

    Dok. Ak mw tanya ak suami penderita oligoo.. n ud treatmen blm ad kmajuan.. apakah bs bayi tabung lgs? Sperma cm 3 jt dgn tingk normal 20%.. istri tdk ad mslh

    Tlg jawabanny ya dok

    • dr.D says:

      Bisa bu.
      Silakan hubungi staff kami untuk merencanakannya.
      GIVF

      • Dinanti says:

        Dear tim dokter
        Sy 25th suami 28th
        Kami 1,5th menikah. Sy pernah hamil 9w keguguran kena pendarahank trus selama 1 minggu stlh itu diputuskan utk kuret. Siklus haid sy lancar smpe skrg 27/28hr.
        Sy sdh pernah cek pasca kuret hasilnya semua bagus, hanya suami blm cek sperma.
        Program apa yg harus kami jalani dok? Dan brp lama wkt yg diperlukan serta biaya? Karna kami berdomisili di luar jawa. Trims.

      • dr.D says:

        Silakan mencoba hamil lagi dengan obat-obat yang memperbaiki sperma dan penyubur.
        Saya kira anda berdua tidak akan kesulitan untuk hamil.
        Dr.D

  57. Ana says:

    Selamat pagi dok sy Ana dr papua, usia 27 suami 28 nikah sdh 6thn, sept 2015 Lo krn kedua tuba nonpatent birateral dan hidrospling, tp tuba gak d angat cm d sedot sj cairannya, tuba kiri terbuka tp kanan sdh gak bsa, 3 Bulan konsumsi pnyubur tp blm rejeki, slama 8 Bulan tdk konsumsi apa2, sperma hasilx normal dan sjak Lo siklus sy jd pendek 25/26 hari saja (sblm Lo siklus 30/32 hari)..
    Yg mau sy tnyakan apakah cocok utk program natural ini dok, dan haid ke brapa bisa program mengingat posisi sy jauh d papua.. Mohon jawabanx dok.. Terimakasih..

    • dr.D says:

      Cobalah untuk memeriksa dengan USG transvaginal pada hari ke 10, apakah masih ada hydrosalphing, bila sudah tidak ada, bisa diprogram IVF NC pada bulan berikutnya.

  58. Sulistya Warni says:

    Selamat malam dokter, saya Sulis (35thn) dan suami (37thn), kami menikah selama 7 tahun dengan keluhan haid saya tidak teratur dan Mei 2016 saya harus kuretase karena suspect Hyperlasia endometrius, namun hasil PA menyatakan irregular shedding. Kami mendapat treatment dari SpOG cyclo-progynova dan vitan untuk 3 siklus, dan haid saya menjadi 26-30 Hari saja dan telah teratur. Hasil HSG menyatakan kedua tuba patent bilateral dengan rahim anteflexi. Namun hasil SA suami teratozoospermia dengan normalnya hanya 3%. Sedangkan hasil SA lainnya normal. Kami tinggal di Surabaya, namun kami tertarik until ikut natural IVF di Gladiool Karena faktor biaya dan tingkat persiapanya yang alami. Apakah kami bisa mengikuti natural IVF? Jika bisa, berapa biaya yang harus kami siapkan? Hal hal apa yang juga perlu kami siapkan? Kapan waktu terbaik untuk memulai program? Terima kasih dokter

    • dr.D says:

      Dear Sulistya,
      untuk IVF siklus natural harus diupayakan bahwa anda sudah menstruasi normal (siklus 26-32 hari ) tanpa obat.
      bila belum silakan konsultasi dan terapi dengan dokter anda terlebih dahulu.
      persiapan berikutnya adalah sperma dalam keadaan tidak terlalu buruk, untuk itu sebaiknya melakukan treatment terlebih dahulu kepada dokter spesialis andrologi.
      Bila ternyata sperma sudah tidak dapat diperbaiki lagi, maka saat itu bisa memulai IVF natural.
      Salam
      terima kasih kembali

  59. Asih says:

    Yth. Dr. D
    Dok saya asih 28th dan suami 34th, kami sudah menikah 7th,bsaya sudah pernah terapi obat untuk endometriosis, tp ternyata suami saya azzospermia, dari hasil tes darah dan hormon hasilnya bagus, tp sperma kosong / azzospermia, stlh kami konsul periksa ke dr.androlog danbkemudian dirujuk ke dr.urolog akhirnya bulan kemarin suami operasi tured, tapi setelah suami melakukan tes analisa sperma lagi setelah operasi ternyata hasilnya masih azzospermia, dokter menyarankan untuk bayi tabung, dengan kondisi kami, apa masih bisa dok? Dan berapa biayanya? Trm kasih dok,

  60. Purwani says:

    Selamat malam dokter, sy purwani dari semarang, sudah hampir 2th menikah, suami d vonis azospermia dg fsh dan testosteron dalam batas normal, hasil usg testis epididimis kiri tampak lebih besar dibanding kanan, ada gambaran varikokel kanan, riwayat spondilitis sekitar 5tahun yang lalu pengobatan selama 6buln, sedangkan saya belum disarankan untuk cek lab, dll.. Saran dr dokter spesialis andrologi adalah byi tabung…pertanyaan saya dok,
    1. Apakh bisa kami melakukan PESA/TESA bila ada sperma kemudian di frozen?(mengingat kami dalam keterbatasan biaya sehingga tidak bisa langsung untuk program bayi tabung)
    2. Berapa lama batas penyimpanannya sperma yg telah dibekukan?
    3. Berapa biaya untuk operasi TESA/PESA dan berapa biaya penyimpanan sperma?
    4. Berapa hari yang dibutuhkan untuk proses PESA/TESA mengingat kami harus bekerja?
    5. Berapa biaya bayi tabung dengan kasus seperti saya?
    6. Berapa lama proses bayi tabung, mengingat saya harus minta libur?
    7. Apakah proses bayi tabung bisa ditentukan 1bulan sebelumnya? (mengingat permintaan cuti harus 1bulan sebelumny)
    Terima kasih dokter, mohon penjelasannya…

    • dr.D says:

      Kepada Purwani dan suami,
      silakan klik link di sini :
      untuk pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya tanyakan langsung pada staf kami di 0293367800 pada hari dan jam dinas
      terima kasih.

