Why Natural IVF?

Natural cycle, atau siklus alami  merupakan salah satu protokol bayi tabung yang sangat friendly, safe and affordable.  Sejauh ini Gladiool IVF adalah satu-satunya klinik bayi tabung yang mengutamakan pelayanan siklus alami. Kami berkepentingan dalam memberikan pelayanan bayi tabung yang Simple and Affordable (sesuai dengan visi-misi kami).

Pasangan yang melakukan menjalani siklus natural mendapatkan pelayanan bayi tabung yang sederhana, mudah, tidak menyulitkan, aman dan dengan biaya hampir 25% biaya bayi tabung pada umumnya.

INDIKASI

Siklus natural cocok untuk hampir semua pasangan. Hanya pasien dengan siklus  menstruasi yang tidak teratur atau wanita dengan PCOS akan menghadapi kesulitan untuk menjalani siklus natural oleh karena masalah penentuan ovulasi.  Pada kasus-kasus ini maka diperlukan sedikit tambahan hormon untuk memastikan pematangan folikel dan memastikan penjadwalan deteksi ovulasi.

Pria dengan masalah sperma yang berat, dapat turut serta menjalani program ini, berkat bantuan tindakan yang disebut ICSI (Intracytoplasmic sperm injection).  Namun pria dengan Azoospermia, harus mendapatkan tindakan TESA atau biopsi testikular agar kita bisa mendapatkan paling tidak 1 sperma hidup untuk dapat melakukan ICSI.

PRAKONDISI

Beberapa prakondisi yang harus dimiliki oleh pasangan yang akan menjalani siklus natural adalah sangat mudah.  Hanya diperlukan wanita dengan siklus menstruasi yang normal serta pria dengan sperma hidup, bagaimanapun kualitasnya.

TAHAPAN

Untuk menjalani 1 paket pelayanan bayi tabung pada satu siklus menstruasi, hanya dibutuhkan hanya 4 kali kedatangan. Setiap kali kedatangan hanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 jam di klinik, tanpa rawat inap.  Hal inilah yang membuat program ini menjadi sangat simpel. Pasangan hanya meluangkan waktu sedikit untuk menjalani program IVF ini.

1. Monitoring/deteksi ovulasi. (dilakukan pada hari dan jam kerja poliklinik).

  • wanita dengan siklus yang normal (28-30) hari, datang pada hari 10/11 menstruasi
  • siklus 25-27, datang pada hari 9 menstruasi
  • Siklus > 30 hari, datang pada hari 12 menstruasi
  • Pemeriksaan dilakukan di Klinik Obsgyn RS.Gladiool. (telp. 0293 367200)

2. Injeksi pemasakan akhir

  • Untuk dapat memastikan jadwal OPU, maka diperlukan injeksi pemasakan akhir agar kita bisa mendapatkan telur/oocyte matang yang siap panen. Waktu yang tepat adalah krusial karena OPU yang terlalu awal akan mendapatkan oocyte yang belum matang, sedangkan bila terlambat maka OPU tidak dapat dilakkukan.
  • Waktu injeksi biasanya adalah 30-34 jam sebelum jadwal OPU
  • Injeksi dilakukan di UGD oleh perawat.

3. Ovum Pick Up (OPU)

  • 3 jam sebelum OPU dilakukan, suami diminta untuk menyediakan spermanya agar dapat diproses terlebih dahulu sebelum digunakan untuk membuahi telur.Telur diambil dengan menggunakan jarum suntik melalui vagina dengan panduan alat ultrasonografi.
  • Tindakan pengambilan 1 buah telur ini  termasuk tindakan yang ringan dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit. Tidak diperlukan pembiusan untuk tindakan ini.
  • OPU biasanya dilakukan setiap hari kerja sekitar pukul 14.00-15.00, sehingga pasien diminta datang pukul 11.00 (untuk menyediakan sperma)
  • Bila terjadi OPU rescue atau emergency, maka  dilakukan di luar jadwal tersebut, dan dengan perjanjian terlebih dahulu.

 

4. Embryo transfer

  • Embryo transfer dilakukan bila kita berhasil mengembangkan embryo sampai dengan morula (hari ke 3) atau blastula (hari ke 5)
  • ET dilakukan sekitar pukul 14.00-15.00 setiap harinya atau diluar itu sesuai perjanjian.
Embryo

Embryo 8 sel

Embryo Blastocyst

 

TINGKAT KEBERHASILAN

  • Tingkat keberhasilan IVF siklus alami lebih rendah dibandingkan IVF stimulasi, oleh karena kita hanya mengandalkan 1 buah oocyte setiap siklus.  Namun demikian pada jangka panjang, keberhasilan untuk tiap pasangan akan dapat lebih tinggi karena pada dasarnya siklus natural memerlukan usaha dan biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan siklus stimulasi.
  • Pengulangan program dapat setiap bulan (dibandingkan pada IVF stimulasi harus menunggu 2-3 bulan kemudian untuk mengulang program), sehingga keberhasilan per pasangan dan per tahun menjadi cukup tinggi.
  • Angka keberhasilan sebuah klinik bayi tabung sangat bervariasi, hal ini dipengaruhi oleh banyak sekali faktor.  Diantara faktor-faktornya  yang penting adalah 1) kualitas laboratorium. 2) protokol yang digunakan. 3) manajemen pelayanan.
  • Tingkat keberhasilan IVF pada umumnya sangat bergantung dari usia sang istri seperti tabel di bawah ini, dibagi untuk setiap pengambilan oocyte (OPU). Rujukan*
<35 35-37 38-40 41-42
Pregnancy Rate 47.6 38.9 30.1 20.5
Live Birth Rate 41.4 31.7 22.3 12.6
  • Tingkat keberhasilan siklus natural pada umumnya dibagi berdasarkan setiap tindakan transfer embryo (ET) oleh karena kita hanya mendapatkan 1 telur untuk setiap OPU (dibandingkan pada sekitar 10 pada protokol pada umumnya). Dan ini akan sangat masuk akal  bila penghitungan tingkat keberhasilan siklus natural berdasarkan per embryo transfer. Rujukan*
<30 30-34 35-39 40-44
Pregnancy Rate 35.3 51.7 36 27.4
Live Birth Rate 35.3 37.9 28 13.7