  61. Luciana deasy widiasari says:

    Mohon informasi untuk biaya program IVM berkisar berapa ya?
    Karena saya divonis dokter kena pco dan pernikahan kami sudah berjalan 6 tahun lamanya.
    Terimakasih 😊

    • dr.D says:

      Dear Luciana,
      sebaiknya kita melakukan pengobatan PCOS dengan benar sebelum meneruskan kepada IVF.
      PCO yang dikelola dengan tepat sebagian besar dapat memberikan hasil yang memuaskan.
      terimakasih

      Dr.D

  62. Hara says:

    Dear Dr. D,
    Usia saya dan suami 31 tahun, sudah menikah selama hampir 2 thn, dan dari awal pernikahan sampai sekarang saya ikut program kehamilan. Saya didiagnosa PCOs oleh 2 dokter SPOg di kota saya (Bandar Lampung). Haid saya memang tidak teratur sejak gadis dok. Saat ini saya masih menjalani terapi hormon dg konsumsi Norelut. Saya ingin sekali hamil mengingat usia saya yang sudah diatas 30 tahun, dan tertarik untuk ikut IVF. Saya ingin tahu berapa kisaran biaya total IVF untuk kasus PCOs seperti saya dengan sel telur kecil2 dan sulit matang ini? Mohon informasinya. Terimakasih

    • dr.D says:

      Dear Hara,
      PCOS adalah salah satu dari penyebab infertilitas.
      Problem PCOS harus diselesaikan tersendiri sehingga anda mendapatkan telur matang, dan bila problem infertilitasnya hanya PCOS maka ada kemungkinan anda akan bisa hamil.
      Setelah PCOS membaik maka Inseminasi/IVF bisa di lakukan untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.
      PCOS yang tidak diobati akan mengurangi keberhasilan IVF.

      Salam, Dr.D

  63. agung says:

    dok mau tanya… istri saya saluran tubanya 22 nya mengalami infeksi kemudian sudah dioperasi. dan 22 nya diangkat apa bisa ikut program ini… kalau bisa biaya nya brpa

    • dr.D says:

      Dear Agung,
      Tuba non patent bilateral adalah alasan utama untuk bayi tabung.

      Untuk biaya silakah hubungi 0293 367800
      Terima kasih

      • Rahma says:

        apakah harus dilakukan tubektomi terlebih dahulu dok apabila memiliki kasun tuba non patent bilateral sebelum tindakan IVF?

      • dr.D says:

        Tidak perlu, kecuali terdapat hidrosalfing (yang akan mengakibatkan program bayi tabung tidak berhasil).

  64. Ayu says:

    Halo.. Saya 36th,suami 40th. Annalisa sperma suami normal. tuba non paten,siklus hair normal. Kapan says bisa mulai BT? Berapa hari harus tinggal di magelang? Biaya?

  65. diva says:

    Dokter,suami sy di diagnosa obstruksi duktus ejakulatory. Tp sdh dilakukan TURED. Tp knp hasil analisa spermaNy msh azoo? Apa sdh dinyatakan pasti infertil? Trima ksh

    • dr.D says:

      Dear Diva,
      Aakah sudah dicoba pengambilan sperma dari epididimis melalui proses PESA?
      bila kita bisa mendapatkan sperma itu, kita bisa menggunakannya untuk bayi tabung

      Salam
      Dr.D

  66. Iche says:

    Halo dok,
    Saya 7th menikah belum diberi momongan, umur sy 30, sy pco dengan saluran tuba kanan yg tersumbat. Suami umur 32th, sy OAT ringan. Kami disarankan untuk mengikuti bayi tabung. Bisakah kami mengikuti program BT di RS. Gladiool IVF? Terimakasih.

    • dr.D says:

      Dear Iche,
      Tentu saja bisa.
      Kita harus memberikan terapi agar PCO dan OAT tidak mengganggu keberhasilan BT.
      Terima kasih

      Dr.D

  67. Lia says:

    Apakah bisa program pemilihan jenis kelamin karena saya sudah memiliki 3 orang putri, bagaimana peluang keberhasilan dan biaya nya? Trims

    • dr.D says:

      Dear Lia,
      untuk masalah ini kita harus berbicara langsung karena banyak hal yang harus dibicarakan.

      Terima kasih.
      Dr.D

  68. irma says:

    Assalamualaikum Dokter D, umur saya 28 tahun, sudah dikaruniai 1 orang anak umur 3,5 tahun. Setelah kelahiran anak pertama saya, ternyata ada hidrosalphing di kedua tuba dan harus dipotong, apakah kami bisa proses bayi tabung alami tanpa tambahan hormon? kebetulan saya tinggal dan bekerja di bandung, berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk proses BT? dan berapa perkiraan biaya BT untuk saat ini? terima kasih

    • dr.D says:

      Dear Irma.
      Selama anda siklus anda teratur, dan analisis sperma suami anda cukup baik, maka anda bisa melakukan IVF(BT) siklus natural
      Untuk waktu yang dibutuhkan, sekitar 3 minggu (4 kali pertemuan rawat jalan pada hari ke 2, 10, 12 dan 16 siklus menstruasi)
      Untuk perkiraan BT siklus natural silakan menghubungi Gladiool IVF di 0293 367800

      Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s