KEUNTUNGAN

Terdapat 7 keuntungan dari protokol siklus natural ini, yaitu :

  1. Menurunkan risiko efek samping dan komplikasi akibat obat kesuburan (OHSS).
  2. Menurunkan lamanya waktu terapi dan lebih aman. Karena protokol ini  hanya mengambil satu telur, maka waktu yang dibutuhkan untuk persiapan, monitoring dan tindakan lebih singkat.
  3. Saat pengambilan telur (OPU), tidak diperlukan pembiusan, sehingga risiko komplikasi, dan biaya anestesi menjadi tidak ada.
  4. Mencegah kehamilan kembar. Karena hanya mengambil satu telur dan mentransfer satu embrio, maka risiko terjadinya kehamilan kembar adalah kurang dari 1 %.
  5. Biaya lebih terjangkau. Biaya menjadi  kurang dari 50% dibanding IVF konvensional. Pasien dapat berhemat sekitar 20-30 juta rupiah setiap siklus.  Selain itu juga menghilangkan stres dan ketidak nyamanan akibat suntikan yang dilakukan tiap hari.  Menurut survey, biaya total yang diperlukan untuk 1 kehamilan hanya sekitar 25% dibandingkan IVF stimulasi.
  6. Mengurangi kunjungan ke klinik. Rata-rata pasien hanya membutuhkan 2-4 kali kunjungan selama IVF-SA, dibandingkan 6-7 kali kunjungan pada IVF konvensional.  Hal ini membuat pasangan dapat ‘hidup dan bekerja normal’ saat program berlangsung.
  7. Tidak tergantung pada usia pasien, tingkat FSH dan jumlah folikel antral.  Kami mempunyai tujuan untuk mengambil satu telur, membentuk satu embrio yang baik untuk menghasilkan satu bayi sehat.

Keterbatasan

  1. Karena hanya satu folikel, maka saat dilakukan OPU/pengambilan telur,  kita  mungkin tidak mendapatkan telur atau telur yang ada tidak berkembang menjadi embryo yang sehat.
  2. Karena hanya mempunyai satu telur, kami tidak mempunyai embryo ekstra untuk dipilih atau untuk simpanan.  Namun jika pasien menginginkan menyimpan beberapa embryo, kami dapat membekukan embryo dari siklus-siklus sebelumnya sebelum melakukan transfer embryo.
  3. Dibutuhkan rata-rata beberapa 1-2 siklus lebih banyak untuk menghasilkan kehamilan.
  4. Pada beberapa penelitian, dibutuhkan sekitar 5 kali OPU untuk mendapatkan 3 buah embryo baik dan menghasilkan 1 buah kehamilan.
Advertisements

92 Responses to Why Natural IVF?

  1. Kadek agus Kurniawan says:

    Sangat menginspirasi Dan membantu sekali GIVF

  2. thary says:

    sudah 1 tahun lebih saya menikah tapi belum di beri keturunan pdhal saya tidak KB. yang akan saya tanyakan selain program bayi tabung apa ada yang lainnya ? Karena usia saya 23thn apa mungkin untuk program bayi tabung ? Kira-kira untuk program butuh waktu/ke gladiool nya berapa kali ya ? Terimakasih

    • dr D says:

      Dear Thary,
      Tentu saja, anda belum memerlukan program bayi tabung. Bahkan mungkin anda belum memerlukan tindakan apapun.
      Yang anda dan pasangan anda yang perlu lakukan adalah pemeriksaan infertilitas dasar.
      Silakan kunjungi dokter spesialis Obsgin untuk berkonsultasi untuk hal ini.
      Beberapa pemeriksaan untuk pemeriksaan infertilitas dasar adalah analisis sperma, pemeriksaan ginekologi dan saluran tuba serta pola menstruasi.
      Silakan kunjungi kita di http://www.bloginfertilitas.wordpress.com untuk menambah informasi seputar hal ini.
      Regards,
      Dr.D

  3. widia says:

    yth Dr D…

    untuk suami yang sperma normal. persiapan apa ya untuk mau program ivf natural. mungkin minum obat / suplement apa spy sperma hasilnya lebih bagus . trimakasih dok…

    • dr D says:

      Kepada Widia
      Untuk sperma yang normal, sebenarnya tidak perlu persiapan yang berlebihan, silakan datang di hari menstruasi ke 10 untuk memulai program IVF-N

      Salam, Dr.D

  4. Mawar says:

    Dear Dr Dody

    Saya mau bertanya, kalau suami mengalami permasalahan sperma seperti asthenospermia apakah ada obatnya dan apakah benar dapat menjalani bayi tabung ? dan untuk menjalani bayi tabung ini apakah perlu mengecek kesuburan dengan lab ?

    • dr D says:

      Dear Mawar.
      Penurunan kualitas sperma tidak serta merta harus diselesaikan dengan bayi tabung, namun tergantung banyak hal. Derajat kualitas sperma sangat berarti, demikian pula penyebab penurunan kualitas sperma menjadi pertimbangan prediksi keberhasilan terapi. Bila kualitas sperma sangat buruk dan penyebabnya adalah multifaktorial, maka pilihan terbaik adalah dengan bayi tabung.
      Bisakah anda menuliskan hasil AS dengan lebih lengkap?

      Terima kasih.
      Salam. Dr.D

  5. indah says:

    kenapa waktu pengambilan telur cuma satu telur tidak lebih??

    • dr D says:

      Dear Indah.
      Pada umumnya pada siklus natural kita hanya mendapatkan 1 telur (atau maks 3 telur bila menggunakan obat klomiphen sitrat)
      sebenarnya bila ternyata terdapat lebih dari 1 folikel (kantong telur) maka kita tentu saja berusaha mengambil semuanya agar kemungkinan fertilisasi dan kehamilan lebih tinggi. namun oleh karena pada umumnya 1 folikel maka kita hanya berharap 1.
      DS

      • Afe says:

        Maaf dok mohon dikoreksi jika saya salah. Jd apabila pada saat kita mau opu ternyata ada lebih dari 1 (misal ada 2 atau 3) sel telur maka semuanya akan diambil untuk diproses selanjutnya? Jika dari 2 atau 3 sel telur yg diambil tersebut semuanya berhasil berkembang sesuai yg seharusnya maka semuanya akan diproses lebih lnjut lg? Atau tetap hanya diambil 1 saja dan diproses lbh lnjut jg cm 1 saja walau ketiganya berhasil berkembang?

      • dr.D says:

        Dear Afe,
        Kami akan ambil semua telur dari folikel yang lebih dari 14 mm
        Dan kami memasukkan maksimal 2 embryo kualitas baik, atau 3 embryo dengan kualitas sedang
        terima kasih

  6. tutiek says:

    Selamat sore dok…sy mau nanya , kasus sy tuba non patent….dokter menyarankan sy untuk repair tuba….rahim sy bersih gak ada kista , miom atau yg lain dok..siklus haid sy 25-28 tiap bulan y…suami normal apa sy bisa ikut program bayi tabung dengan siklus normal dok…makasih

  7. rasmawati says:

    dear dokter dodi..

    dok,sy pasien dr SMG yg di jadwalkan opu hari senin tgl 19 jan kmrn..sejujurnya amat sangat disayangkan kemarin sy tidak bisa melanjutkan OPU krn tiba2 suami tdk bisa mengeluarkan sperma.. n pd sore hari jam 7 sy cek pake vertitest sudah positif n jelas skali.. syg skali tdk bisa melanjutkan opu pagi hari krn telur sudah pecah..

    Dok,yang ingin sy tanyakan,apakah sy dan suami harus ttp meminum obat folas dan biosan??
    dan apabila sy ingin melakukan program bayi tabung bln dpn,apa sy harus minum DIPTHEN dan FOLAVIT lg ya dok?atau minum yg lain??
    mohon jwban n penjelasan nya ya dok.. terima kasih..
    senang bertemu dokter.. 🙂

    • dr D says:

      Dear Rasma.
      Kami juga kecewa karena kejadian tersebut, namun kami juga sangat dapat mengerti kendala psikologi yang biasa terjadi.
      Untuk obat suplemen silakan diminum dan obat dipthen dan folavit dapat diminum bulan depan untuk persiapan batab.
      Terima kasih.
      Dr.D

      • rasmawati says:

        dear dr D..
        dokter hari ni saya sudah haid tgl 3 feb. siklus saya jadi 27..
        Pertanyaan sy apakah sy bisa kesana hari ke 8 ato tetap hari ke 9 ya dok??
        melihat siklus sy jd pendek sekali.. sedangkan bln lalu 30..

        trima kasih atas jawaban nya dok..

  8. ratih says:

    hello dok,
    saya 36 Dan Suami 43 rencana mau ivf dg kondisi Suami a steno zoos permit, verikokel grade 3 Dan Fragmentasi DNA kurleb 70%.. haid saya siklus 27-28 Dan hanya berlangsung 3 hari, apakah dengan kondisi tersebut bisa berhasil melalui ivf. thanks dok

    • dr D says:

      Ratih dan suami hello juga.
      keberhasilan dari bayi tabung adalah hasil dari pengaruh berbagai macam faktor.
      Untuk anda 2 hal yang menjadi ancaman adalah usia anda dan keadaan sperma suami anda.
      Saya sangat merekomendasikan untuk melakukan operasi varicocele sebelum atau bersamaan dengan program ivf.
      Kita harapkan kualitas sperma membaik dan fragmentasi DNA berkurang untuk dapat meningkatkan keberhasilan.
      Dipihak anda, untuk mendapatkan telur yang baik dapat digunakan cara stimulasi ovulasi dengan hormon supaya kita bisa lebih berpeluang mendapatkan telur yang baik (karena kita mendapatkan telur yang banyak.
      Dr.D

  9. dini says:

    salam kenal dok…sya 30 thn…memiliki pcos . bs kah sya ikut program bayi tabung siklus natural? trimakasih jawabannya dok

    • dr D says:

      Dini,
      Salah satu syarat IVFN adalah menstruasi teratur baik karena obat maupun tidak.
      Bila anda menstruasi teratur sekitar 28-32 hari (bisa dengan bantuan obat CC) maka anda dapat melakukan IVFN.
      terima kasih. Dr.D

  10. Linda Herlina Dewi S says:

    Proses IVFN ini dengan ICSI atau tdk?

    • dr D says:

      Kita memiliki kemampuan untuk ICSI (bila fertilisasi konvensional tidak memungkinkan)
      Untuk keputusan ICSI atau IVF Konvensional, ada pada para embryolog.

  11. Petra Ardhy says:

    Selamat siang Dok, kl low AMH bs ga ya Dok…

    • dr D says:

      Dear Petra,
      Untuk AMH yang rendah, bila anda masih mendapat menstruasi yang teratur maka IVF NC dapat dilakukan.
      Namun IVF dengan suntikan hormon tidak akan menghasilkan banyak telur.
      Dr.D

  12. yoenie says:

    Dear dr D…
    salam kenal, saya dari Kaltim, usia 31 th, dengan riwayat KET 3 tahun yang lalu.
    Yang ingin saya tanyakan program apa yang baik buat kami ? dan apakah kami bisa ke klinik gladiool pada H15 ? karena saya mau lihat sel telur di kaltim dulu. dan kalau ukuran sudah bagus baru saya ke Gladiool.
    Sebagai info hasil HSG : uterus dan uterina kanan normal. Tuba uterina kiri non paten dengan obstruksi pada pars ampularis.
    Papsmears : Polio tertutup, licin, fluor albus
    dan untuk suami :kesimpulan spematologi : Normozoospermia
    Adapun siklus haid sya per 30-32 hari, dengan waktu haid 3-4 hari.
    terimakasih dr D.

    Salam

    • dr D says:

      Dear Yoenie,
      Sangat riskan bila anda datang pada hari ke 15, dikuatirkan waktu ovulasi sedang berlangsung atau sudah lewat dan kita tidak akan bisa melakukan pengambilan telur untuk IVF natural cycle.
      Saya anjurkan anda datang di hari ke 10 dengan sebelumnya minum obat penyubur (lihat di
      Terima kasih.
      Dr.D

  13. fayzabajry says:

    Selamat pagi dok .. Sy fayza dr bali. Mau konsul mengenai natural ivf. Sy mens teratur siklus 27 -30 hari. Januari 2015 sy pernah program batab di bali berhasil. Tapi usia 10w janin dinyatakan tidak berkembang dan harus dikuret. Apakah sy bisa mengikuti program natural ivf ? Bisa dijelaskan mengenai biaya keseluruhan dok. Mohon dijawab Terimakasih..

    • dr D says:

      Dear Fayza.
      Tentu saja anda dapat mengikuti IVF natural.
      Silakan hubungi Gladiool IVF 0293 367800 untuk penjelasan lebih lanjut
      Salam.

  14. rasmawati says:

    dear dr Dody..
    dok,sy mau mngucapkan terima kasih kpd dokter dan smua rekan2 dokter n suster yg telah membantu sy dlm program BT ini..trima kasih atas usaha n playanan yg sangat baik..

    kemarin tgl 16 maret sy priksa k dr Syarif yg mnangani BT di SMG… Alhamdulillah sy sudah hamil normal usia 6 week n kantung sudah klihatan.. rasanya senang sekali..
    smua berkat kasih syg Alloh SWT kpd kami n berkat usaha dokter n tim jg.
    doakan khamilan sy lancar ya dok hingga melahirkan .. aamiinn..

    • dr D says:

      Dear Rasmawati dan Suami.
      Setiap mendengar kabar bahwa pasien kita berhasil hamil, kami segenap tim ikut merasakan kebahagiaan yang sama dan tentu saja memanjatkan doa puji syukur kepada Tuhan YME. Semoga kehamilan Abu diberikan kelancaran sampai dengan kelahiran sehingga bayi yang dilahirkan sehat sempurna.
      Terima kasih.
      Tim GIVF

      • Pipih says:

        Dok sy pipih pasien dokter yg kmrn dinyatakan ada polip endometrium dan hrs kuret di hari 1-3 haid. Yg ingin sy tanyakan apakah stlh sy dikuret pd siklus haid skr bisa lngsng ikut baytab nya? Apakah benar stlh kuret biasanya hormon tdk lngsng stabil? Mksh dok atas info nya.

      • dr D says:

        Dear Pipih,
        setelah kuretase pada hari 1-3 bisa langsung mengikuti bayi tabung,
        Kuretase tidak akan mengganggu keseimbangan hormon.
        Thanks.

  15. ani says:

    Dear dr D,

    saya ani 39 tahun.
    3bl yang lalu sy laparoscopy utk ligasi ke2 tube saya serta adenomoiosis saya.
    kemudian suntik tapros 3x..sekarang sy menunggu haid untuk memulai program ivf.

    kondisi sblm LO, amh sya 0.17 dgn riwayat op endo 2 x dan katanya saya POF.
    Apakah masih mungkin dok..jika saya memulai program IVF kembali? siapa tau berhasil karena hydrosalping saya sudah dibereskan.

    Mungkin kan ada telur dengan dilakukan mini stimulasi? seberapa besar peluang saya?
    sbelumnya IVF saya gagal ..dgn mini stimulasi dapat 3 oocyte. 2 diambil dan membelah 1 sel moderat..mungkin krn saya msh ada hydrosalping.

    Saya ingin program di gladiool…apakah perlu datang pada saat haid hari ke-2?
    Setelah tapros ini..mungkinkah saya bisa hamil alami ..?

    salam

    Ani

    • dr D says:

      Dear Ani,
      Dengan AMH serendah itu maka memang untuk mendapatkan telur yang multipel sangat sulit meskipun dengan pacuan hormon.
      Bila menstruasi anda masih teratur (28 hari), silakan datang di hari ke 10 untuk deteksi ovulasi dan persiapan IVF natural.
      Terima kasih.
      Dr.D

  16. nihai says:

    Selamat sore dok,
    Rencana bulan ini sy akan ke gladiool utk Program Bayi Tabung. Usia sy 34 suami 31. Suami tidak merokok tidak minum minuman beralkohol, tingginya 160 berat 70 kg, gaya hidupnya sehat. Menikah April 2012. Karena tidak kunjung hamil kami mulai melakukan pemeriksaan dari akhir tahun 2012 berlanjut sampai sekarang, dan sudah 2 kali ganti obgyn. Pemeriksaan yg sudah kami lalui adalah : sy sudah pernah dua kali HSG hasilnya kedua tuba paten, sudah pernah papsmear tidak ada kista. menstruasi teratur siklus 28-30.Dari hasil pemeriksaan Suami mengalami Oligoasthenoteratozoospermia, suami rutin minum obat yg diresepkan namun tdk ada peningkatan, suami rutin cek sperma utk mengetahui hasil dari obat -obat yg diresepkan dokter namun tdk ada peningkatan yg signifikan, malah terakhir jumlah sperma menurun drastis dari 12 juta menjadi 3,5 juta tetapi pergerakannya agak sedikit membaik, terakhir statusnya oligoterato berat. Terakhir sy ajak suami ke androlog kata dokter ada varikokel grade 1 tapi tdk perlu operasi, dan hanya dikasi obat.
    Karena sudah terlalu lama minum obat namun tdk ada hasil dan juga umur sy sudah 34 maka kami memutuskan utk segera BT. Pertanyaan: 1. Apakah bisa telur yg diambil lebih dari satu? kami siap apabila nanti bayinya kembar.
    2. Vitamin apa yg perlu sy minum supaya sel telur besar besar dan bisa matang lebih dari 1. Sehingga sisa telur mungkin bisa dibekukan. Apa perlu sy minum clomefin atau folavit sebelum ke Gladiool? Jika iya kapan harus diminum?
    3. Apa ada saran dari dokter utk suami harus minum obat apa utk persiapan BT.
    Mengingat kami dari luar pulau Jawa jawaban dokter sangat kami harapkan sehingga kami tidak bolak balik karena persiapan yg kurang. Terimakasih atas jawabannya dok.

  17. mey says:

    dear dr.Dody…
    kami sudah menikah selama 7 thn,umur saya 34thn dan suami 37thn, saya tidak teratur datang bulan,pernah di operasi kista dan dokter bilang kistanya sudah bersih,saya sdh rutin berobat ke dokter dan dokter bilang semuanya normal, tapi sampai sekarang saya belum hamil juga,saya ingin sekali melakukan program bayi tabung ini, berapa kira2 biaya yang harus kami keluarkan untuk 1x program ini dok…ty

    • dr D says:

      Dear Mey,
      Untuk bayi tabung siklus natural, sekitar kurang lebih 15 juta keseluruhan. Untuk perinciannya silakan hubungi staff kita di 0293 367800.
      Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan membaca
      Kami tunggu kedatangannya.
      Terima kasih.

  18. Mita says:

    Dear Dr.Dody
    April ini kami menikah 2 thn,saya telah divonis tdk dapat memiliki keturunan dengan normal krn suami OAT.Lalu kami mendpt info ttg Natural IVF, kami datang ke tempat praktek Dr.Dody saya dan suami sdh mempersiapkan diri mengikuti program Natural IVF, sesuai kriteria Natural Ivf usia sy 29th dan suami jg 29 th kami optimis berangkat jauh2 ke Magelang dengan harapan bs mengikuti program. Diluar dugaan kami, atas saran Dr, krn suami menderita OAT kami disarankan utk operasi varikokel,dan kami melakukan operasi tsb di RSIA Gladiol.
    3 bln setelah suami menjalani operasi tsb, saya terlambat haid dan hari ini testpak positif. Kami sungguh berterima kasih atas bantuan Dr Dody, kami sungguh tdk menduga dpt hamil dgn normal bahkan tanpa IVF. Smoga smuanya berjalan dgn lancar ya dok.Sukses utk RSIA Gladiol, Dr Dody & Team GBU

    Armita – Kediri Jatim

    • dr D says:

      Dear Mita
      Pertama-tama kami mengucapkan selamat atas kehamilan anda, dan tentu saja kami merasakan juga kebahagiaannya. Operasi varikokel memang menjadi pilihan tindakan yang rasional untuk masalah OAT yang diduga penyebabnya adalah varikokel. Sekedar mengingatkan bahwa tim yang melakukan operasi adalah dr.Isti,SpB dan dr.Budi Aviantoro, SpAn. Semoga kehamilan berlanjut sampai dilahirkan bayi yang sehat.
      Terima kasih atas sharing ceritanya.
      Kami tunggu berita baik selanjutnya.

      Dr.D, dan tim GIVF

  19. christina says:

    Dear dr.D
    sy christina dari tegal..akhir bulan Mei sy ikut program BT di Gladiool tp tdk sampe ET krn oosit gagal berkembang…menurut dokter, apa penyebab hal tersebut dok?

    • dr D says:

      Dear Christina,
      ada 2 hal utama faktor kegagalan ini dari telur atau sperma.
      Untuk sperma, anda dapat mengusahakan meningkatkan kualitas dengan berkonsultasi dengan dokter Androlog anda.
      Sedangkan untuk telur, kita bisa melakukan induksi ovulasi agar mendapatkan beberapa telur dengan kualitas yang baik, sehingga probabilitas mendapatkan embryo dapat lebih tinggi.
      Terima kasih.
      Dr.D

      Terima kasih

  20. rina says:

    Yth dr doddy
    Dok sy 28th suami 29 menikah 1th,sy norma nl blm pernah hsg, suami varikokel sdh operasi bln feb15, sblm opr oligoastenozoospermia, 3bln stlh opr astenozoospermia, terakhir analisa lg kmrn tgl18 juni,hsilny menurun lagi oligoastenozoospermia dan lebih kecil dr sblm opr..
    Apa yg hrs kami lakukan dok?knp jd menurun dok? Apakah bisa inseminasi atau batab? Trmksh.sekali dok

    • dr D says:

      Dear Rina,
      memang varikokel adalah salah satu dari penyebab masalah sperma. Selain varises tersebut, maka ada baiknya kalau suplemen dan obat-obatan yang sesuai dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma.
      Bila memang terlalu sedikit, maka pilihan program adalah bayi tabung, dibanding Inseminasi.
      Terima kasih kembali

  21. Ria says:

    Dear dr D
    Saya devi dari Medan umur 30thn dan suami 36thn, menikah sdh 10thn. Tahun 2008 saya pernah HSG dgn hasil tuba kiri paten tuba kanan non paten, suami tes lab oligoleukospermia. Saya pernah hamil ditahun 2013 tp tidak lama hanya bertahan 5w5d. Agustus 2015 km coba periksa lab lagi dan hasilnya kedua tuba nonpaten suami asthenozoospermia.
    Yang ingin saya tanyakan, apakah kami bisa mengikuti program ivf digladiol?? Dan hal apa yg harus km lakukan atau apa yg harus diminum utk persiapan program ivf?? Mengingat saya dan suami memiliki riwayat medis utk bs hamil kurang baik. Dan brp biaya yg harus km siapkan utk ikut program ivf di Gladiol? Saya berharap bs mendapat jawaban dari dokter dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • dr D says:

      Dear Ria,
      Silakan membaca persiapan mengikuti IVF natural di Gladiool :
      Untuk biaya silakan hubungi langsung team kami di 0293 367800
      Terima kasih.
      Dr.D

  22. ira says:

    Yth dr. D
    saya berumur 41 th dan suami 43 th, suami saya oligosperma dan sudah operasi varicocele & sekarang ini Scrotumnya sering sakit bila disentuh, hasil analisa sperma tgl 17 Sept 2015 volume 1,8 ml, ph 8,3, liquefaksi 90, konsentrasi <0,056 (10^6/ml) pemeriksaan motilitas dan morfologi tidak dilakukan karena sperma sedikit, apa yang harus kami lakukan dokter? ingin sekali kami punya momongan, adakah suplemen yang bisa suami saya minum? mhn sangat infonya dokter

    • dr.D says:

      Dear Ira,
      dengan hasil konsentrasi sperma yang sangat sedikit dan usia istri yang sudah 41 tahun, pilihan utamanya adalah dengan IVF, itupun dengan angka keberhasilan yang kurang dari 10%.
      konsumsi suplemen tidak akan banyak membantu.

      segeralah melakukan konsultasi kepada dokter untuk persiapan IVF.
      terima kasih.
      Salam.

  23. nyla puspita sari says:

    saya sudah 5thn menikah, hsg hasilnya retroflexi normal – kedua tuba paten…dan siklus haid tiap bulan normal.
    suami saya normozoospermia dengan motilitas grade a=0% ; grade b=66% morfologi normal 19%
    bulan ini saya mencoba insem tp gagal karena divonis pco ketika cek ovum diklinik rsud solo. mgkn telat penanganan…
    dengan kondisi seperti diatas,apakah sebaiknya saya langsung BT atau mencoba insem dahulu?
    terima kasih sebelumnya,

    • dr.D says:

      Dear Nyla,
      anjuran saya adalah memperbaiki kondisi PCO anda sampai anda menstruasi teratur, dan memperbaiki kualitas sperma.
      Besar harapan saya bila kedua hal ini sembuh, maka kehamilan spontan dapat terjadi.
      Dr.D

  24. Heri hermawan says:

    Selamat siang dokter, baru saja melihat berita keberhasilan ttg bayi tabung di GIVF dan saya ucapkan selamat atas keberhasilan team GIVF.
    Saya mungkin salah satu pasutri yg memiliki permasalahan utk mendapatkan keturunan dokter, tahapan utk mendapatkan keturunan pun sdh kami lakukan, hasil sperma analisa normozoospermia dan hasil hsg uterus retrofleksi normal, tuba sinistra non paten dan tuba dekstra tak tervisualisasi, anjuran dr. Spog kami utk laparoscopy kemudian bayi tabung atau bayi tabung langsung, dgn hal tsb mohon petunjuk langkah terbaik baik utk kami
    Terimakasih sebelumnya

    • dr.D says:

      Kepada Bpk Heri.
      Saya setuju dengan pendapat dr tersebut. Bila anda menginginkan kepastian, lebih baik melakukan laparoskopi terlebih dahulu untuk mendapat gambaran yang jelas.
      Terima kasih

  25. Prita says:

    Salam Dr.D,

    Saya Prita dari Bandung, usia 34 th 4bln, tgl 14 Oct lalu baru saja menjalani laparoskopi untuk pengangkatan tuba kanan saya, keduanya non patent, yg kiri sudah di KET sejak 2008 lalu.
    Siklus menstruasi saya 30-31 hari dan normal setiap bulannya.
    Saya berminat untuk mengikuti program IVF dengan siklus natural ini, kira2 kapan waktu yg tepat untuk memulai programnya? Obgyn saya di Bdg menyarankan 2 bulan lagi.

    Terima kasih.

  26. Alin says:

    Asslm wr wb..
    Dok sy ingin bertanya, sebelumnya sy 32th dan suami 34thn, masalah sy rahim hiperanteflexi, dan suami OAT,
    Awal thn 2015 kmrn sy IVF di jkt dgn stimulasi obat, didpt opu 16oocyte, yg berkembang smpe tahap blastocyst, ET dimasukan 2 embrio blastocyst, dan 6 embrio di freeze, ternyata setelah tes bhcg dinyatakan blm berhasil dgn nilai <5..
    Bln oktober ini kami mencoba kembali FET, dgn dimasukan 3 embrio blastocyst, dan stelah thaw alhmd embrio kami tdk berubah kualitasnya, tetapi setelah pengumuman dinyatakan gagal lg dgn nilai bhcg <5..
    Terus terang sy bingung dokter krn keadaan sy yg tdk ada mslh dan embrio kami yg blastocyst tetapi 2xET tidak terjadi penempelan.. Memang selain faktor dri Allah SWT, kami msh blm tau slh nya dmn pdhl sdh maximal..
    Sebelum FET saya sdh melakukan histeroskopi sekalian scratching..
    Skrg kmi jd agak2 takut mau FET lg, embrio kmi msh sisa 3 lagi..

    Pertanyaan sy,
    Apa kira2 yg menyebabkan embrio gagal menempel selain faktor dri Allah SWT ya dok?
    Kira2 sy harus memeriksakan apalg ya dok utk kedpnnya krn sy uda tes ddimer dgn hasil tdk ada kekentelan darah..
    Sy jd tertarik utk mengulang kembali proses BT dgn metode natural cycle,
    Apakah posisi rahim sy yg hiperanteflexi menyebabkan kami susah hamil alami? Krn 2x ET dokter menangani sy kesulitan pd saat proses transfer..
    Mohon sekali dok, sy minta pendapatnya.. Krn sy program yg pertama kena ohss, membuat sy jd tertaRik sekali ingin mencoba ivf natural cycle.. Trimaksh sebelumnya

    • dr D says:

      Dear Alin,
      mohon maaf karena saya tidak dapat memberikan komentar yang seperti anda inginkan.
      Banyak hal yang berpengaruh dan menjadi faktor baik keberhasilan maupun ketidak berhasilan kehamilan IVF
      Yang dapat kita lakukan adalah melakukan sebaik mungkin sampai kehamilan terjadi.
      Jangan menyerah.
      Dr.D

      • rana says:

        Dok..sy tertarik dg program natural ivf diklinik gladiool.kondisi sy alhamdulillah dr bbrp x pemeriksaan dinyatakan baik..namun suami oat dg hasil :
        Gerak cepat : 0%
        Gerak lambat : 16%
        Gerak ditempat : 7%
        Tdk bergerak : 77%
        Morfoligi
        Normal :89%
        Abnormal : 11%
        Jml Total :3.8jt
        Dengan kondisi suami seperti itu apakah masih bisa ivf dklinik gladiool dok?kebetulan posisi sy dijakarta berencana program disiklus bln dpn bulan desember.Ditunggu jawabanny yah dok, trims

      • dr.D says:

        Dear Rana,
        Sebaiknya sperma harus diperbaiki terlebih dahulu agar keberhasilan lebih mudah tercapai.
        Bila memang telah diperbaiki ternyata hasilnya telah maksimal seperti ini maka sebaiknya kita melakukan program IVF dengan stimulasi hormonal.

      • nana says:

        Halo dok, saya berencana mengikuti program bayi tabung digladiool pada siklus bln ini..posisi saya di jakarta, kebetulan 3 minggu lalu saya dan suami sudah berkunjung ke gladiool untuk konsultasi awal namun sayangnya klinik sudah tutup kami datang terlambat dikarenakan perjalanan yang diluar prediksi..Hari ini tgl 11 desember saya keluar mens hari P1 siklus saya biasany 33 hari tapi saya ga ngerti apa pengaruh karena dari 3 minggu lalu saya konsumsi folavit untuk persiapan bayi tabung jadi maju siklusnya 30 hari..Rencana besok saya ingin ke dokter kandungan untuk meminta resep yang disarankan diwebsite untuk persiapan sel telur..yang saya ingin tanyakan hari keberapa saya harus datang ke magelang untuk memulai proses bayi tabung ini..?dan saya berharap sekali bisa melakukan proses bayi pada bulan ini dikarenakan kebetulan suami saya ada cuti panjang pd bulan ini..oh iya dokter kebetulan masalah suami saya oat tp menurut androlog disini masih bisa untuk bayi tabung dan suamipun sudah meminum vitamin2 penunjang selama 3 minggu untuk persiapan..umur saya 28th suami 34th dok..ditunggu jawabanny yah dok..terima kasih..:)

      • dr.D says:

        Nana yang baik,
        bila anda telah meminum klomifen sitrat dan biasanya siklus haid teratur 28-32 hari, maka silakan datang pada hari ke 10 menstruasi.
        terima kasih kembali.

    • dr.D says:

      Kepada Alin,
      Ikut sedih dengan kejadian itu.
      Meskipun menyedihkan namun memang begitu adanya.
      Masih banyak sekali hal yang belum kita ketahui.
      Pada dasarnya kita melihat faktor embryo dan endometrium. Faktor kekentalan darah dapat juga menjadi pertimbangan.
      Tidak banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memastikan keberhasilan.
      Silakan memantapkan hati dan mengulang FET. Saya ikut berdoa agar kesempatan berikutnya akan berhasil.
      Dr.D

  27. indri astuti says:

    kemana alamat mana jika saya ingin bertanya tentang masalah reproduksi saya dan soal bayi tabung

    • dr.D says:

      Silakan bertanya ke dokter OBGYN setempat untuk masalah reproduksi.
      Untuk soal bayi tabung, silakan hubungi Klinik kami 0293 367800

  28. veli says:

    Terimakasih, Menarik sekali informasinya,
    Apakah dengan program natural cycle ini bisa dibantu untuk mematangkan 2 telur sekaligus, dengan harapan apabila ada 2 embrio yg ditransfer akan lebih besar peluang keberhasilannya?
    Terimakasih atas jawabannya.

    • dr.D says:

      Terima kasih pertanyaanya.
      Dengan natural cycle biasanya kita mendapat 1 telur saja. Bila menginginkan 2 embryo maka folikel/telur juga harus minimal 2. Oleh karena itu harus mendapat tambahan obat stimulasi folikel dengan klomifen sitrat atau injeksi FSH.

  29. rista says:

    Salam sejahtera dokter.. saya mau menanyakan apakah wanita dengan kondisi satu saluran telur bisa memungkinkan melakukan program IVF natural? terimakasih.

    • dr.D says:

      Kepada Rista
      Wanita dengan berbagai masalah tuba dapat menjalani IVF, kecuali hydrosalphinx.

      • salam sejahtera dokter, usia sy 43 th, siklus haid teratur 28-30 hari, kedua tuba sudah dipotong, saya sudah ivf 2x, AMH 2014 : 4,3 (induksi gonal 225 iu), AMH 2016 : 2,5 (induksi gonal 300 iu), tidak pernah ada cadangan embrio dan gagal nempel. sperma suami selama ini normal. Maaf dokter, sekiranya saya mencoba ivf natural apakah masih memungkinkan? atas perhatisnnya saya ucapkan terima kasih

      • dr.D says:

        Dear Karolina,
        untuk usia diatas 42 tahun, kemungkinan keberhasilan semakin kecil.
        Namun bila anda masih ingin mencoba kami akan lakukan sebaik-baiknya.
        Dr.D

  30. lika223 says:

    salam sejahtera dok,
    usia saya 43, sudah laparoscopy, kedua tuba dipotong, hidrosalping dan penyempitan, amh 2,5, dvi suami normal, apakah masih bisa natural cycle di gladiool, krn sy 2x ivf gagalmnempel, tidak ada cadangan embrio,
    tks sebelumnya..

  31. lili says:

    Kami sdh menikah 8 thn, terakhir berobat ke obygin harus menjalani bayi tabung karena adanya penebalan dinding rahim. Usia saya 34 thn dan suami 37 thn dan kondisi normal.
    Apakah bisa ikut ivf natural dengan kondisi penebalan rahim? siklus haid 30 hari dan kami dari kalimantan.
    Apakah yang harus kami persiapkan? Tks

    • dr.D says:

      Dear Lili,
      Tentu saja bisa,
      Silakan datang pada hari pertama-ketiga menstruasi.
      pastikan anda membaca dan mengikuti halaman
      Terima kasih

  32. Silvia Lucyanti says:

    Dok, saya Silvi berumur 32 tahun suami juga sama berukur 32 tahun. kami sudah menikah 6 tahun dan belum diberikan momongan, sy sendiri belum pernah hamil. Sy pernah LO dengan diagnosa Kista Endometriosis tahun 2014. Saat ini kista sy tumbuh lagi dok kanan kiri dengan diamter 4-5cm, dan pemeriksaan HSG tahun 2015 menunjukan Tuba kiri sy non paten, yang kanan patent, rahim retrofleksi. Alhamdulillah tiap bulan menstruasi sy lancar, tapi sudah 6 bulan ini siklus haid sy agak berubah dengan siklus antara 24-30 hr (biasanya lancar 28 hr). Hasil analisa sperma suami tahun 2015 menunjukkan hasil Normospermae. Pertanyaan saya adalah, apakah saya bisa mengikuti program bayi tabung siklus alami dok? Terima kasih respon dan perhatiannya.

    • dr.D says:

      Dear Silvia,
      Sebelum dapat mengatakan bisa atau tidak, memang kami team dokter perlu memeriksa kondisi anda sebelumnya.
      Datanglah pada saat hari ke 2-3 menstruasi untuk pemeriksaan awal.
      terima kasih.
      Salam

  33. Andri says:

    Dokter dodi, saya wanita usia 40 th suami 38 dari pernikahan kedua, bisakan program ivf tapi siklus saya 37 hari, dari pernikahan pertama anak saya sudah 15 tahun, terima kasih

    • dr.D says:

      Sebaiknya dilakukan pemeriksaan pendahuluan (pemeriksaan hormon) agar dapat di pastikan apakah penyebab siklus yang 37 hari tersebut akan mengganggu atau tidak .
      Terima kasih.
      Dr.D

  34. Wiwi says:

    Dok, saya tertarik untuk melakukan ivfn,, suami dan saya berusia 30 tahun usia pernikahan 6 tahun Suami azzoosperma di beri obat alerten, sedangkan saya memiliki rahim retrofleksi paten. Siklus haid tidak teratur antara 28-33 hari dengan 5 hari lamanya menstruasi. Saya terdeteksi pcos dan diberi metformin tetapi dokter obgyn waktu itu tidak secara gamblang memberitahu saya apakah saya menderita pcos atau tidak. Dan telah melakukan inseminasi tpi gagal, Jika saya ingin ivfn, apakah sayaharus tahu terlebih dahulu apakah saya menderita pcos/tidak?jika iya, apakah pemeriksaannya di dr obgyn lain atau dapat dilakukan satu paket dengan program ivfn?terimakasih

  35. Becki says:

    Dokter, jadwal praktek d klinik gladiola kapan aja ya dok? Aku tuba non paten, pernah ivf d jakarta namun gagal, kami ingin coba lg. Kira2 biaya berapa ya dok? Mksh byk…

  36. monstersinme says:

    Dear dr. Dody..
    Dok saya 32 tahun, suami 34 tahun. Suami spermanya baik-baik saja dari beberapa kali tes. Sedangkan saya banyak masalahnya. Dari tuba bilateral non patent, telur susah berkembang tapi haid teratur 28-30 hari dan bukan pcos. Lama haid kurleb 6 hari bersih. Tahun 2013 pernah hamil tapi keguguran di 8w. Tahun 2014 LO buang miom dgn dr T di Limijati. Tahun 2015 kuret polip rahim dgn dr P di Hermina Bekasi. Tahun 2016 april kmrn insem dgn dr T di Hermina Jatinegara tp gagal krn tnyt tuba bilateral non patent dan ada polip rahim lagi (dari hasil HSG). Mei lalu hiteroskopi buang polip rahim di Bunda Jakarta. Akhir Juli lalu menjalani IVF di Morula dgn dr T dgn short protocol gonal F 2700iu selama 10 hari. OPU dapat 10 telur, 9 berisi, jadi 5 embrio. Sayangnya ketika di hari ke3 akan ET 5 embrio tsb grade poor. Ditanam 2 namun hari ini sudah mulai haid atau gagal.

    Yang saya mau tanyakan bisa tidak saya ikut IVFN di Gladiool tapi mungkin dibantu obat minum karena dulu promil dgn profertil telur2 saya bisa membesar, sedangkan dgn gonal waktu dicek pasca suntik hari ke4 sepertinya kurang responsif. Apakah kegagalan saya kmrn krn mungkin protokol yg kurang tepat atau masalah darah ya dok karena sempat ASA 32000 tapi maret 2016 sudah normal (64).
    Mohon tanggapannya.. Saya berminat sekali mencoba IVFN di Gladiool bila memang memungkinkan, karena bila IVF dengan suntik lagi belum sanggup karena biayanya sangat besar. Oya saya berlokasi di Babel, jadi butuh informasi banyak sebelum fix berangkat ke Gladiool di Magelang.

    Terima kasih banyak sebelumnya dok 🙂

    • dr.D says:

      Sebagian besar penyebab gangguan hormon tersebut (dan yang bisa berpengaruh pada banyak hal kemudian) adalah berat badan tidak idel.
      bisakah diinfokan TB dan BB?

      • dazzledmind says:

        Sbnrnya tb/bb kami bkn yg termasuk kriteria obesitas. Saya 161cm/62kg (tulang dan rangka saya besar, sekilas orang tidak menyangka berat saya 62kg). Suami 169cm/70kg, rajin olahraga dan tidak merokok. Oya saya bulu tidak banyak tapi rambut rontokan, jerawatan terutama di bagian dagu, bila menjelang haid sering muncul gejala2 pms yang menyulitkan seperti sakit kepala nonstop, keringat dingin tengah malam di ruang berAC, aliran darah seperti tidak lancar dan badan sakit-sakit terutama sekitar pinggang belakang. Itu berlangsung 4-5 hari sebelum darah haid keluar.

        Kira-kira gimana ya dok? Apa yang sebaiknya kami kerjakan, apa harus konsultasi ke dokter darah dulu atau bisa langsung ke gladiool untuk ikut IVF dengan obat minum? Dan mengingat kami baru saja melalui prosedur IVF suntik dan gagal, apa harus istirahat dulu dari semua usaha promil sebelum mengikuti prosedur baru?

        Mohon pencerahannya dok, terima kasih banyak 🙂

      • dr.D says:

        Silakan periksa FSH, LH, PRL, Estrogen, Testosteron, dan TSHS pada hari ke 2 menstruasi.
        terima kasih

  37. Novita says:

    Yth dokter D
    Saya Novi dari Purwokerto, usia saya 36 th dan suami 44 th. Saya memiliki masalah tuba non paten, suami normal. kami berencana utk mengikuti program BT bulan depan, siklus mens saya normal 30 hari, bulan ini mulai tgl 14
    1. Tanggal berapa saya hrs datang ke gladiool, apakah harus konsultasi dulu sebelum memulai program?
    2. Apa saja yg harus saya persiapkan / dibawa pada saat awal pemeriksaan?
    3. Adakah makanan atau obat tertentu yg harus saya konsumsi sebelumnya untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan program ini?
    Terimakasih.

  38. Bu Imam says:

    dok, berapa biaya untuk GIVF siklus alami?

  39. dewi kusuma wati says:

    Yth dr D
    saya Ny dewi (32th), dengan masalah kista endometriosis sudah LO 6th yll dan suntik tapros 3x. Hasil HSG kedua tuba non paten, namun oleh dokter dilakukan SIS dan dikatakan bahwa salah satu tuba paten (saya lupa yg mana) sehingga th 2013 sy program IUI dengan kondisi kista tumbuh lagi kecil (sebelumnya disuntik endrolin 3x), IUI ini tidak berhasil. Kemudian th 2015 sy IUI kedua dan belom berhasil. Dari dokter disarankan untuk ivf saja. Apakah sy kandidat untuk IVF natural ini?? siklus mens teratur antara 28 – 35, usg terakhir tgl 9 – 01 – 2018 ada kista 29mm di kiri.
    Sedangkan dari suami (32th) ada masalah oligoasthenospermia, sudah pernah pengobatan dengan androlog.
    Terima kasih atas jawabannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s